Masih Hangat
memuat ...

Jumat, 14 Maret 2014

Share:

10 Cara Mengubah Tampilan Start Screen di Windows 8.1

cara-mengubah-tampilan-start-windows-8.1

Windows 8.1 adalah sistem operasi modern yang memiliki fitur dan tampilan yang menakjubkan. Walaupun sebelumnya, Microsoft pernah merilis Windows 8 yang nampaknya dianggap gagal, seperti Windows Vista. Jika Anda pengguna Windows 8.1, Anda mungkin bingung bagaimana cara mengubah tampilan Windows 8.1 untuk pertama kali.

Sebelumnya, perbarui dulu Windows melalui Windows Update sampai pembaruan terbaru diinstal. Sehingga tampilan dan fitur Windows 8.1 lebih mudah digunakan dan lebih mudah disesuaikan. Berikut cara mengubah tampilan layar Start di Windows 8.1.

*Jika Anda merasa bahwa tutorial ini agak berbeda dengan Windows 8.1 Anda, maka perbaruilah sampai pembaruan terbaru diinstal. Lakukan itu melalui Windows Update.

Cara Mengubah Tampilan Start Screen di Windows 8.1

1. Mengaktifkan atau menonaktifkan live tile

Tile adalah kotak yang menampilkan ikon dan hal lainnya yang menggambarkan suatu aplikasi di layar Start. Sedangkan live tile adalah aktif atau tidaknya suatu tile menampilkan berita/informasi mengenai konten dalam aplikasi yang berkaitan.

Dengan mengubah live tile, Anda dapat mengatur bagaimana tile menampilkan berita atau pemberitahuan tersebut. Misalkan Anda menonaktifkan live tile dari tile aplikasi Windows Store, maka Anda tidak akan melihat aplikasi baru yang terdapat dalam Windows Store. Baca caranya di sini.
mengubah tile
 

2. Menghilangkan dan MenambahkanTile

Tile dapat dihilangkan, dan juga menambahkannya ke layar Start. Anda dapat menghilangkannya atau menambahkannya dengan memilih aplikasi yang ingin tile-nya dimasukkan ke layar Start. Baca caranya.

3. Mengubah Ukuran Tile

Ini adalah hal yang penting untuk mengubah tampilan Start screen. Anda dapat mengubahnya menjadi berbentuk: persegi kecil, persegi sedang, persegi panjang, hingga persegi besar. Jika ukuran tile semakin besar, maka live tile pun akan semakin besar. Baca caranya di sini.

4. Memindahkan Tile

Ini adalah tutorial yang paling mudah dan sederhana. Windows 8.1 sudah tentu dapat melakukan hal ini. Anda dapat mengetahui caranya. Klik-tahan saja pada salah satu tile, geser mouse, dan lepas pada letak yang ditentukan.
memindahkan tile
 

5. Mengubah Warna

Mengubah warna Start screen adalah hal yang mudah. Untuk mengetahui caranya, klik di sini.
mengubah warna
 

6. Mengubah Tema

Berbeda dengan warna, mengubah tema dapat mengubah warna dan gambar latar belakang. Hal ini sangat mudah untuk dilakukan. Klik di sini untuk mengetahui caranya.
 

7. Membuat dan Menamai Grup

Anda dapat mengatur tile apa saja yang hendak dikelompokkan. Dan kelompok yang Anda buat dapat diubah namanya, misalnya: "Aplikasi Terbaik", "Berguna", atau yang lain sebagainya. Baca caranya.
menamai grup start screen
 

8. Boot Langsung ke Desktop dan Melewatkan Start Screen ketika Komputer Menyala

Jika Anda mengaktifkan fitur ini, maka Anda dapat menggunakan Windows 8.1 lebih cepat dan mudah. Anda tidak akan melihat Start screen ketika komputer menyala. Akan tetapi, fitur ini sudah aktif secara otomatis jika Anda sudah menginstal Windows 8.1 Update 1. Tapi jika belum, maka baca caranya.

9. Reset Tampilan Start screen

Jika Anda merasa bosan dengan tampilan Start screen, namun malas mengatur ulang, maka Anda dapat mengatur ulang tampilan Start screen. Tapi yang diatur ulang hanya tile-nya saja. Baca caranya.

10. Menampilkan Gambar Latar Belakang Desktop di Start Screen

Jika Anda mengaktifkan fitur ini, maka Start screen akan terlihat lebih menarik. Baca caranya.
gambar background desktop di start screen

Video Tutorial

Ini adalah tutorial Windows 8.1 yang sederhana dan singkat. Jika punya pertanyaan, tanyakan saja melalui kotak komentar. Itulah 10 cara mengubah tampilan Start screen di Windows 8.1. Jangan lupa untuk mengikuti tutorial terbaru dari Kompiwin.

11 komentar:

  1. gan saya puanya windows 8.1 tetapi tombol pintasan power di START tidak ada seperti di windows 8.1 pada umumnya . gimana caranya menambahkan tombol power di START . thx infonya gan ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Update Windows 8.1-nya gan... lewat Windows Update di Control Panel.

      Hapus
    2. oke gan dicoba dulu. thx infonya

      Hapus
  2. Test dulu gan, nitip jejak disini :D

    BalasHapus
  3. yang ane bingung membuat nama acount nya jadi dua baris gan, kadang nama kita terlalu panjang. Caranya gimana ya membuat user name account jd dua baris gan?

    BalasHapus
  4. Punya aku kenapa tetep gak bisa? Emg hrus 8.1 ya? Itu cara tau type windows 8 nya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, harus Windows 8.1. Kalau Windows 8, ada beberapa yg berbeda. Namun gak jauh2 bedanya.

      Kalau mau lihat info sistem, tinggal teken Logo Windows+I, lalu pilih 'PC info'.

      Hapus
  5. Gan saya pada saat klik ubin cuaca, kalkulator, video gitu ko ga muncul aplikasinya ya? Terus kembali lg ke menu start.
    Itu gimana solusinya

    BalasHapus

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.