Aplikasi WPS Office Beserta Fungsi dan Kelebihannya

Fungsi WPS Office

Apakah kalian sudah tahu mengenai aplikasi yangbernama WPS Office? Aplikasi ini dapat berfungsi untuk membaca dan membuat dokumen seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint.

Selain digunnakan untuk membaca dan membuat file-file dokumen. Aplikasi ini juga dapat kamu gunakan untuk membaca file PDF (Portable Document Format).

Aplikasi ini dapat menjadi salah satu aplikasi pembaca file PDF di HP Android . Karena kita tahu, bahwa sistem operasi Android belum memiliki aplikasi bawaan untuk membuka file PDF.

WPS Office sebenarnya memiliki banyak versi, seperti WPS Writer, WPS Spreadsheet, dan WPS Presentation.

Kita bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di Google Playstore. Akan tetapi, untuk versi trial hanya dapat digunakan dalam 30 hari. Setelah masa trial habis, maka seluruh dokumen yang dibuat dan diedit menggunakan aplikasi ini akan muncul watermark (tanda air).

WPS Office dapat kamu upradge ke versi Premium, Bisnis, atau Profesional. Dimana pengguna dapat lebih leluasa dalam menggunakan fitur-fitur yang dimiliki WPS Office.

Aplikasi WPS Office

WPS Office Writter

Aplikasi WPS Office memiliki fungsi yang sangat beragam. Aplikasi ini akan sangat bermanfaat untuk pelajar, mahasiswa, atau pegawai kantoran.

Dengan aplikasi ini kita dapat membuat dokumen, laporan keuangan, maupun presentasi. Aplikasi ini juga dinilai lebih praktis, sehingga perintah kerja dapat dengan cepat terselesaikan dimanapun dan kapanpun tanpa harus membuka komputer atau laptop terlebih dahulu (karena WPS Office tersedia untuk Android ataupun iOS).

WPS Office dibuat oleh WPS SOFTWARE PTE. LTD. yang berkantor di Singapura dengan memiliki kurang lebih 2000 pegawai (informasi diambil dari situs resminya).

Lalu aplikasi WPS Office telah didukung untuk membaca berbagai format dokumen seperti : doc, docx, wpt, dotm, docm, dot, dotx / xls, xlsx, PDF, ppt, pot, dps, dpt, pptx, potx, pps, lrc, cpp, asm, java, asp, bat, dan lainnya.

Yang membuat WPS Office ini makin praktis lagi adalah aplikasi ini memiliki fitur yang dapat terhubung langsung dengan printer secara nirkabel. Sehingga memudahkan pengguna melakukan pencetakan dari jarak jauh, asal kedua belah perangkat terhubung dalam satu koneksi.

Dan untuk penyimpanan file, kamu tidak perlu khawatir dengan dokumen-dokumen yang akan memenuhi memori internal kamu. Aplikasi ini sudah didesain untuk melakukan sinkronasi dengan akun Google Drive kalian.

Sehingga membuat para pengguna dapat menyimpan file ke dalam akun Google Drive milik mereka. Gimana keren bukan?

Lalu bagaimana dengan ukuran file aplikasi WPS Office? Apakah akan membuat penuh HP kita?

WPS Office hanya membutuhkan ruang memori ± 350 MB saja. Hal ini sangat berbeda jauh jika kamu menginstall aplikasi dari Microsoft Office untuk versi mobile hany bisa mencapai sampai 3GB.

Apakah aplikasi WPS Office mudah untuk digunakan?

Tenang saja, WPS Office memiliki User Interface dan User Experience yang hampir mirip-mirip dengan Microsoft Office milik Microsoft. Dan untuk tombol-tombol navigasi juga memiliki letak-letak yang hampir mirip.

Tutorial Word:

Ingin memindahkan data dari Excel ke Word? Ikuti langkah-langkah memindahkan data Excel ke Word secara lengkap.


Perbandingan Dengan Microsoft Office

WPS Office Spreadsheed

Mempunyai fitur-fitur yang hampir sama dengan Microsoft Office, apa saja perbandingan antara WPS Office dengan Microsoft Office? Berikut adalah perbedaan dari 2 aplikasi tersebut yang berhasil Tim Kompiwin rangkum.

  1. Memiliki ukuran yang sangat kecil, sehingga sistem dapat berjalan ringan.
  2. Proses startup ketika membuka aplikasi dinilai lebih cepat dibanding Microsoft Office.
  3. Mempunyai User Interface yang hampir sama dengan Microsoft Office.
  4. Mempunyai template beragam sama seperti Office.
  5. Penyimpanan WPS Writer dapat tersimpan dalam format docx.  
  6. Tersedia penggunaan bahasa, atau spell check mirip Office Family.
  7. Terdapat fitur Import PDF to Word atau Picture to Text.
  8. Penyimpanan WPS Spreadsheet didukung format xlsx.
  9. Penyimpanan WPS Presentation didukung dalam format pptx.
  10. Memiliki jendela slide show.

Keunggulan WPS Office

WPS OFfice Persentation

Setelah berbicara tentang fungsi WPS Office diatas, selanjutnya kita bahas tentang keunggulan aplikasi ini agar kalian bisa dengan mudah membandingkan aplikasi ini dengan aplikasi yang lain.

  1. Mempunyai tampilan navigasi scroll gulir ke bawah atau dapat diubah menjadi mode baca yang pengguna bisa arahkan seperti flip membalik ketika membaca buku.
  2. Aplikasi ini dinilai ringan, sehingga gak perlu khawatir soal sistem yang lambat.
  3. Banyak sekali fungsi tombol yang mirip dengan Microsoft Office.
  4. Tersedia fasilitas convert file.
  5. Ada banyak jenis font yang sesuai selera pengguna.
  6. Terkadang fitur bullet and numbering sering jadi permasalahan dalam membuat daftar list.
  7. Tidak terlalu memakan kinerja CPU dan RAM.
  8. Proses startup aplikasi atau reader file dinilai lebih cepat.
  9. Dapat terhubung dengan cloud.
Tutorial Word:

Ingin membuat pangkat dalam dokumen Word? Ikuti langkah-langkah cara membuat pangkat di Word secara lengkap dan mudah.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah ulasan kita mengenai WPS Office beserta fungsi dan perbedaannya dengan Microsoft Office.

Silahkan ketahui secara lebih lengkap mengenai aplikasi ini agar dapat lebih mudah dalam penggunaan aplikasi WPS Office. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di konten artikel selanjutnya.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.