Kumpulan 8 Kata – Kata Pembuka Presentasi

Kumpulan Kata-Kata Pembuka Presentasi

Presentasi merupakan satu cara kita menyampaikan materi, gagasan maupun ide kepada orang lain. Kegiatan presentasi seperti ini, umum kita temui pada kegiatan-kegiatan tertentu, misalnya di area sekolah, kampus hingga lingkup pekerjaan.

Tidak semua orang memiliki public speaking yang bagus, oleh sebab itu penyampaian presentasi bukan termasuk suatu hal yang mudah.

Kalian harus mempersiapkan segala teknis penting, pendalaman materi, hingga mampu menciptakan forum yang interaktif.

Satu bagian yang menunjang keberhasilan presentasi kalian adalah teknik pembukaan. Kita bisa melihat ketika saat sesi awal dibuka, bagaimanakah respon para audience? apakah kalimat pembukaan kita cukup membuat orang lain antusias atau tidak.

Namun tenang saja, kalian tidak perlu panik mengatasi kondisi seperti ini. Di bawah sudah kita sediakan kumpulan kata-kata pembuka presentasi sekaligus teknik dalam merancang sebuah kegiatan pembuka yang baik.

Penasaran seperti apa? silahkan simak tutorial dibawah ini.

Pentingnya Pembukaan Dalam Presentasi

1 Rancang Kalimat Pembuka - Kumpulan Kata-Kata Pembuka Presentasi

Sebelum masuk lebih dalam, pertama seberapa penting pembukaan di dalam presentasi…apakah satu poin kegiatan berikut dapat memberikan nilai besar dalam presentasi kita?

Jadi kita pahami terlebih dahulu seperti apa presentasi itu. Intinya kalian atau yang bertindak sebagai presenter/host yang membawakan materi presentasi ini, akan berada di hadapan banyak orang dan isi pesan yang presenter ucapkan harus berhasil menjadi center of attention.

Agar kita bisa mendapatkan attention para audience, kalian tentu harus mengemas pesan dan penyampaian secara baik. Hal inilah yang menjadi dasar kenapa kita harus merancang pembukaan presentasi sebaik mungkin.

Disisi lain bagaimana cara kita membuka presentasi juga bisa menjadi penilaian audience apakah presenter tersebut capable atau tidak. Coba bayangkan, saat kamu bertugas memimpin presentasi rapat vendor perusahaan, bagaimana ingin dominan kalau kita kurang profesional.

Oleh sebab itu kita disini ingin membantu kalian dengan memberikan kumpulan kata-kata pembuka presentasi beserta teknik dalam merancang agar materi pembukaan kalian kedepannya jauh lebih berkembang.

Teknik Pembuatan Kalimat Pembuka Presentasi

Sebelum menyusun kalimat pembuka, ada beberapa hal yang harus kamu susun supaya menjadi satu rangkaian yang bagus. Intinya tidak jauh-jauh dari materi yang akan kalian bawakan, setelah itu tinggal kamu bawakan dengan bahasa yang interaktif dan persuasif.

1. Ucapkan Salam Serta Perkenalan Diri

6 Presentasi Didepan - Kumpulan Kata-Kata Pembuka Presentasi

Poin pertama kamu harus menyusun ucapan salam dan perkenalan diri seperti mengenalkan latar belakang personal, pendidikan, pekerjaan atau hal-hal yang masih berkaitan seputar topik. 

Untuk menunjang atraktif si presenter, kamu harus mencitrakan dirimu sebaik mungkin. Gunakan pakaian yang sopan, rapi, dan lakukan gesture elegan. Sehingga orang jadi lebih mudah terdistrak untuk memperhatikannya.

Dan satu lagi, sematkan salam sambutan kepada para pendengar, sebab dengan ini kita seperti memberikan apresiasi terhadap tamu telah hadir dalam presentasi dan mempersilahkan kita menyampaikan materinya.

2. Sampaikan Topik Garis Besar Presentasinya

2 Rancang Kalimat Presentasi - Kumpulan Kata-Kata Pembuka Presentasi

Sampaikan sedikit secara singkat terutama poin utama dari materi presentasi yang hendak kalian bawakan. Dengan itu mereka menjadi tahu, tujuan tamu datang disini untuk apa dan untuk mendapatkan pesan dalam bentuk bagaimana. Gunakan juga data maupun statistik agar lebih membantu penyampaian kita.

3. Selipkan Cerita Singkat

Disela-sela pembukaan, tidak ada salahnya kamu selipkan cerita singkat yang cuku, idealis atau yang membuat orang tertarik mendengarkannya. Tetapi ingat, cerita ini harus relevan dengan topik presentasinya, dikarenakan cerita ini cuma untuk mencairkan suasana saja serta membangun hubungan baik dengan para tamu.

4. Berikan Pernyataan Menarik

3 Center Of Attention - Kumpulan Kata-Kata Pembuka Presentasi

Poin keempat ini menjadi solusi alternatif jika kamu tidak cukup memiliki cerita menarik yang dibagikan seperti pada poin ketiga diatas. Usahakan cari pernyatan sampai menggugah pikiran pendengar, kemas pernyataanmu dengan menarik dan didukung lewat gestur dan intonasi percaya diri.

5. Ciptakan Interaksi Dengan Audience

4 Bikin Pertanyaan Ke Audience - Kumpulan Kata-Kata Pembuka Presentasi

Cara untuk mendapatkan perhatian lebih terhadap audience yaitu dengan membuka sesi tanya jawab. Siapkan beberapa pertanyaan menarik, lalu lemparkan kepada audience untuk menjawab lewat mengacungkan tangan.

Kumpulan Kata-Kata Pembuka Presentasi

Jadi diatas merupakan teknik atau poin-poin bagaimana jika kalian ingin menyusun kegiatan pembuka pada sebuah presentasi. Semuanya dilakukan atas dasar untuk menarik perhatian audience dan menunjang keberhasilan kita membawakan materi presentasi.

Namun jika kalian ingin mencari kumpulan kata-kata pembuka presentasi secara instan, sudah kita persiapkan dibawah ini. Silahkan gunakan sebaik mungkin.

“Assalamualaikum wr.wb. Salam sejahtera untuk kita semua. Puji syukur atas nikmat yang Tuhan YME limpahkan kepada kita sehingga kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat pada pagi hari ini. Bapak dan Ibu yang saya hormati, saya sangat senang dapat hadir di hadapan Bapak/Ibu sekalian.

Dalam waktu 1 jam kedepan, saya akan membawakan sejumlah materi kepada Bapak dan Ibu sekalian mengenai Website Developer, dengan harapan materi yang saya bawakan tersebut dapat mendukung website yang saudara kelola menjadi sebuah website yang optimal.

Saya sendiri ingat, awal mulai menjalankan website X terlalu banyak masalah yang terjadi. Dari mulai permasalahan server, akses, koding hingga berbagai macam yang menyangkut soal eksistensi web tersebut. Tetapi inti klimaks dalam semua persoalan tersebut adalah buntunya jalan keluar karena minim pengalaman dan masih proses merangkaknya saya di dunia website developer.

Mengaca pada pengalaman tersebut, saya ingin bapak ibu sekalian tidak senasib dengan apa yang saya alami dulu. Oleh sebab itu, saya akan memberikan beberapa pemahaman materi, problem solving, dan ilmu seputar website developer, sehingga kalian akan memiliki bekal di dunia yang kita tekuni saat ini.

Saat ini dan hingga masa yang akan datang, mayoritas orang-orang beraktivitas melalui media online dibandingkan di dunia nyata. Oleh sebab itu, pendekatan terbaik dalam menjangkau sebanyak mungkin pengguna di era seperti ini, tentulah secara digital pula.

Terlibat dalam satu circle yakni jaringan terkoneksi internet, jelas website memudahkan Anda untuk membagikan informasi. Sekali menyebarkan informasi melalui website, jutaan orang dari berbagai belahan dunia yang terkoneksi internet dapat mengaksesnya secara bersamaan. Semua ini bisa dalam lakukan dalam waktu beberapa menit saja, bahkan cukup melalui akses mobile.

Tentunya kita sadar betul dengan dunia teknologi saat ini, apakah ada dari saudara memiliki pandangan lain seputar elemen utama yakni Website? Lalu apa yang dapat kita peroleh dari segala potensi internet ini?

Baiklah langsung saja kita mulai pembahasan kali ini…”


Akhir Kata

Jadi seperti itulah ulasan kita mengenai salam pembuka dalam presentasi. Diatas kita juga sediakan kumpulan kata-kata pembuka presentasi yang dapat menjadi acuan referensi kalian. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang