Masih Hangat
memuat ...

Selasa, 15 Juli 2014

Share:

Fitur "Slide to Shutdown" di Windows 8.1: Sekali Geser Layar, Komputer Langsung Mati

slide to shutdown di windows 8.1

Fitur Windows 8.1 yang satu ini bisa disebut sebagai fitur yang rahasia. Soalnya, tak ada menu atau pun tombol apa pun yang mengarah ke fitur ini. Pengguna harus mencari fitur ini terlebih dahulu untuk menggunakannya. Saya agak bingung penyebab fitur ini disembunyikan, tetapi sepertinya Anda wajib mengetahui fitur ini dan cara menggunakannya.

Fitur "Slide to Shutdown" di Windows 8.1

Nah, untuk membuka fitur ini, buka Search charm (tekan Logo Windows+S), lalu ketik slidetoshutdown.exe, kemudian klik slidetoshutdown pada hasil pencarian.

Terbukalah fitur "Slide to Shutdown" dengan gambar latar belakang Lock screen Anda. Untuk mematikan komputer melalui fitur ini, geser layar (yang bergambar latar belakang Lock screen itu) ke bawah. Setelah itu, komputer langsung mati. Jika Anda ingin menutup fitur ini, maka geser layar tersebut ke atas. Lihat gambar paling atas.

Hmmm... Fitur ini agak repot untuk dibuka, ya? Tapi tenang saja, jadikan fitur ini sebagai pintasan yang terdapat dalam Desktop maupun Start screen, atau bahkan Taskbar juga bisa. Sehingga, Anda cukup mengklik pintasan yang terkait dengan fitur ini untuk membukanya tanpa harus mencarinya terlebih dahulu.

Buka File Explorer. Pergi ke folder C:\Windows\System32. Cari slidetoshutdown.exe. Untuk pencarian yang lebih mudah, langsung saja ketik slidetoshutdown.exe pada kotak pencarian File Explorer.

Klik kanan slidetoshutdown.exe. Pilih "Pin to Start" untuk menambahkannya sebagai tile di Start screen, atau "Pin to Taskbar" untuk menambahkannya ke dalam Taskbar, atau "Create shortcut" untuk menambahkannya ke Desktop.

Sepertinya, fitur "Slide to Shutdown" di Windows 8.1 hanya mudah digunakan untuk pengguna layar sentuh.

1 komentar:

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.