Masih Hangat
memuat ...

Sabtu, 07 Juni 2014

Share:

Cara Membuat Akun Microsoft dan Mengganti User Lokal ke Akun Microsoft di Windows 8.1

cara membuat akun microsoft dan mengganti user lokal ke akun microsoft di windows 8.1

Cara Membuat Akun Microsoft dan Mengganti User Lokal ke Akun Microsoft di Windows 8.1 — Kurang nyaman rasanya jika kita menggunakan user lokal (user luring/offline). Karena user lokal sendiri tidak memiliki akses ke OneDrive untuk sinkronisasi (back-up data & pengaturan), tidak dapat mengunduh/download suatu aplikasi metro dari Windows Store, dan fitur lainnya yang tidak dapat digunakan hanya dengan user lokal.

Dalam tutorial Windows 8.1 ini, saya telah menulis tutorial Windows 8.1 mengenai cara membuat akun Microsoft dan cara mengganti user lokal ke akun Microsoft di Windows 8.1. Ikuti langkah-langkahnya dengan benar dan teliti agar tidak terjadi kesalahan nantinya.

Cara Membuat Akun Microsoft untuk Mengganti User Lokal

Ini adalah hal utama yang harus dilakukan. Nyalakan komputer dan login ke user lokal yang hendak diganti ke akun Microsoft. Apabila Anda ingin membuat akun Microsoft baru secara langsung (tanpa harus membuat user lokal dahulu kemudian menggantinya ke akun Microsoft), maka baca tutorial "Cara Membuat User Lokal di Windows 8.1", ikuti tutorialnya, dan kembali lagi ke sini untuk mengetahui cara membuat akun Microsoft karena dalam tutorial tersebut hanya menjelaskan cara membuat user lokal.

Setelah login ke user lokal, maka hubungkan koneksi Internet Anda. Lalu buka PC Settings (baca tutorial "Cara Membuka PC Settings di Windows 8.1" jika Anda belum tahu caranya membuka PC Settings). Masuk ke Account > Your Account. Klik Connect to a Microsoft account.
mengganti user lokal ke akun microsoft

Masukkan kata sandi yang ditetapkan untuk user lokal tersebut, dan klik Next. Apabila Anda tidak pernah menetapkan kata sandi apa pun untuk user lokal tersebut, maka Anda akan langsung dialihkan ke poin 1 di bawah.
memasukkan password user lokal

1. Login Menggunakan Akun Microsoft

Jika Anda sudah memiliki email Hotmail, Outlook, Live, atau lainnya yang menggunakan akun Microsoft, maka masukkan email-nya beserta kata sandinya ke dalam kotak teks, lalu klik Next dan jangan ikuti poin 2; langsung saja ikuti poin 3. Apabila Anda belum memiliki akun Microsoft, maka klik Create an account dan ikuti langkah poin 2.
login ke akun microsoft

2. Membuat Akun Microsoft

2.1. Memasukkan Data Diri

Masukkan data diri Anda, nama depan (first name), nama belakang (last name); masukkan alamat email baru yang hendak dibuat dan pilih domain (Outlook atau Hotmail). Atau klik Use your favorite email untuk memasukkan email dari layanan lain (misal: Gmail). Isi juga kata sandi baru (password) dan masukkan ulang kata sandi (reenter password), serta pilih Indonesia sebagai negaranya. Lalu klik Next.
membuat akun microsoft

2.2. Memasukkan Informasi Lain untuk Keamanan Akun

Masukkan tanggal lahir: pilih bulan, tanggal, dan tahun kelahiran Anda. Pilih jenis kelamin (gender). Pilih Indonesia sebagai "Country Code" dan isi "Phone Number" dengan nomor ponsel Anda. Isi "Alternate email address" dengan alamat email Anda yang lain (yang bukan dari Microsoft), misalnya: Gmail, Yahoo, atau yang lain. Sebenarnya, Anda dapat memilih untuk mengisi "Phone Number" atau "Alternate email address", pilih salah satu atau isi kedua-duanya; itu terserah Anda.
membuat akun microsoft

Jika sudah mengisi data diri untuk keamanan akun, maka klik Next.

2.3. Satu Hal Lagi

Isi kotak teks dengan karakter (huruf, angka, simbol, termasuk spasi) yang terlihat pada gambar di atasnya. Jika gambar tidak terbaca atau kurang jelas, maka klik New. Anda tidak perlu mencentang kedua kotak cek ("Enhance my online..." dan "Send me..."), langsung saja klik Next.
membuat akun microsoft

3. Verifikasi Akun Microsoft

Pilih: "Email...", "Text (SMS)", atau "Call" pada "How would you like to get this code?". Jika hanya tersedia "Email...", itu berarti Anda hanya memasukkan email alternatif ketika pendaftaran. Jika hanya tersedia "Text (SMS)" dan "Call", itu berarti Anda hanya memasukkan nomor ponsel ketika pendaftaran. Jika tersedia ketiganya, itu berarti Anda telah memasukkan nomor ponsel dan email alternatif. Pilih salah satu dari ketiga opsi tersebut.

Jika Anda ingin melakukan verifikasi melalui email, maka baca poin 3.1. Jika Anda ingin melakukan verifikasi melalui SMS, maka baca poin 3.2.

3.1. Verifikasi Melalui Email Alternatif

Masukkan alamat email alternatif yang telah ditetapkan untuk akun Microsoft ketika pendaftaran. Lalu klik Next.

verifikasi akun microsoft

Buka email Anda dan baca pesan masuk dari Microsoft. Di sana terdapat kode verifikasinya. Salin (copy) kode tersebut dan tempel (paste) pada kotak teks yang telah disediakan di PC Settings. Jika Anda telah memasukkan kode tersebut, maka klik Next dan baca poin 4.

3.2. Verifikasi Melalui Ponsel

Masukkan empat angka terakhir dari nomor ponsel yang ditetapkan untuk akun Microsoft. Pastikan Anda telah memilih Text (SMS). Lalu klik Next.
verifikasi akun microsoft

Tunggu SMS sebentar (mungkin perlu memakan waktu beberapa menit). Jika SMS telah diterima, maka masukkan kode verifikasi pada kotak teks yang telah disediakan di PC Settings, lalu klik Next dan baca poin 4.

4. Langkah Terakhir Anda

Setelah itu, klik Next lagi ketika pada langkah OneDrive. Lalu klik Switch dan tunggu beberapa saat.
mengganti user lokal ke akun microsoft di windows 8.1

Jika PC Settings kembali menampilkan akun Microsoft Anda, itu berarti Anda telah berhasil membuat akun Microsoft dan telah mengganti user lokal Anda ke akun Microsoft.

Akhir Kata

Setelah membuat akun Microsoft dan mengganti user lokal ke akun Microsoft, Anda layak untuk: mengubah foto, menggunakan Windows Store, dan mengakses OneDrive. Nanti akan ada tutorial caranya mengatur akun Microsoft, dan tentunya untuk digunakan di Windows 8.1 sebagai user. Itulah cara membuat akun Microsoft dan mengganti user lokal ke akun Microsoft.

22 komentar:

  1. Saya lupa dengan pasword email microsof saya.jd sya tidak bisa mendownload apapun. Ketika saya meristard hp saya saya tdak bz msuk lgi karwna email saya msh ttp sama.mohon babtuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau lupa password, masuk aja ke live.com. Klik "lupa password" atau "forgot password", dan ikuti petunjuknya.

      Hapus
  2. gan ane udah activasi tapi kok account picture nya gak bisa di ubah ya,, ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak bisa gimana gan? apakah ada pesan error?

      Hapus
    2. Iya gan, windows 10 ane juga gitu. . Padahal udah aktivasi permanent via upgrade windows gan. . Gimana ya gan. .??

      Hapus
    3. ada pesan error apa gan? O.o

      Hapus
  3. Kga bisa gan
    Kode kesalahan 0x800b0101
    Mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek tanggal di PC agan, apakah udah benar?

      Hapus
    2. bisa gan!
      trims atas bantuannya.

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. windowa store kaga bisa dibuka gan. gimana ?

    BalasHapus
  6. gan kok saya gak bisa ganti accout picture? error gitu gan.. mohon bimbingannya

    BalasHapus
  7. gan pas klik connect to micsrft account langsung keluar switch to a microsoft account on the pc tapi pas di next keluar "network problems" gmna ngatasinya? mohon bantunanya

    BalasHapus
  8. gan, saya bikin user ofline di win 8.1, saya tungguin ampe selesai..
    pas udh login malah black screen ama pointer doang yg muncul..
    trs balik lg ke user admin ga napa".. normal aja..
    cuman di user baru aja ky gt..
    nah knp tuh ??? :(

    BalasHapus
  9. ga klo microsoft accountnya gk bisa kebuka. udah lama ditungguin loading ampe 3 jam masih gk mau kebuka pliss jawab dong

    BalasHapus
  10. ga klo microsoft accountnya gk bisa kebuka. udah lama ditungguin loading ampe 3 jam masih gk mau kebuka pliss jawab dong

    BalasHapus
  11. gan, ane udah daftar lepi ane ke akun microsoft pake email, nah pas udah switch ane mau download yang ada di store gabisa gan. disuruh fix dulu di alihkan deh kesitus microsoft nah disana disuruh masukin no HP tapi disana tidak ada kode negara indonesia gan. gimana solusinya? terimakasih sebelumnya suhu

    BalasHapus
  12. gan, kalo pas switch trus error itu kenapa ya, ada tulisannya we're sorry, but something went wrong. your account wasn't changed to this microsoft account. mohon bantuannya. trims

    BalasHapus

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.