Cara Mengatasi Gagal Record di Zoom Meeting

Cara Mengatasi Gagal Record di Zoom Meeting

Selama pandemi COVID-19, Zoom sudah menjadi salah satu aplikasi video conference yang sering kita buka.

Layanan Zoom sangat membantu banyak orang karena aplikasi berikut dapat membatasi pertemuan langsung dengan via video conference.

Sehingga kita masih bisa bertemu banyak orang walaupun hanya sebatas terlihat lewat layar kaca. Akan tetapi Zoom tetap memiliki eksperiens sendiri nih.

Kita akan mendapatkan beberapa fasilitas hingga layanan menarik pada Zoom, seperti mengubah tampilan background meeting, memasukkan suara audio musik, dan memungkinkan untuk melakukan pertemuan hingga ratusan orang.

Bahkan ada fasilitas lain yang fungsinya juga sangat penting, yakni record Zoom. Sebagian pengguna sangat membutuhkan fitur record Zoom karena alasan backup up, laporan atau memang sebagai tuntutan tugas. 

Namun di beberapa kasus, Record Zoom ini tidak dapat berfungsi secara baik hingga mengakibatkan gagal fungsi.

Tenang saja kalian jangan panik terlebih dahulu, walau file record sudah muncul, kita masih bisa melakukan cara mengatasi gagal Record di Zoom Meeting supaya hasil file rekaman menjadi file video yang kalian harapkan.

Cara Mengatasi Gagal Record Di Zoom Meeting

Sebagian besar kasus gagal record di aplikasi Zoom ini ada pada tahap konversi file Zoom ke format Video.

Jadi Zoom sendiri memiliki sistem Record yang dilakukan saat meeting dimulai, dan ketika meeting tersebut selesai, pengguna dapat menghentikan record lalu sistem akan mengkonversinya menjadi file MP4.

Pada tahap itulah aplikasi terkadang suka memunculkan gejala error, seperti tidak dapat menuntaskan konversi, akses terputus, hingga sengaja maupun tanpa sengaja menghentikan ketika proses convert berlangsung.

Tenang saja kita lakukan cara mengatasi gagal record di Zoom Meeting dibawah ini.

  1. Sebetulnya Aplikasi Zoom telah membackup file tersebut di dalam folder khusus, jadi kita pergi ke dalam lokasi folder This PC Document Zoom (tanggal record).Masuk Ke Folder Tanggal Zoom
  2. Disana akan muncul file bernama double_click_to_convert.zoom file tersebutlah yang dapat kita ubah dalam bentuk format MP4.Lihat File Zoom Crash
  3. Untuk memulai klik kanan file double_click_to_convert.zoom.
  4. Pilih menu Open With Choose another app.Klik Kanan File Dan Open With
  5. Klik Show More untuk menampilkan lebih banyak.Klik Bagian Morel Apps
  6. Lalu scroll kebawah dan pilih Look for another app on this PC.Klik Bagian Look For Another App
  7. Pada bagian kotak alamat folder, kalian tempel saja destinasi C:\Users\(Nama Komputer Kalian)\AppData\Roaming\Zoom\Bin. Ubah (Nama Komputer) sesuai dengan nama User pada PC masing-masing. Cara melihat nama user ada di This PC -> System (C:) ➜ “User.Masuk Ke Alamat Zoom Bin
  8. Kemudian pilih bagian zTscoder. Dan klik Open.Klik ztscder Dan Open
  9. Tunggu beberapa saat sampai prose Convert selesai.Tunggu Prosesnya Selesai
  10. Secara otomatis file akan berubah jadi format Video.
Tutorial Lain :

Terkadang banyak pengguna Zoom mengeluhkan saat online meeting tidak ada suara. Ikuti tips mengatasi Zoom yang tidak ada suara.


Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah cara mengatasi gagal Record di Zoom Meeting. Jika kamu mengalami kasus serupa jangan panik dulu, sebab masih ada solusi seperti cara diatas untuk mengembalikan file record di PC masing-masing. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar