Cara Membuat Dan Membagi Partisi Hardisk di Windows 11 Tanpa Install Ulang

Cara Membuat Dan Membagi Partisi Hardisk di Windows 11 Tanpa Install Ulang 7
Cara Partisi Hardisk Windows 11

Untuk membagi dan membuat partisi hardisk Windows 11 sangat penting untuk diketahui. Hal ini dilakukan agar manajemen penyimpanan dalam memori komputer bisa tersusun lebih rapi dan membagi menjadi beberapa drive memori.

Selain itu membuat partisi dalam komputer juga dapat membuat Operating System jadi lebih optimal. Karena semakin banyak file dalam satu partisi hardisk tersebut maka semakin memperlambat kinerja sistem.

Ada beberapa orang yang melakukan membuat serta membagi partisi hardisk Windows 11 dengan menginstall ulang, tetapi opsi tersebut kurang begitu efektif sebab pengguna harus melakukan backup data terlebih dahulu atau terpaksa kehilangan sebagian penyimpanan memori internal.

Cara Membuat Dan Membagi Partisi Hardisk di Windows 11 Tanpa Harus Install Ulang

Kebanyakan laptop sekarang sudah di setting secara default hanya satu partisi penyimpanan saja.

Dengan melakukan partisi kamu bisa membagi hardisk tersebut serta mengamankan file data ketika Windows dilakukan penginstalan ulang (Artikel terkait : Cara Install Ulang Windows 11).

Tips ini sangat efektif bila ruang hardisk perangkatmu memiliki ukuran yang besar, untuk membagi menjadi beberapa partisi, silahkan ikuti cara dibawah :

  1. Klik kanan ikon tombol Start.
  2. Kemudian pilih Disk Management, atau jika tidak masuk ke tombol pencarian lalu ketik dan buka program bernama diskmgmt.msc.
  3. Setelah muncul jendela Disk Management, silahkan pilih drive yang akan  di partisi, disini kita akan gunakan drive E.Pilih Drive Yang Akan Dibuat Partisi
  4. Silahkan klik kanan Drive E, dan pilih Shrink Volume.Klik Kanan Dan Pilih Shrink Volume
  5. Disini akan muncul informasi kapasitas penyimpanan, disana tertulis dalam satuan MB.
    Untuk membagi jumlah ukuran partisi jangan sembarangan, karena sudah tertulis batas maksimal kapasitas penyimpanan drive baru yang ada di kotak Size of available shrink space in MB.
  6. Setelah tahu berapa kapasitas maksimal memori, tuliskan pada kotak Enter the amount of space to shrink in MB, ketik detail ukurannya.Buat Detail Ukuran Partisi
  7. Yang perlu diingat 1 GB = 1024 MB, tinggal kamu kalikan saja.
  8. Jika sudah terisi klik Shink.
  9. Nanti akan muncul satu drive baru bertuliskan unallocated. Klik kanan drive baru tersebut.Akan Muncul Partisi Baru
  10. Pilih New Simple Volume.Klik Kanan Dan Pilih New Simple Volume
  11. Klik Next.
  12. Lalu pastikan lagi ukuran yang akan dibuat partisi. Dan tap Next.Masukkan Sekali Lagi Ukuran Partisi
  13. Kamu bisa ubah lokasi drive-nya, lalu Next.Silahkan Ubah Lokasi Partisi
  14. Kemudian buat format File System menjadi NTFS, biarkan Allocation unit size di Default, dan terakhir isi nama drive pada Volume Tabel. Dan klik Next.
  15. Terakhir tinggal konfirmasi tombol Finish.Pencet Tombol Finish
Tips Menarik :

Hardisk kamu rusak ? Masih ada data yang tersimpan di Hardisk tersebut ? Inilah tips seputar cara mengambil data dari Hardisk yang sudah rusak.


Tanya Jawab


Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara membuat serta membagi partisi hardisk untuk Windows 11. Jika semua langkah sudah selesai silahkan buka pada bagian File Explorer dan pastikan partisi drive baru muncul di sana. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.