Cara Instal dan Instal Ulang Windows 10, 7, 8, 8.1 lewat Flashdisk/DVD + Video Tutorial

Menginstal Windows 10, 7, 8, dan 8.1 itu sangat mudah. Tinggal Next, Next, dan Finish. Namun, tidak sedikit juga yang masih bingung. Menginstal dan menginstal

Update

Menginstal Windows 10, 7, 8, dan 8.1 itu sangat mudah. Tinggal Next, Next, dan Finish. Namun, tidak sedikit juga yang masih bingung. Menginstal dan menginstal ulang juga hanya sekadar kata – tidak ada bedanya. Banyak orang bingung menginstal Windows 10, 7, 8, atau 8.1 untuk PC/laptop mereka. Sebagian akan datang ke tukang service, hanya untuk mengklik Next, Next, kemudian Finish. Itu sangat menghamburkan uang, hanya karena kita tidak tahu caranya.

Nah, dengan tutorial instal Windows ini, sobat tak perlu datang ke tukang service, apalagi meminta bantuan teman/rekan yang dianggap ahli komputer (*bukan pengalaman saya :’v). Di sini saya sajikan tutorial cara instal dan instal ulang Windows 10, Windows 7, Windows 8, hingga Windows 8.1. Apa bedanya? Tidak ada. Perbedaan hanya kesan semata dari tampilan. Kalau sobat sedikit mengerti bahasa Inggris, sobat juga sudah bisa menginstal Windows dengan sangat mudah. 🙂

Baca saja terus tutorial ini. 😀

Sobat perlu punya media instalasi Windows

Windows 10, 7, 8, 8.1, memerlukan media instalasi. Media instalasi bukan hanya dibutuhkan oleh Windows, melainkan sistem operasi mana pun memerlukan media instalasi, untuk di-install ke PC/laptop. Apa media instalasi itu? Media instalasinya adalah flashdisk/DVD yang berisi file instalasi.

Jika sobat memiliki media instalasinya, namun tidak berisi file instalasi di dalamnya, sobat bisa men-download file ISO (file instalasinya) dari versi Windows yang hendak sobat instal.

BACA DULU: Cara Download File ISO Windows 10, 7, 8, 8.1 Gratis & Legal dari Microsoft

Bagaimana cara memasukkan file ISO ke flashdisk/DVD?

Ini caranya: Cara Membuat Bootable Flashdisk/DVD Windows

Sudah punya alat dan bahannya? Lanjut baca cara instalasi Windows di bawah ini.

Cara Instalasi Windows

*Tutorial ini lebih cocok untuk cara menginstal Windows 8.1 Enterprise. Karena perbedaannya tak terlalu jauh, silakan sesuaikan dengan edisi Windows 8.1 lainnya, dan versi Windows lainnya seperti Windows 10, 7, dan 8.

Proses instalasi memakan waktu paling cepat 15 menit, dan itu tergantung pada spesifikasi komputer. Semakin tinggi spesifikasi, maka proses instalasi semakin cepat.

Sebelumnya, sobat perlu atur pengaturan BIOS agar memilih DVD atau perangkat USB seperti flashdisk sebagai media utama saat booting. Jika sobat tidak tahu caranya, maka carilah di internet sesuai merek komputer, karena biasanya setiap merek dan tipe memiliki tampilan BIOS yang berbeda.

Colokkan DVD atau flashdisk yang berisi file instalasi Windows 10, 7, 8, 8.1 tadi. Restart komputer. Lalu muncullah perintah ini: tekan tombol apa pun untuk memulai proses instalasi.

Cara Instal dan Instal Ulang Windows 10, 7, 8, 8.1 lewat Flashdisk/DVD + Video Tutorial 35

Sesuaikan semua pilihan seperti pada gambar [disarankan]. Lalu klik Next.

Cara Instal dan Instal Ulang Windows 10, 7, 8, 8.1 lewat Flashdisk/DVD + Video Tutorial 36

Klik Install Now.

Cara Instal dan Instal Ulang Windows 10, 7, 8, 8.1 lewat Flashdisk/DVD + Video Tutorial 37

Centang persetujuan. Lalu klik Next.

Cara Instal dan Instal Ulang Windows 10, 7, 8, 8.1 lewat Flashdisk/DVD + Video Tutorial 38

Pilihan “Upgrade” hanya untuk ‘menaikkan’ versi Windows, misalnya dari Windows 7 ke Windows 8.1. Jika sobat memilih Upgrade, sobat tidak akan kehilangan program yang terinstal dan file pribadi sobat.

Sedangkan “Custom” sama fungsinya dengan “Upgrade”, namun yang berbeda adalah “Custom” lebih ‘menyegarkan’ dan berguna bagi yang tidak memiliki versi Windows sebelumnya – dari Windows 10 ke Windows 8.1 misalnya, atau sebaliknya. Namun sobat bisa kehilangan program dan file pribadi.

Saran saya, pilih Custom. Namanya juga install ulang. Jika sobat mengalami masalah pada PC/laptop sobat, maka disarankan untuk memilih Custom. Memilih Upgrade hanya kecil kemungkinan untuk memperbaiki masalah.

Cara Instal dan Instal Ulang Windows 10, 7, 8, 8.1 lewat Flashdisk/DVD + Video Tutorial 39

Lalu pilih partisi mana yang akan menjadi partisi sistem (berisi files sistem). Biasanya adalah (C:).

*Sementara ini, jangan menyesuaikan instalasi sesuai gambar di bawah, dan pastikan sobat mengenali drive mana yang berisi file system (yang C:). Gambar di bawah tidak menggambarkan drive (C:)

Cara Instal dan Instal Ulang Windows 10, 7, 8, 8.1 lewat Flashdisk/DVD + Video Tutorial 40

Jangan klik Next dulu. Klik Format pada partisi yang sudah sobat pilih. Jangan klik Format jika Anda memilih “Upgrade”.

Kemudian klik Next. Proses instalasi Windows 10, 7, 8, atau 8.1 sedang berlangsung. Setelah itu, komputer akan dengan sendirinya restart.

Cara Instal dan Instal Ulang Windows 10, 7, 8, 8.1 lewat Flashdisk/DVD + Video Tutorial 41
Cara Instal dan Instal Ulang Windows 10, 7, 8, 8.1 lewat Flashdisk/DVD + Video Tutorial 42

Ketika komputer akan menyala, buka BIOS dan ganti semua pengaturan yang telah diubah tadi ke default. Lalu penyiapan dimulai. Tunggu sampai selesai.

Cara Instal dan Instal Ulang Windows 10, 7, 8, 8.1 lewat Flashdisk/DVD + Video Tutorial 43
Cara Instal dan Instal Ulang Windows 10, 7, 8, 8.1 lewat Flashdisk/DVD + Video Tutorial 44

Pada proses seperti ini, komputer akan restart berkali-kali dengan sendirinya. Itu normal. Lalu muncul pengaturan ini, pilih dan kostumisasi opsi-opsi sesuai kebutuhan sobat. 🙂

Cara Instal dan Instal Ulang Windows 10, 7, 8, 8.1 lewat Flashdisk/DVD + Video Tutorial 45

*Khusus Windows 8, 8.1, dan 10, Pilih salah satu dari “Express settings” (pengaturan default) dan “Custom settings” (pengaturan yang dapat sobat ubah sekarang). Jika ragu, maka pilih “Express settings”, dan sobat juga bisa mengaturnya nanti.

Cara Instal dan Instal Ulang Windows 10, 7, 8, 8.1 lewat Flashdisk/DVD + Video Tutorial 46

Jika sobat memilih “Custom settings”, aturlah sesuai kebutuhan sobat.

Pilih Create a local account.

Cara Instal dan Instal Ulang Windows 10, 7, 8, 8.1 lewat Flashdisk/DVD + Video Tutorial 47

Isi formulir akun lokal seperti gambar di bawah ini:

*Nama akun tidak boleh sama dengan nama PC.

Cara Instal dan Instal Ulang Windows 10, 7, 8, 8.1 lewat Flashdisk/DVD + Video Tutorial 48

Jika sudah, klik Finish. Setelah itu, tunggu beberapa menit saat sobat melihat ini:

Cara Instal dan Instal Ulang Windows 10, 7, 8, 8.1 lewat Flashdisk/DVD + Video Tutorial 49
Cara Instal dan Instal Ulang Windows 10, 7, 8, 8.1 lewat Flashdisk/DVD + Video Tutorial 50

Setelah menunggu, sobat akan dialihkan ke Start screen, atau langsung ke desktop (Windows 10) secara otomatis.

Cara Instal dan Instal Ulang Windows 10, 7, 8, 8.1 lewat Flashdisk/DVD + Video Tutorial 51

Apa selanjutnya

Proses instalasi sudah berhasil. Selanjutnya adalah mengatur pengaturan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan sobat. Lalu memperbarui driver agar semua perangkat keras bekerja optimal.

Jelajah dan baca artikel di Kompiwin untuk tips Windows, trik, review, berita, apa pun tentang Windows.

Admin Kompiwin

Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-delapan. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

33 pemikiran pada “Cara Instal dan Instal Ulang Windows 10, 7, 8, 8.1 lewat Flashdisk/DVD + Video Tutorial”

  1. Gan dony prasetiyo , kalo misalkan saya mau instal windows 8 yg asalny windows 7 , apakah data data seperti data excel,microsoft office, power point , photo , musik , video , dan instalan lain nya akan hilang ?

    mohon gannn mastahh ane masih raguuuuu 🙂

    Balas
  2. Saya mempunyai laptop lenovo y410p. Systemnya kacau balau mw buka internet gak bisa loading terus. Bagaimana cara meengatur setingnya setelah di instal ulang. Windows ada di systemnya

    Balas
  3. min aku udah selesai tinggal nunggu restart, tapi kemudin balik lagi ke awal, harus masukin key product dll. setiap direstart selalu kembali lagi ke awal. apa yang salah ya min? mohon bantuannya

    Balas
  4. 1. Tidak. Kalau Windows 8-nya 64-bit ya 64-bit, kalau 32-bit ya 32-bit.
    2. Kalau pilih "Upgrade", program2 yang terinstal dan file2 tidak akan hilang di disk (C). Kalau pilih "Clean", semuanya akan hilang, termasuk yg di (C).

    Balas
  5. Kalo install Windows7 yang sistemnya 32 bit ke Windows 8 kapasitas RAM bakalan jadi 64 atau tidak ya? Terus kalau install windows8 , file-file lama dari windows7 akan tetap ada kah?

    Balas
  6. setahu saya, tergantung edisi Windows pada file instalasinya. CMIIW. Saya juga kurang tau soal product key. Tapi agan bisa cari info lebih lanjut dengan bergabung di beberapa grup FB tentang Windows 8.1 untuk bertanya. Maaf, saya gak bisa ngasih info di sini karena takut blog ini kenapa2 :v

    Balas

Tinggalkan komentar