Cara Mematikan Fitur Snap Layout Di Windows 11

Cara Mematikan Fitur Snap Layout Di Windows 11 7
Cara Mematikan Fitur Snap Layout Di Windows 11

Sampai saat ini terhitung sudah banyak pengguna yang mulai menggunakan operating system terbaru yakni Windows 11. Selain karena nilai Benchmark Windows 11 lebih baik daripada Windows 10. Kalian juga akan mendapatkan pengoperasian navigasi yang lebih fresh dan sistem User Interface baru.

Tak lupa, Microsoft juga memberikan improvement dari segi fasilitas fitur agar lebih nyaman digunakan. Penambahan tersebut juga termasuk salah satunya adalah fitur Snap Layout.

Berkaitan dengan fitur Snap Layout ini, tim Kompiwin akan memberikan ulasan tentang cara mematikan fitur Snap Layout di Windows 11.

Meskipun keberadaannya sangat membantu dan membuat praktis perintah pengguna, tetapi tampilan seperti jendela popup layout inilah yang kadang bikin ganggu.

Sebelumnya bagi yang belum tahu fitur Snap Layout di Windows 11…jadi sistem tambahan ini seperti shortcut untuk jendela windows mengatur posisi multitasking. Fitur akan keluar jika pengguna menekan tombol maximize/minimize dalam sebuah kotak jendela.

Pengguna akan disediakan beberapa pilihan layout, dari mulai dua jendela tampilan multi task, hingga 4 penataan layout.

Fitur ini meringkas aktivitas jendela multitask di Windows 10, kalau sebelumnya pengguna perlu hold dan geser jendela ke sudut layar untuk membentuk layout, sekarang cukup tekan tombol snap tersebut.

Cara Mematikan Fitur Snap Layout Di Windows 11

Tampilan Fitur Snap Layout

Meski terbilang sangat praktis, namun munculnya popup snap layout kecil tersebut sangat mengganggu jika kita tidak begitu memerlukan jendela multitask. Alhasil user akan kesulitan melakukan aktivitas minimize/maximize jendela windows.

Tenang saja, kamu bisa menghilangkan akses tersebut kok, cara mematikan fitur Snap Layout di Windows 11 akan Tim Kompiwin rangkum di dalam pembahasan di bawah ini. Silahkan kamu ikuti langkahnya jika ingin tahu lebih lanjut.

  1. Ketuk tombol Start, kemudian cari menu Settings.Silahkan Buka Jendela Settings
  2. Setelah terbuka arahkan pada kotak System.Klik Menu System
  3. Untuk mematikan fitur Snap, arahkan ke bagian menu tab Multitasking.
  4. Disini sudah tersedia tombol Show snap layouts when I hover over a window’s maximize button. Silahkan matikan tombol centang tersebut.Matikan Tombol Snap Layout
  5. Kamu juga bisa hilangkan centang pada tulisan Show snap layout that the app is part of when I hover other taskbar buttons.
  6. Silang jendela Settings, maka pengaturan akan tersimpan.

Tutorial Windows 11 Lainnya :

Windows 11 kalian belum teraktivasi ? Begini panduan lengkap untuk cara aktivasi Windows 11 beserta activatornya.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara mematikan fitur Snap Layout di windows 11, silahkan ikuti arahan diatas bagi yang ingin menghilangkan tombol snap ketika menekan tombol maximize/minimize. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.