6 Aplikasi Pembaca PDF Android Terbaik

Tips, 7 Cara Mempercepat Kinerja Windows 11 (100% Berhasil) 7
Aplikasi Pembaca PDF Android

Keberadaan smartphone telah sukses mengubah pola kegiatan manusia. Fungsi dari perangkat ini adalah membuat praktis aktivitas baik seperti kebutuhan komunikasi, pendidikan, pekerjaan, bahkan kebutuhan sehari hari cukup dengan satu genggaman saja.

Kini ponsel dapat menerima respon seperti membuka file dalam bentuk format dokumen, entah itu Microsoft Word maupun PDF. Bahkan kalian juga bisa menggunakan Android sebagai media perancangan tugas dokumen jauh lebih simpel.

Tentu dengan satu syarat, Android baru dapat merespon perintah dalam pembuatan dokumen dengan bantuan perantara aplikasi. Alat inilah yang menjadi perantara sistem perangkat Android dengan file sebagai bentuk akses.

Dibawah akan kami sediakan beberapa aplikasi pembaca PDF untuk HP Android terbaik, buat yang berkebutuhan seperti mengulas isi file, mengedit format file, atau bahkan membuat file PDF jadi lebih mudah.

Kalian gak perlu khawatir, hampir semua jenis Android sudah support dengan aplikasi reader PDF ini. Sehingga tanpa pengecualian, mereka dapat dengan instan memonitor semua bentuk dokumen dalam HP.

Aplikasi Pembaca PDF Android

Terkadang beberapa seri HP telah dilengkapi dengan PDF reader. Tetapi tidak sedikit juga yang masih belum tersedia layanan aplikasi PDF untuk membaca isi dokumen tersebut.

Nah, buat pengguna yang sedang mencari aplikasi pembaca PDF di HP Android, silahkan ikuti penjelasannya secara lengkap di bawah ini dan pilih salah satu list dari poin rekomendasi dari Tim Kompiwin berikut.

1. Adobe Acrobat Reader

Aplikasi Adobe Reader
Adobe Acrobat Reader: Edit PDF
Adobe Acrobat Reader: Edit PDF
Developer: Adobe
Price: Free

Adobe merupakan developer yang bertanggung jawab atas kepemilikan format PDF terhadap mode penyimpanan file.

Adobe Acrobat Reader selain tersedia untuk versi PC, kalian juga dapat dengan mudah mendapatkan aplikasi ini di layanan Play Store.

Ketika kalian memasang aplikasi Adobe Acrobat Reader ini, kalian nanti akan diberikan pilihan antara versi standar atau versi premium alias berbayar.

Namun pada versi standar, pengguna sudah terfasilitasi seperti media reader, layanan eksport dokumen, membuat format file lain, dan dukungan cloud.


2. Word

Aplikasi Word HP

Hampir semua orang kenal dengan aplikasi Microsoft Word. Produk ini sering terpasang di dalam sistem komputer karena basis pengembangan awalnya memang bermula untuk versi PC.

Setelah banyaknya permintaan, Microsoft Office akhirnya expand menjadi bentuk aplikasi Android.

Disini kalian akan mendapatkan fasilitas seperti membuat dokumen, membaca dokumen termasuk format file PDF, dan hampir mirip seperti fungsi Word pada PC.


3. WPS Office

Install Aplkasi WPS Office

Aplikasi pembaca PDF Android yang berikutnya ada WPS Office. Aplikasi berikut hampir sama dengan Microsoft Office.

Jika kalian install versi PC akan tersedia 3 paket yakni WPS Writer, WPS Spreadsheet, dan WPS Presentation.

Versi praktis telah hadir untuk sistem Android, kalian bisa download dan install aplikasi berikut lengkap dengan fungsi aslinya yakni sebagai maker, reader, dan planner jenis dokumen apapun.

Kami sudah pernah membuat ulasan mengenai aplikasi WPS Office beserta kelebihan dan fungsinya di konten artikel ini.


4. XODO PDF Reader

Install Aplikasi Xodo PDF

Daftar selanjutnya ada aplikasi bernama XODO PDF Reader. Aplikasi ini selain dapat membaca dokumen dalam format PDF, juga dapat menjadi annotator/editor. Di dalam aplikasi telah lengkap tersedia tools yang mirip dengan Microsoft Word.

Keunggulannya adalah kalian dapat sinkronisasi dengan akun Google Drive. Sehingga penyimpanan file dalam memori ponsel dapat terbantu tanpa khawatir penuh. Selain PDF, sistem telah didukung dengan reader file Word, PowerPoint, dan Excel.


5. Foxit Mobile PDF

Install Aplikasi Foxit
Foxit PDF Editor
Foxit PDF Editor
Developer: Foxit Software Inc.
Price: Free

Foxit PDF Editor merupakan salah satu PDF Reader gratis terbaik yang didalamnya tersedia banyak fasilitas dan kemampuan mengolah dokumen.

Didalam Foxit, menyediakan fitur seperti bookmark dan anotasi, sehingga memudahkan pengguna dalam mengarsip dokumen penting agar mudah untuk dicari kembali.

Sama seperti yang lain, Foxit mampu dalam mengedit dokumen, membuat dokumen, pengolah gambar, dan editing teks lainnya.


6. Cam Scanner

Install Aplikasi Cam Scanner

Terakhir aplikasi pembaca PDF Android terbaik yaitu CamScanner. Aplikasi berikut dapat dibilang multifungsi, karena selain dapat membaca format file PDF, kalian juga bisa memanfaatkannya sebagai alat scan.

Sehingga kamu bisa mengubah buku fisik menjadi sebuah softfile.Kemampuan lainnya seperti proses import dan eksport dokumen yang sangat mudah.

Untuk mendapatkan aplikasi CamScanner bisa langsung diakses melalui Playstore secara gratis. Silahkan kamu pasang di dalam HP masing-masing.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah pembahasan kita mengenai aplikasi pembaca PDF Android. Silahkan pilih salah satu rekomendasi dari aplikasi terbaik diatas, karena semua yang Tim Kompiwin rekomendasikan merupakan aplikasi yang laris digunakan. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.