Office Powerpoint

Cara Menggabungkan Beberapa Presentasi PowerPoint

Pinterest LinkedIn Tumblr

Jika kita ngomongin tentang Microsoft PowerPoint tentu kalian semua sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. PowerPoint seperti sudah menjadi sahabat bagi para pelajar, pengajar bahkan di lingkungan kerja pun masih tetap digunakan.

Itu karena aplikasi PowerPoint ini sangat easy to use, fiturnya pun banyak sehingga pengguna bisa dengan bebas membuat bahan presentasi mereka se-informatif mungkin. Mereka juga dapat memanfaatkan fitur effect untuk sedikit memberikan sentuhan animasi supaya hasil tayangan presentasi makin berwarna dan kreatif.

Selama penggunaan PowerPoint, adakah kendala yang mungkin bisa menghambat proses pembuatan materi presentasi kamu? Karena sesuai dengan pembahasan kita kali ini, sering ditemui kasus pengguna mengalami kesulitan ketika mereka dituntut untuk menggabungkan beberapa file presentasi menjadi satu.

Kalau dibayangkan memang cukup rumit, apalagi jika materi presentasi harus dibuat dalam satu tema, sedangkan file kedua yang ingin digabungkan memiliki format yang jauh dengan konsep mater pertama.

Cara Menggabungkan Beberapa Presentasi Power Point

Lalu bagaimana cara menggabungkan beberapa presentasi menjadi satu? Apakah kita harus mengetik ulang materi file lain ke file utama? Tentu tidak. Microsoft tentu sudah mengantisipasi hal ini, jadi kamu hanya perlu menggunakan fitur bawaan, dan metode penggunaannya pun ada beberapa cara.

1. Cara Menggabungkan Lewat Reuse Slider

Mungkin masih banyak yang belum sadar jika PowerPoint sudah menyediakan fitur bernama Reuse Slider. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menggabungkan file lain alias mengimport materi ppt tanpa harus membukanya.

  1. Buka materi presentasi utama.
  2. Pada menu tab Home, silahkan buka kotak New Slide.Klik Menu New Slide
  3. Pilih kotak Reuse Slides.Pilih Menu Reuse Slides
  4. Silahkan cari file lainnya dengan membuka kotak BrowserBrowser File.Klik Browse
  5. Nanti akan muncul isi materi dari file PowerPoint yang ingin kamu gabungkan, silahkan pilih beberapa slide dengan mengetuk slide file eksternal.
  6. Jika ingin mempertahankan format aslinya bisa centang kotak Keep source formatting, atau sebaliknya jika yang dibutuhkan hanya isi materi silahkan hapus icon centangnya.Pilih Slide yang Mau Digabung dan Centang Keep source formatting
  7. Terakhir ketuk icon X untuk menghilangkan jendela Reuse Slider.
  8. Sudah berhasil menggabungkan PowerPointnya kan ?
Bagaimana cara mengganti background di slide Powerpoint ? Ikuti cara mengganti background Powerpoint dengan mudah.

2. Cara Menggabungkan Menggunakan Metode Paste

Cara yang pertama memang sangat efektif menggabungkan banyak file serta menghemat waktu karena lebih efisien. Sedangkan cara yang kedua ini kamu perlu membuka file kedua terlebih dahulu untuk kemudian disalin dan di tempelkan ke materi PowerPoint utama.

  1. Buka file utama dan file PowerPoint yang ingin digabungkan.Buka 2 File Presentasi yang Mau Digabung
  2. Masuk ke file kedua, silahkan pilih slide yang ingin digabungkan.Pilih Slide yang Mau Dicopy
  3. Ketuk slide lalu tekan tombol CTRL + C untuk mengcopy.
  4. Kembali ke file PowerPoint pertama kemudian klik kanan di bagian tab slides, lalu pilih Keep Source Formatting.Klik Kanan dan Pilih Keep Source Formatting (K)
  5. Selesai.
Ubah format file PPT ke PDF ? Ikuti tutorial selengkapnya di cara mengubah Powerpoint ke PDF.

Akhir Kata

Untuk metode kedua ini hanya bisa menyalin slide bersama dengan format aslinya, jadi jika kamu hanya ingin slide tanpa format asli. Atau kamu bisa menggunakan metode CTRL + C lalu tempel menggunakan CTRL + V, alias copy paste biasa. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar