Fitur “Slide to Shutdown” di Windows 8.1: Sekali Geser Layar, Komputer Langsung Mati


577
577 points
slide to shutdown di windows 8.1

Fitur Windows 8.1 yang satu ini bisa disebut sebagai fitur yang rahasia. Soalnya, tak ada menu atau pun tombol apa pun yang mengarah ke fitur ini. Pengguna harus mencari fitur ini terlebih dahulu untuk menggunakannya. Saya agak bingung penyebab fitur ini disembunyikan, tetapi sepertinya Anda wajib mengetahui fitur ini dan cara menggunakannya.

Fitur “Slide to Shutdown” di Windows 8.1

Nah, untuk membuka fitur ini, buka Search charm (tekan Logo Windows+S), lalu ketik slidetoshutdown.exe, kemudian klik slidetoshutdown pada hasil pencarian.

Fitur "Slide to Shutdown" di Windows 8.1: Sekali Geser Layar, Komputer Langsung Mati 1

Terbukalah fitur “Slide to Shutdown” dengan gambar latar belakang Lock screen Anda. Untuk mematikan komputer melalui fitur ini, geser layar (yang bergambar latar belakang Lock screen itu) ke bawah. Setelah itu, komputer langsung mati. Jika Anda ingin menutup fitur ini, maka geser layar tersebut ke atas. Lihat gambar paling atas.

Hmmm… Fitur ini agak repot untuk dibuka, ya? Tapi tenang saja, jadikan fitur ini sebagai pintasan yang terdapat dalam Desktop maupun Start screen, atau bahkan Taskbar juga bisa. Sehingga, Anda cukup mengklik pintasan yang terkait dengan fitur ini untuk membukanya tanpa harus mencarinya terlebih dahulu.

Buka File Explorer. Pergi ke folder C:WindowsSystem32. Cari slidetoshutdown.exe. Untuk pencarian yang lebih mudah, langsung saja ketik slidetoshutdown.exe pada kotak pencarian File Explorer.

Klik kanan slidetoshutdown.exe. Pilih “Pin to Start” untuk menambahkannya sebagai tile di Start screen, atau “Pin to Taskbar” untuk menambahkannya ke dalam Taskbar, atau “Create shortcut” untuk menambahkannya ke Desktop.

Fitur "Slide to Shutdown" di Windows 8.1: Sekali Geser Layar, Komputer Langsung Mati 2

Sepertinya, fitur “Slide to Shutdown” di Windows 8.1 hanya mudah digunakan untuk pengguna layar sentuh.


Like it? Share with your friends!

577
577 points
Admin Kompiwin
Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-enam. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

1
Leave a Reply

avatar
180
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Andi Rahmadi Gultom Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Andi Rahmadi Gultom
Guest
Andi Rahmadi Gultom

thx gan
keren cara shutdownnya