Masih Hangat
memuat ...

Kamis, 06 April 2017

Share:

Cara Gunakan Google Doc/Sheet/Slide secara Offline

cara pakai google doc secara offline

Google punya aplikasi office suit-nya sendiri, yang kita kenal dengan nama Google Doc, bersamaan dengan Google Sheet, Google Slide, dan Google Drawing. Jika sobat merasa muak atau bosan dengan Microsoft Office, Google Doc adalah jawaban yang tepat.

Google Doc sendiri tak terlalu dikenal sebagai aplikasi office. Google Doc masih kalah populer dengan Microsoft Office yang dapat bekerja secara offline sebagai sebuah aplikasi di Windows 10, Android, dan iOS – dengan Word, PowerPoint, dan Excel-nya yang populer.

Microsoft Office sendiri gratis pada aplikasinya di smartphone, dan aplikasi online-nya Office Online. Di sisi yang lain, Google Doc menawarkan fitur yang sebanding dengan Office Online, namun memiliki perbedaan pada fitur-fiturnya, khususnya bekerja secara offline.

Jika sobat hendak menggunakan Google Doc secara offline, tanpa koneksi internet, di komputer atau smartphone, sobat dapat melakukan cara ini.

#1 Cara Gunakan Google Doc secara Offline di PC

Salah satu syarat utama untuk menggunakan Google Doc adalah dengan membuka situsnya di Google Chrome. Download dan install Google Chrome jika sobat belum menginstal-nya.

Lalu, buka halaman ini di Google Chrome: https://drive.google.com/drive/my-drive

Kemudian terbukalah halaman Settings pada situs Google Drive. Di sini, sobat dapat mengatur settings pada Google Drive, yang salah satunya adalah settings untuk mengaktifkan mode offline untuk menggunakan Google Doc.

cara download google doc offline

Beri tanda centang pada “Offline” > “Sinkronkan Google Dokumen, Spreadsheet, Slide & Gambar ke komputer ini, sehingga anda dapat mengeditnya secara offline.”

Seketika sobat memberi centang, Google Chrome akan mulai menginstal ekstensi “Google Dokumen Offline”. Klik “Add extension” untuk mulai men-download dan install ekstensi ini.

download google dokumen offline

Ekstensi ini akan memungkinkan sobat untuk menggunakan Google Doc, Google Sheet, Google Slide, dan Google Drawing secara offline, tanpa koneksi internet terhubung.

Ketika ekstensi telah selesai di-install, sobat akan melihat pesan “Offline diaktifkan” di pojok kiri bawah layar pada situs Google Drive.

Klik “Selesai”.

Maka, sobat sekarang dapat membuat dokumen baru, mengedit dokumen, atau hanya sekedar membaca dokumen di Google Doc – secara offline.

cara dapatkan google doc

#2 Gunakan Google Doc di Android dan iOS

Google sendiri menyajikan aplikasi Google Doc yang tersedia di Android dan iOS di iPhone dan iPad. Sobat dapat men-download Google Doc secara gratis di Google Play Store dan Apple App Store di sana, dan menggunakannya secara offline – tentu saja.

google doc di android ipad iphone

Download Google Doc, Google Sheet, atau Google Slide di Google Play

Download Google Doc, Google Sheet, atau Google Slide di Apple App Store


Google Doc tampaknya adalah alternatif terbaik dari Microsoft Office. Ia menyajikan fitur online dan offline sekaligus, dengan fitur yang sebanding dengan Office Online, namun hadir dengan cara yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.