Cara Mengatur Ukuran Kertas di WPS Office

Cara Mengatur Ukuran Kertas di WPS Office

Mengubah ukuran kertas pada sebuah lembar dokumen penting kalian perhatikan, karena hal ini akan menyangkut soal ketentuan format maupun juga hasil print out sesuai jenis kertas yang akan digunakan.

Untuk cara mengatur kertas di WPS Office, kalian bisa mengubahkan dari dua versi yang berbeda.

Maksudnya adalah, WPS Office saat ini tersedia dalam dua tipe aplikasi, yaitu khusus untuk PC / laptop dan satunya lagi khusus untuk Android.

Masing-masing tentu memiliki panduan yang berbeda, bahkan dari segi navigasi, interface serta fungsi tombol di dalamnya menyesuaikan mobilitas aplikasi masing-masing.

Pada kesempatan kali ini, tim kompiwin ingin berikan kalian tutorial bagaimana cara mengatur ukuran kertas di WPS Office baik itu versi PC / laptop maupun versi Android. Silahkan simak ulasan berikut sampai akhir.

Jenis Ukuran Kertas Umum

Sebelumnya kalian harus tahu ada beberapa jenis ukuran kertas yang sering digunakan dalam urusan percetakan dan sebagai patokan umum juga menentukan jenis kertas tertentu.

Paling sering kita selalu menggunakan ukuran dari kertas A4 atau A3. Kedua jenis ini merupakan standar umum dalam kebutuhan cetak mencetak, misalnya print out tugas makalah, print out laporan, print out karya tulis, dan sebagainya.

Namun di lain hal, masih banyak ukuran kertas dengan ukuran yang beragam sesuai tugas format yang kalian butuhkan. Silahkan cek jenis ukuran kertas berikut ini.

NoKertasUkuran
1.A329,7 x 42 cm
2.A421 x 29,7 cm
3.A514,8 x 21 cm
4.B425,7 x 36,4 cm
5.B518,2 x 25,7 cm
6.Letter21,59 x 27,94 cm
7.Legal21,49 x 35,56 cm
8.Folio21,6 x 33 cm
9.Quoatro21,5 x 27,5 cm
10.Tabloid29 x 42 cm
11.Statement14 x 21,6 cm
12.Ledger43,2 x 27,9 cm
Macam-Macam Ukuran Kertas

Selebihnya kalian bisa custom dengan memasukkan nomor ukuran yang tidak terdaftar salah satu pilihan diatas.

Cara Mengatur Ukuran Kertas Di WPS Office

Langkah-langkah dalam cara mengatur ukuran kertas di WPS Office kali ini hampir sama dengan mengukur margin lembar dokumen WPS kalian.

Untuk margin bedanya ada pada ukuran teks terhadap batas tepi lembar kertas tergantung seberapa banyak kalian memberikan jarak tepi baik sisi kiri kanan maupun atas bawah.

Sedangkan ukuran kertas merupakan besar halaman dokumen yang kalian ingin buat biasanya menyangkut soal ukuran print out supaya sesuai dengan posturnya.

Contoh kamu ingin membuat lembar dokumen dengan hasil print out kertas A4, maka sebelum kalian print pastikan pengaturan page pada dokumen WPS Office tersebut sudah diubah menjadi A4 juga.

Dan pembahasan mengenai panduan mengatur ukuran kertas di WPS Office sudah kita sediakan dibawah ini.

1. WPS Office versi PC

Sebagian orang mengaku lebih nyaman menggunakan WPS Office PC karena dinilai tampilan interfacenya jauh lebih luas dan letak tombol navigasinya mudah dimengerti.

Secara keseluruhan fungsi pada aplikasi ini hampir sama dengan Microsoft Word, sehingga kamu jauh lebih familiar saat mengaplikasikannya.

  1. Silahkan buka aplikasi WPS Office versi PC.
  2. Setelah terbuka buat jendela halaman kosong baru.1 Buat Dokumen Baru - Cara Mengatur Ukuran Kertas di WPS Office
  3. Atau kamu bisa buka file dokumen yang sudah dibuat sebelumnya.
  4. Setelah berada di tampilan aplikasi, arahkan kursor ke menu Page Layout.2 Masuk Ke Page Layout - Cara Mengatur Ukuran Kertas di WPS Office
  5. Klik bagian kotak Letter untuk memilih ukuran kertas yang sudah disediakan.
  6. Jika ingin custom ukuran, tap di bagian Custom Size.
  7. Masukkan di setiap masing-masing kolom ukuran, lalu buat.
  8. Selesai.

Mau coba WPS Office MOD dengan semua fitur premium unlocked ?


2. WPS Office versi Mobile

Untuk yang suka menggunakan WPS Office versi Mobile, kita perlu beberapa perintah konfirmasi tidak sepraktis seperti diatas. Tetapi pilihannya pun lengkap, kamu juga sekaligus bisa mengatur margin sesuai kebutuhan si pembuat. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Perama silahkan buka aplikasi WPS Office versi Android.
  2. Setelah itu kalian tap tombol Plus yang yang ada di pojok kanan bawah.6 Pencet Tombol Plus - Cara Mengatur Ukuran Kertas di WPS Office
  3. Pilih saja Doc.7 Klik Tombol Doc - Cara Mengatur Ukuran Kertas di WPS Office
  4. Kemudian pencet tombol Kosong untuk membuat lembar baru.8 Buat Dokumen Baru - Cara Mengatur Ukuran Kertas di WPS Office
  5. Lalu klik icon Alat di paling pojok kiri bawah.9 Pencet Tombol Alat - Cara Mengatur Ukuran Kertas di WPS Office
  6. Geser ke menu Lihat.10 Pilih Tab Lihat - Cara Mengatur Ukuran Kertas di WPS Office
  7. Scroll menu di bawahnya dan klik fitur Pengesetan Halaman.11 Pencet Pengesetan Halaman - Cara Mengatur Ukuran Kertas di WPS Office
  8. Klik Ukuran Halaman untuk memunculkan template kertas.12 Pencet Ukuran Halaman - Cara Mengatur Ukuran Kertas di WPS Office13 Pilih Salah Satu Ukuran - Cara Mengatur Ukuran Kertas di WPS Office
  9. Atur orientasinya juga.
  10. Ubah satuan ukuran Margin ingin CM, Inchi atau sebagainya.
  11. Di paling bawah kamu bisa mengatur ukuran margin secara custom, dengan cara geser kedalam atau keluar setiap panah untuk melihat detail ubahan ukuran.14 Geser Bagian Panah - Cara Mengatur Ukuran Kertas di WPS Office14 Geser Bagian Panah - Cara Mengatur Ukuran Kertas di WPS Office
  12. Selamat mencoba.

Baca Juga :

Mau mengatur margin dokumen dengan WPS Office ? Coba ikuti tutorial selengkapnya disini.


Akhir Kata

Sekian pembahasan tentang cara mengatur ukuran kertas di WPS Office. Pilih salah satu cara baik versi PC ataupun versi mobile sesuai kebutuhan masing-masing. semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang