Cara Mengatasi Zoom Meeting Tidak Ada Suara

Cara Mengatasi Zoom Meeting Tidak Ada Suara
Cara Mengatasi Zoom Meeting Tidak Ada Suara

Belakangan aplikasi semacam video conference sedang digunakan oleh banyak orang. Aplikasi ini yang membantu kita untuk tetap bisa bertemu dengan orang lain dan dengan jumlah yang banyak via online.

Di dalam aplikasi Video Conference seperti Zoom Meeting, pengguna akan disediakan beberapa fasilitas seperti video call, panggilan suara, share screen, dan yang terpenting dapat melakukan forum panggilan dalam jumlah yang besar.

Ditengah pandemi saat ini, Zoom Meeting dapat menjadi pembatas dalam penyebaran covid yang semakin menakutkan dan sekaligus melindungi kita dari paparan akibat interaksi dengan orang lain.

Meskipun Zoom Meeting banyak membantu kebutuhan kita, terkadang aplikasi berikut masih sering mengalami error contohnya seperti tidak dapat memunculkan suara.

Kendala teknis ini tidak hanya dialami oleh satu dua orang saja, melainkan banyak sekali pengguna yang masih sering mengeluhkan suara pada aplikasi Zoom mereka tidak muncul.

Untuk mengatasi persoalan diatas, Tim Kompiwin sudah menyiapkan tutorial tentang cara mengatasi Zoom Meeting tidak ada suara.

Dengan tutorial yang kita sudah tuliskan dibawah ini, diharapkan semua kendala teknis yang mungkin terjadi di dalam pertemuan online akan teratasi dengan mudah.

Cara Mengatasi Zoom Meeting Tidak Ada Suara

Suara adalah elemen terpenting yang wajib ada jika kita mengikuti kegiatan video conference via Zoom Meeting.

Suara ini bisa diartikan audio microphone dari kita untuk pendengar atau bisa juga suara dari para audience yang kita dengarkan.

Dan jika suara tersebut tidak muncul, kita sendiri yang akan kesulitan menangkap informasi dari diskusi forum yang sedang diikuti.

Apalgi buat kalian yang masih duduk di bangku sekolah, apes kalau tiba tiba guru kalian memanggil namamu untuk menjelaskan materi yang dimintai.

Karena audio dari kita tidak muncul, bisa bisa kita jadi tidak dapat nilai dan dianggap tidak mengikuti kelas.

Untuk itu silahkan kalian ikuti penjelasan cara mengatasi Zoom Meeting tidak ada suara di bawah ini agar persoalan yang muncul dalam kegiatan video conference bisa teratasi dengan sangat mudah.

Cara 1 : Aktifkan Microphone

Terkadang kita suka tidak sadar bahwa microphone di aplikasi Zoom Meeting lupa kita aktifkan.

Efeknya adalah para audience jadi tidak bisa mendengar suara yang kita ucapkan dan mereka hanya akan melihat visual lewat video saja.

  1. Masuk ke dalam Meeting.
  2. Setelah itu kalian bisa lihat ada beberapa fitur tombol di bagian bawah layar.
  3. Klik pada bagian audio di sisi pojok kiri bawah.Ketuk Tombol Mute
  4. Jika ada garis merah artinya microphone devicemu mute, jika tidak dan hanya muncul gambar mic artinya audio aktif.
  5. Selesai.

Cara 2 : Aktifkan Speaker

Jika kalian menggunakan HP, speaker yang digunakan hanya speaker utama atau headset. Tinggal kalian besarkan saja volume media untuk memunculkan suara.

Kalau kalian menggunakan PC, terkadang perlu speaker tambahan untuk menghubungkan sistem ke hardware. Pastikan semua colokkan terhubung dan lihat mode speaker sudah pada pilihannya.

  1. Buka aplikasi Zoom Meeting.
  2. Login menggunakan akun masing-masing.
  3. Setelah itu ketuk tombol icon Gear atau tombol Pengaturan.Pencet Tombol Pengaturan
  4. Lalu kamu bisa arahkan ke menu tab Audio.Masuk Ke Menu Tab Audio
  5. Lihat pada bagian sub menu Speaker, pilih menggunakan speaker yang terhubung.Pilih Mode Speaker
  6. Geser Volume untuk mengeraskan suara.Geser Volume Speaker
  7. Selesai.

Cara 3 : Aktifkan Otomatis

Cara mengatasi zoom meeting tidak ada suara yang terakhir bisa dengan settingan otomatis pada menu Audio.

Terkadang jika kita join meeting, audio maupun speaker perlu kita konfirmasi aktif terlebih dahulu baru bisa digunakan. Untuk selalu mengaktifkannya kalian bisa atur lewat settings.

  1. Buka aplikasi Zoom Meeting.
  2. Silahkan login menggunakan akun masing-masing.
  3. Setelah itu ketuk tombol icon gear atau tombol pengaturan.Pencet Tombol Pengaturan
  4. Pilih menu Audio.Masuk Ke Menu Tab Audio
  5. Scroll kebawah kemudian centang menu Automatically join audio by computer when joining meeting.Centang Menu Automatically On
  6. Pastikan kamu juga matikan centang pada menu Mute my microphone when joining meeting.
  7. Selesai.

Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara untuk mengatasi Zoom Meeting tidak ada suara. Silahkan kalian ikuti tutorial diatas agar proses video conference kamu berjalan lancar. Semoga bermanfaat. 

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.