Cara Masuk Safe Mode Windows 11

Cara Masuk Safe Mode Windows 11 7
Cara Masuk Safe Mode Windows 11

Buat sebagian pengguna PC yang suka otak atik jeroan sistem perangkat miliknya, tentu mereka sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Safe Mode.

Pembahasan ini akan kita sambungkan dengan sistem operasi baru yang kemarin belum lama dirilis, yakni Windows 11. Silahkan simak penjelasan cara masuk safe mode Windows 11 bagi yang berkepentingan khusus.

Meski bukan sebagai sistem program utama dalam menjalankan perintah dalam PC, safe mode akan muncul sesekali jika benar-benar sedang dibutuhkan.

Kondisi ini bakal diambil jika sebuah perangkat sedang mengalami masalah dengan sistem. Karena ada beberapa poin persoalan yang jalan keluarnya bisa ditempuh dengan jalan safe mode.

Namun di lain hal tidak semua orang tahu bagaimana cara masuk safe mode Windows 11.

Pengertian Safe Mode Di Windows 11

Seperti yang sudah kita spill di awal, opsi ini akan diambil jika perangkat komputer sedang mengalami masalah pada sistem.

Nantinya komputer akan berjalan dalam kondisi minim, hanya menggunakan file-file dan driver yang berperan utama saja…tidak sebagian besar aktif dalam mode ini.

Safe mode adalah mode yang tepat digunakan ketika keadaan yang mendesak atau darurat dan PC memerlukan penanganan yang aman.

Kompiwin

Perangkat elektronik yang menerapkan sistem aplikasi kompleks seperti PC atau laptop memang tidak selamanya aman dari virus, bug, error, atau defect.

Karena kembali lagi, semua komponen ini meskipun tergolong sebagai trim paling tinggi, tidak menutup kemungkinan semua bakal terjadi kerusakan jika sudah waktunya.

Nah, poin positif yang bisa diambil saat memakai safe mode ini adalah, bagi pengguna yang kesulitan mengidentifikasi kerusakan sistem internal, safe mode dapat menjadi solusi masalah tersebut.

Disisi lain, kalian juga bisa terhindar dari gejala lagging ketika berada di normal mode dan tidak berkesempatan memperbaiki karena hambatan tersebut.

Itulah yang mendasari safe mode sangat efektif dipakai, sebab ketika mode ini dijalankan perangkat akan memangkas beberapa program dan driver yang sekiranya penting untuk dijalankan.


Jenis Safe Mode Di Windows 11

Rata-rata safe mode itu terbagi dalam 3 jenis opsi, yang pertama Safe Mode, kemudian Safe Mode with Networking, lalu yang ketiga adalah Safe Mode with Command Prompt.

Lalu apa perbedaan dari macam-macam Safe Mode tersebut ?

  • Safe Mode = Sistem operasi Windows 11 akan berjalan dengan menggunakan beberapa sistem serta driver seperlunya.
  • Safe Mode with Networking = Sistem operasi Windows 11 akan berjalan dengan tambahan driver jaringan sebagai akses perangkat menghubungkan ke koneksi internet.
  • Safe Mode with Command Prompt = Sistem operasi Windows 11 akan berjalan di command prompt sebagai aplikasi utama dan tentunya jelas lebih aman. Jenis mode yang ketiga ini suka digunakan oleh programer yang khatam basis perintah dalam PC.
Panduan Windows 11 Lainnya :

Tidak terbiasa ketika Taskbar berada di tengah ? Kini kamu bisa ubah ke kiri dengan membaca tutorial cara mengubah Taskbar ke kiri di Windows 11.


Fungsi Safe Mode

Lalu apa sebenarnya fungsi utama Safe Mode dalam komputer ?

Sebelum ke pembahasan inti cara masuk safe mode Windows 11, kita sharing-sharing dulu apa saja potensi yang bisa dimanfaatkan dari Safe Mode berikut :

Jadi ada beberapa fungsi, diantaranya adalah :

  1. Mengatasi Kerusakan Komputer
  2. Mendeteksi Error atau Kerusakan Komputer.
  3. Menghapus Infeksi Virus
  4. Bisa Digunakan Untuk Restore
  5. Membuka Registry Lebih Aman
  6. Menonaktifkan Aplikasi Tertentu

Cara Masuk Safe Mode Windows 11

Sebenarnya cara masuk safe mode Windows 11 itu hampir sama dengan sistem Operating System Windows versi sebelumnya.

Bisa dengan menekan perintah tombol Shift + Restart, bisa tekan tombol F8 ketika booting, dan terakhir dapat dengan Metode Advance Startup.

1. Melalui Advance Startup

Untuk yang pertama kita akan menggunakan Advance Startup. Karena cara ini yang paling mudah dan setelah PC atau laptop restart pun kalian akan masuk ke Safe Mode.

Langkah selengkapnya dapat kamu lihat di bawah ini :

  1. Ketuk tombol Start, lalu cari menu Settings.Cari Settings Lalu Buka
  2. Buka program tersebut, kemudian klik menu Update & Security.Tap Update And Security
  3. Arahkan ke tab Recovery.
  4. Lalu klik tombol Restart Now pada bagian Advanced Startup.Masuk Ke Recovery Dan Klik Restart Now
  5. Tunggu sampai kamu masuk ke tampilan BIOS.
  6. Pertama pilih Troubleshoot.Pencet Tombol Troubleshoot
  7. Pilih Advanced Options.Klik Tombol Advance Options
  8. Pilih Startup Settings.Pilih Startup Settings
  9. Tekan Restart.Klik Restart
  10. Nanti akan disediakan beberapa pilihan, kamu bisa geser ke bagian Safe Mode. Tekan tombol f4 untuk Enable Safe Mode, f5 untuk Safe Mode Networking, f6 untuk Safe Mode Command Prompt.Masuk Ke Dalam Safe Mode
  11. Tunggu sampai kamu dibawah ke desktop safe mode, jika perangkat terpasang password, sebelumnya kamu akan disuruh untuk singin password PC atau laptop kalian.
  12. Terakhir tinggal jalankan.
Hmm Windows 11 belum diaktivasi :

Untuk kamu yang belum mengaktivasi Windows 11, tenang saja. Kini kamu bisa mengaktivasi Windows 11 dengan menggunakan activator Windows 11.


2. Dengan Shift + Tombol Restart

Kamu juga bisa akses safe mode dengan bantuan tombol Shift + restart :

  1. Hidupkan PC terlebih dahulu.
  2. Tekan tombol Start, pencet icon Power dan siap-sap tap Restart. Sebelumnya kamu tahan dulu tombol Shift, lalu dibarengi dengan restart.Tap Shift Plus Restart
  3. Tunggu sistem melakukan booting, dan sampai di tampilan BIOS.
  4. Nah disini kurang lebih sama seperti diatas, pertama masuk ke menu Troubleshoot.Pencet Tombol Troubleshoot
  5. Lalu klik menu selanjutnya Advanced Option.Klik Tombol Advance Options
  6. Pada tampilan berikutnya pengguna dapat klik Startup Settings.Pilih Startup Settings
  7. Telah disediakan kotak Restart, langsung saja tap tombol tersebut.Klik Restart
  8. Disini akan muncul beberapa pilihan, pilih antara nomor 4 sampai 6 menggunakan kunci F, jika ingin masuk ke safe mode biasa, bisa pencet F4.
  9. Tunggu sampai sistem membawa masuk ke Safe Mode.
  10. Selesai.

3. Dengan Menekan F8 Saat Booting

Safe mode sudah bisa kamu aplikasi diawal ketika perangkat mulai dihidupkan, saat sistem proses melakukan booting silahkan tap tombol f8 beberapa kali.

  1. Hidupkan PC atau laptop.
  2. Ketika proses booting, kamu sambil ketuk tombol F8 beberapa kali.
  3. Jika berhasil tampilan akan masuk ke dalam BIOS.
  4. Teknis-nya hampir sama, pertama kamu klik tombol Troubleshoot.
  5. Arahkan ke menu Advanced Option.
  6. Lalu klik tombol Startup Setting.
  7. Nantinya akan keluar kotak kecil bertuliskan Restart, klik saja tombol tersebut.
  8. Disini bakal muncul beberapa pilihan menu, untuk mode safe mode ada di nomor 4 hingga 6, pilih dengan navigasi F seperti contoh f4 untuk Safe Mode biasa.
  9. Tunggu sampai sistem memasukkan ke Safe Mode.
  10. Selesai.

Di beberapa device terkadang tidak bisa berjalan secara efektif, jika opsi ketiga ini gagal silahkan pakai dua metode diatas. 


Informasi Tambahan ;

Kamu bisa mengubah tampilan menu start Windows 11 menjadi seperti Windows 10, cara itu bisa kamu terapkan lewat informasi di artikel berikut (Cara Mengembalikan Start Menu Klasik Dan Live Tiles Windows 11).


Tanya Jawab


Akhir Kata

Itulah beberapa cara dan metode untuk masuk ke dalam safe mode milik Windows 11. Mode ini dapat digunakan untuk uninstall driver yang tidak cocok dengan hardware. Dimana biasanya, ketika kita install driver yang tidak cocok maka akan menyebabkan BSOD.

Semoga tutorial di atas dapat bermanfaat dan sampai jumpa di tips dan trik seputar Windows 11 selanjutnya. Terima kasih ~

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.