Masih Hangat
memuat ...

Selasa, 08 Maret 2016

Share:

Panduan Pengguna Windows 7 yang Baru Beralih ke Windows 10

Sejak dirilisnya Windows 8, kemudian Windows 8.1, dan sekarang Windows 10, Windows 7 masih menjadi OS yang banyak digunakan. Jika kita bandingkan antara Windows 10 dengan Windows 7, maka jelaslah Windows 10 yang terbaik. Karena, sudah terlalu jauh perubahannya sejak Windows 7 hingga Windows 10. Jika Anda pernah menggunakan Windows 8, Windows 8.1, hingga Windows 8.1 Update 1 dirilis, Anda tidak akan merasa teralu terkejut dengan begitu banyaknya perubahan di Windows 10.

Bagi pengguna Windows 7 yang baru menggunakan Windows 10, maka ketahuilah perbedaannya. Windows 10 terlalu memiliki banyak kelebihan dibandingkan Windows 7. Selain fitur dan tampilan, keamanan juga ditingkatkan di Windows 10. O iya, Windows 10 juga gratis selamanya. Periode gratis ini berakhir pada 29 Juli 2016. Makanya, upgrade sekarang!

Start Menu Baru

Fitur baru yang paling mencolok adalah Start menu baru. Windows 7 mungkin akan terlihat “terlalu menor” tentang antarmukanya, saat telah lama menggunakan Windows 10. Mengikuti desain Metro UI, Start menu di Windows 10 terlihat lebih sederhana, modern, dan elegan. Sentuhan Metro memberikan ciri khas tersendiri bagi produk-produk Microsoft.

start menu windows 10

Banyak yang berubah di sini. Anda akan melihat sejumlah kotak-kotak yang disebut sebagai live tiles. Ketika diklik, maka akan membuka aplikasi yang dikehendaki. Secara bersamaan, live tiles menampilkan informasi terbaru berupa konten-konten yang terdapat dalam aplikasi tersebut. Sebagai contoh, Anda akan melihat judul berita terbaru melalui aplikasi News di dalam live tiles. Jika Anda tidak menyukai ini, tinggal unpin live tiles saja.

Tidak seperti Windows 8 dan Windows 8.1 yang memiliki Start screen tanpa Start menu, Windows 10 memiliki kedua-duanya. Jadi, di Windows 10, kita dapat mengubah Start menjadi layar atau hanya menu. Pindahkan kursor ke sudut Start menu untuk mengubah ukurannya.

start screen di windows 10

Tekan Logo Windows + X. Anda akan melihat menu konteks Start yang sangat sederhana. Di dalamnya terdapat opsi-opsi untuk mengakses layanan khusus untuk administrator seperti Device Manager dan Control Panel. Menu simpel ini adalah bawaan lama dari Windows 8.1.

win x windows 10

Universal Apps

Jika Anda sedikit tahu tentang Windows 8, dan pernah mendengar soal aplikasi metro, yang tidak dapat berjalan di desktop, maka sekarang di Windows 10 aplikasi metro dapat dijalankan di desktop, dalam bentuk window. Kebencian pengguna terhadap Windows 8 akan hilang saat menggunakan Windows 10. Kini, ia disebutnya sebagai ‘universall apps’, karena juga dapat dijalankan di smartphone Windows Phone/Mobile.

windows store di windows 10

Universall apps juga semakin smooth dan “ramah” untuk pengguna desktop – di mana Windows 8 justru enak digunakan untuk pengguna layar sentuh saja. Universall apps juga mengutamakan kesederhanaan dalam hal desain dan kinerja, sehingga membuat nyaman terlebih bagi penggunaan yang simpel-simpel saja, seperti membaca berita terbaru, mengelola email, ber-chat ria, atau membuat to-do list.

aplikasi mail di windows 10

Anda dapat mencari aplikasi Windows 10 melalui Store. Di sini tidak ada jalan untuk men-download dan menginstal aplikasi Windows 10 dari website luar – hanya melalui Store, kita dapat men-download aplikasi dan games. Bukan hanya aplikasi dan games, kita juga dapat membeli lagu dan film di Store.

Baca Juga: Aplikasi Gratis Terbaik Windows 10

Microsoft juga membuat browser bawaan versi universall apps bernama Edge. Edge ini akan menggantikan Internet Explorer. Namun, sampai saat ini pengguna masih belum mendapatkan updates agar tersedia fitur add-ons. Di balik kesederhanaannya itu, Edge memiliki fitur yang tidak dimiliki Internet Explorer, seperti membuat webnotes.

microsoft edge di windows 10

Di Windows 10 juga tersedia aplikasi bawaan berkualitas lainnya, seperti Movies and TV yang dapat memutar video berformat MKV.

Settings dan Control Panel

Control Panel tampaknya akan sepenuhnya digantikan oleh aplikasi ‘Settings’. Aplikasi ini mengganti banyak pengaturan-pengaturan di dalam Control Panel. Dengan antarmuka yang lebih sederhana, Anda akan lebih mudah mengatur segalanya.

settings di windows 10

Namun, pengaturan-pengaturan yang advanced seperti System Restore, belum tersedia di aplikasi Settings, dan dapat diakses melalui Control Panel. Windows Update di Windows 10 juga berjalan secara otomatis. Jika Anda pengguna Windows 10 Home, Anda tidak dapat mematikan update otomatis ini. Bagi pengguna selain edisi itu, masih ada cara untuk mematikan update otomatis di Windows 10. Namun, build terbaru dari Windows 10 juga penting untuk didapatkan, guna mendapat fitur-fitur baru yang belum pernah ada di Windows 10.

Metered connection, yang memungkinkan pengguna membatasi pemakaian Wi-Fi; opsi Refresh dan Reset untuk me-reset PC tanpa install ulang; setelan privasi baru; masih banyak hal-hal baru untuk diatur dan disesuaikan di Windows 10.

Task View dan Virtual Desktop untuk Menambah Banyak Desktop

Di Windows 7, Anda mungkin pernah menggunakan fitur Alt+Tab, yang berfungsi untuk memindahkan window ke window yang lain dengan lebih cepat. Di Windows 10, Anda akan melihat Task View, di mana semua window ditampilkan dan dapat disesuaikan dengan lebih mudah dan cepat. Secara bersamaan, di sana terdapat tombol “Add a desktop” untuk menambah desktop baru. Fitur ini untuk pertama kalinya ada di Windows 10.

virtual desktop di windows 10

Cortana dan Action Center Baru

cortana di windows 10

Butuh asisten pribadi? Cortana dapat bekerja untuk Anda, melalui perintah suara. Ia dapat menyimpan info-info pribadi, seperti: tempat-tempat favorit, tempat kerja, berita yang Anda suka, dan lainnya, agar dapat mengetahui info trafik yang akan Anda lalui dan menampilkan berita harian terbaru. Ia juga dapat mengingatkan Anda terhadap jadwal apa yang perlu dihadiri minggu ini, bertanya perlukah membawa payung sore ini, hingga menyuruhnya untuk menerjemahkan kata yang Anda ucapkan. Dia akan menuruti apa yang Anda katakan.

Buat pengguna yang mungkin merasa kesepian, selain menyuruhnya untuk melakukan sesuatu, Anda juga dapat mengajaknya ngobrol. :)

Tekan Logo Windows + A. Di sana terdapat Action Center yang sudah dipoles sedemikian rupa. Kita dapat mengetahui notifikasi yang telah berlalu dari: aplikasi chat seperti LINE; reminder dari Cortana; hingga peringatan untuk selalu update antivirus. Di bawahnya juga terdapat tombol Action seperti dalam smartphone, di mana kita dapat menyalakan dan mematikan fitur-fitur umum seperti Wi-Fi, Airplane Mode, dan Tablet Mode. Tablet Mode dapat mengubah laptop agar nyaman digunakan saat menggunakan hardware tablet.

action center windows 10

Yang Baru di Fitur-Fitur Lainnya dan Keamanan

Banyak peningkatan dari fitur-fitur yang ada. Windows Explorer telah berganti nama menjadi File Explorer. Di sana juga terdapat ribbon, yang membuat proses mengakses fitur-fitur File Explorer menjadi lebih cepat dan singkat. Di sana juga terdapat Quick Access yang mengingat file terakhir yang Anda buka.

file explorer di windows 10

Anda juga dapat me-mount file ISO tanpa software tambahan. Task Manager juga punya perubahan. Anda dapat mengatur program yang berjalan saat startup di sana.

Sejak Windows 8, Microsoft menempelkan antivirus kembangannya, Windows Defender, dan juga Smartscreen untuk mencegah file bahaya dapat dibuka yang di-download dari internet.

Akun Microsoft

Windows 10 adalah hasil revolusi dari dua versi Windows modern yang “gagal jadi”. Sejak Windows 8, pengguna disarankan untuk login ke PC-nya menggunakan akun Microsoft. Ini berguna untuk menggunakan fitur-fitur seperti Cortana, OneDrive dan Store; pengaturan yang Anda ubah; hingga identitas pribadi yang pernah dimasukkan, agar dapat disinkronisasi ke perangkat lainnya seperti smartphone dan tablet yang juga menggunakan akun Microsoft yang sama. Selain meningkatkan privasi dan produktivitas, login dengan akun Microsoft akan membuat semua kegiatan dalam PC menjadi lebih aman.

Tapi, jika Anda tidak menyukai ini, gunakan akun lokal saja, dengan banyak keterbatasan untuk menggunakan Windows 10.

DirectX 12 yang Meningkatkan Kinerja dan Grafik Gaming

Dalam soal gaming, Windows 10 punya kelebihannya. Game yang baru dirilis mungkin hanya akan work di Windows 10. Namun, game lama hanya kecil kemungkinannya agar berhasil dimainkan di Windows 10. Banyak peningkatan driver di sini. Hardware baru pun besar kemungkinan hanya akan work di Windows 10.


Banyak hal yang berbeda dari Windows 7. Perubahan ini ada karena “gagalnya” Windows 8 dan Windows 8.1 dalam menarik perhatian penggunanya. Namun, karena hal itu pula, Windows 10 memiliki banyak kelebihan yang signifikan, dan jauh lebih baik dari Windows 7. Setelah membaca artikel ini, Anda tidak akan terkejut dengan banyaknya perubahan yang sudah terlalu jauh ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.