Cara Mengatur Aplikasi Default untuk Membuka File di Windows 8.1

Cara Mengatur Aplikasi Default Untuk Membuka File Di Windows 8.1
Cara Mengatur Aplikasi Default Untuk Membuka File Di Windows 8.1

Pada pertama kali Windows 8.1 dirilis, Microsoft membuat Windows 8.1 dengan aplikasi metro sebagai aplikasi tetap (aplikasi default) untuk membuka suatu file.

Kini setelah Windows 8.1 update 1 diterima, aplikasi desktop dijadikan sebagai aplikasi default untuk pengguna mouse dan keyboard (bukan layar sentuh).

Namun, bisa saja ada aplikasi metro yang ditetapkan sebagai aplikasi default. Hal ini dikarenakan tidak ada aplikasi desktop lagi yang dapat dijadikan sebagai aplikasi default untuk membuka file.

Cara Mengatur Aplikasi Default di Windows 8.1

  1. Buka PC Settings. Caranya arahkan kursor mouse ke sudut kanan bawah, arahkan kursor sedikit ke atas, klik Settings, klik Change PC Settings. (Baca Juga: Cara Membuka PC Settings di Windows 8.1)
  2. Masuk ke Search and appsDefault. Di sinilah tempatnya untuk mengatur/mengganti aplikasi default di Windows 8.1.
    cara mengganti/mengatur aplikasi default untuk membuka file di windows 8.1
  3. Klik pada aplikasi yang dijadikan sebagai aplikasi default. Untuk mengganti aplikasi yang sudah ditetapkan sebagai default, maka klik nama aplikasi yang tersedia.
  4. Pilih Look for an app in the Store untuk mencari dan mengunduh aplikasi jika Anda tidak memilikinya.
  5. Selesai.
Informasi Tambahan

Anda hanya dapat menetapkan aplikasi yang sudah tersedia di dalam menu.


Akhir Kata

Demikian tips di Windows 8.1 untuk mengatur atau mengganti aplikasi default. Semoga tutorial di atas dapat bermanfaat dan sampai jumpa di tutorial dan panduan lainnya.

Jika ada yang kurang dimengerti, silahkan kirim pertanyaan melalui kotak komentar ya.

Admin Kompiwin
Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-enam. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.