Instagram

Ukuran Postingan Instagram, Tips Postingan Menarik dan Enak Dilihat

Pinterest LinkedIn Tumblr

Siapa sih yang tidak mengenal Instagram? Sosial media yang diluncurkan oleh Kevin Systrom ini dirilis pada tahun 2010. Tujuan perilisan Instagram tersebut dimanfaatkan sebagai wadah untuk mengabadikan momen. Selain di smartphone atau gadget, kamu juga bisa menggunakan aplikasi instagram di PC tanpa emulator.

Layaknya penggunaan sosial media pada umumnya, Instagram memungkinkan kamu untuk memposting foto maupun video terbaikmu. Foto-foto tersebut juga dapat disesuaikan dengan ukuran yang tersedia.

Jika ada akun instagram yang menarik, kamu dapat mengikutinya. Tapi jika kamu tidak suka dengan seseorang dan tidak menginginkan postingan orang tersebut untuk tampil. Kamu juga bisa memblokir instagram orang yang tidak kamu sukai.

Kembali ke topik utama soal ukuran postingan ig. Perlu kamu ketahui, bahwa ukuran postingan instagram memiliki ketentuan khusus lho! Ini bertujuan agar postingan instagram kamu tidak terkesan monoton dan enak dilihat.

Ukuran Postingan Instagram Bisnis

Tidak mungkin juga rasanya jika kamu memajang postingan Instagram secara sembarangan dan terkesan asal-asalan. Lebih lagi jika postingan tersebut diperuntukkan bagi lingkungan bisnismu.

Keselarasan postinganmu akan memberikan kesan apakah kamu benar-benar seorang yang profesional ataukah tidak. Semua memiliki kemungkinan untuk terjadi.

Ukuran Postingan di Media Sosial Instagram yang Benar
Ukuran Postingan di Media Sosial Instagram yang Benar

Ya, kamu harus memperhatikan ukuran postingan Instagram bisnis sebelum mengizinkan khalayak ramai melihatnya.

Lalu, apa yang harus dilakukan selanjutnya? Berikut adalah ketentuan untuk beberapa jenis postingan di Instagram.

1. Instagram Feed

Kamu sudah pasti mengetahui apa yang disebut dengan Instagram feed. Ya, kata lainnya adalah postingan Instagram. Ukuran postingan Instagram feed untuk akun bisnismu dapat disesuaikan dengan kriteria berikut ini.

  • Resolusi dan Rasio

Pemilihan resolusi yang disarankan untuk instagram feed adalah 600×600 pixel atau rasio 1:1. Kamu pasti sering melihat ukuran postingan seperti ini, bukan? Ukuran postingan Instagram yang satu ini terlihat seperti bujur sangkar.

Ini bukanlah ukuran satu-satunya. Kamu juga bisa memosisikan postingan Instagram-mu dengan tampilan landscape beresolusi 600×315 pixel atau 1.91:1. Postinganmu akan terlihat sedikit memanjang ke atas.

Selain itu, terdapat ukuran potrait yang tak kalah menariknya. Kamu juga bisa menyesuaikannya dengan ukuran 600×750 pixel atau rasio 4:5. Ukuran postingan Instagram-mu nantinya akan terlihat persegi panjang.

  • Karakter Caption

Apa yang membuat postinganmu menarik? Setidaknya terdapat caption yang bisa memberikan sedikit penjelasan  tentang fotomu.

Karakter Caption Instagram
Karakter Caption Instagram

Agar caption dan foto terkesan “senada”, kamu dapat menyampaikan pesan dari postingan tersebut dengan jumlah karakter maksimal 2.200.

2. Instagram Stories

Ukuran Postingan Instagam Stories
Ukuran Postingan Instagam Stories

Selain ukuran postingan Instagram feed, kamu juga harus mengetahui ukuran postingan Instagram stories atau yang akrab disebut sebagai Instastories.

Untuk ukuran Instagram stories, kamu bisa memuat resolusi 9:16 atau dengan ukuran minimal 600×1067 pixel dan ukuran maksimal 1080×1920 pixel.

Baca Juga: Cara Menonaktifkan/Menghapus Akun Instagram di Android/iPhone/Web

Ukuran Postingan Instagram Personal

Walaupun postingan personal tidak selalu dikonsumsi oleh masyarakat luas, kamu juga disarankan untuk membuat postingan agar terlihat lebih menarik.

Intinya, buatlah postingan yang benar-benar mengundang perhatian dengan nilai artistiknya. Kaamu bisa menentukan sendiri ukuran postingan Instagram sesuai dengan kebutuhanmu.

1. Foto Profil

Jangan sembarangan update foto profil yaa… Mengapa demikian? Ini karena Instagram menyarankan kamu memiliki foto profil dengan rasio 1:1. Itulah sebabnya kamu perlu memerhatikan caramu mengambil foto. Jangan sampai kamu memotret diri sendiri dengan ketidakteraruran.

Tidak masalah jika ukuran foto aslinya adalah landscape. Pastikan saja ukuran tersebut bisa memuat penampakan wajahmu. Adapun ukuran maksimal untuk foto profil personal adalah 180×180 pixel.

2. Instagram Feed

Instagram tidak selalu menyediakan ukuran postingan Instagram berbentuk persegi atau dengan rasio 1:1. Kamu bisa memilih ukuran postingan Instagram sesuai kebutuhanmu.

  • Rasio 1:1 dengan ukuran 1080×1080, 600×600 pixel, dan lainnya.
  • Rasio 1.91:1 atau 16:9 dengan ukuran 598×396 atau 1080×566 pixel.
  • Rasio 4:5 atau 8:10 dengan ukuran 1080×1350 atau 480×600.

Rasio tersebut bisa dijadikan sebagai acuan dalam memosting kegiatanmu di Instagram.

3. Instagram Stories

Ketentuan yang terakhir adalah rasio ukuran postingan Instagram stories. Seperti yang telah diketahui, ukuran postingan Instagram feed didesain dengan tampilan potrait. Rasio terbaiknya adalah 1.91:1 atau 9:16 dengan resolusi 1080×1920 pixel.

Intinya, ukuran postingan instagram stories selalu dalam bentuk memanjang ke atas.

Nah, itulah ketentuan ukuran postingan Instagram. Terdapat banyak ketentuan yang memungkinlan kamu untuk mengaplikasikannya.

Kamu bisa menerapkannya sesuai dengan kebutuhanmu atau bagaimana cara kamu menangkap potret dirimu. So, have you got it? Let’s having fun by creating a good posting size :).

Tentang Penulis

Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-enam. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

Tulis Komentar