Cara Memindahkan Excel Ke Word

Cara Memindahkan Excel Ke Word 7
Cara Memindahkan Excel Ke Word

Sama-sama produk dari Microsoft Office, bagaimana cara memindahkan Excel ke Word? apakah bisa melakukan tugas dan fungsi yang kita perintahkan tersebut?

Jawabannya tentu sangat bisa, bahkan banyak juga yang sengaja menggunakan metode seperti ini untuk membuat hasil laporan dokumen mereka jadi terlihat lebih rapi dan dan perfeksionis.

Microsoft Excel memiliki banyak kegunaan, software ini lebih sering dipakai untuk merespon permintaan dokumen dalam hitungan angka.

Disana sudah tersedia banyak rumus dan hitungan otomatis serta fitur lain yang memudahkan setiap pengguna menyusun data seperti statistika.

Namun, orang lebih cari dari fungsi Excel ini adalah dari tabelnya. Merancang data dalam tabel di Excel dapat terbantu dengan mudah sebab tampilan lembar kerja di dalam software tersebut telah dirancang khusus terdiri dari beberapa baris dan kolom.

Berbeda dengan Word, meskipun sudah tersedia fitur bernama Border, tetapi penerapannya masih kadang banyak yang menemui kesulitan. Itulah kenapa banyak yang pakai cara memindahkan Excel ke Word dengan tujuan membuat tabel agar lebih mudah.

Sebenarnya secara teknis memindahkan isi dokumen Excel ke Word itu sama seperti copy paste. Agar hasilnya maksimal alias terlihat rapi, kamu harus ambil beberapa pengaturan supaya hasilnya seperti yang diinginkan.

Cara Memindahkan Excel Ke Word

Umumnya cara memindahkan Excel ke Word ini bisa dilakukan dengan 3 metode cara.

Pertama yaitu memakai fitur Paste Options, kemudian yang kedua bisa pakai Paste Special, dan terakhir menggunakan alat bernama AutoFit.

Langsung saja kita mulai dengan ulasan di bawah ini :

1. Paste Option

Dalam fitur Paste Option, kalian bisa menemukan 6 fungsi yang berbeda-beda. Kita akan berikan penjelasannya di bawah, lalu setelah ini sesuaikan kegunaan yang kamu perlukan.

Pilih Paste Options

  • Keep Source Formatting

Fungsi yang pertama ini adalah paste akan mempertahankan tampilan teks dan tabel persis sesuai apa yang ada di sumber utama penyalinan.

  • User Destination Style

Fungsi yang kedua ini data seperti teks atau tabel yang di paste ke dalam Word akan menyesuaikan style standar yang ada di pengaturan Word. Jadi paste akan menyesuaikan style settingan default di dalam Word.

  • Link & Keep Source Formatting

Meskipun menggunakan istilah Link, namun fungsi yang sebenarnya adalah file data tabel yang telah di paste dalam Word dapat berubah jika data pada file utama excel juga dirubah. Tetapi style format tulisan dan tabel sama persis dengan sumber aslinya.

  • Link & User Destination Style

Penjelasan hampir sama seperti diatas, teks atau tabel yang di paste akan secara otomatis berubah jika file sumber utama juga ikut diubah. Namun style serta tampilannya mengikuti settingan dalam Word.

  • Picture

Ketika kamu menggunakan fitur copy pada tabel, maka hasil paste yang bakal muncul di Word secara otomatis terkonversi menjadi gambar.

  • Keep Text Only

Sesuai dengan namanya, fungsi copy yang terakhir ini adalah opsi untuk paste table Excel hanya berupa teks saja.

Pertama kamu buka file Excel, kemudian Copy isi yang ada disana, masuk ke Word lalu klik Kanan dan arahkan ke menu Paste Options.

Disana akan tersedia pilihan yang sudah kita sebut diatas, tergantung kebutuhan dan kegunaanmu.

2. Paste Special

Cara memindahkan Excel ke Word selanjutnya bisa dengan opsi Paste Special. Fitur ini jauh lebih singkat dan tidak ada pilihan dibanding Paste Options yang pertama.

Hasil file paste akan sama persis dengan aslinya, serta pengguna bisa mengedit langsung lewat Word sesuai style dan kebutuhan masing-masing.

  1. Masuk ke file Excel.
  2. Seleksi tabel atau data yang ingin dipindahkan, kemudian Copy.Silahkan Copy Data Excel
  3. Buka Office Word.
  4. Pada bagian menu Home, sudah tersedia tombol dropdown Paste, klik icon panah yang mengarah ke bawah tersebut.Tap Tombol Paste Yang Ada Di Menu Home
  5. Kemudian tap tombol Paste Special.Klik Paste Special
  6. Pilih HTML Format dan klik OK.Pilih HTML Format Dan OK
  7. Selamat mencoba.
Mau ambil data dari kolom yang lain ketika dari record sama ? Ikuti tutorial selengkapnya di artikel ini.

3. AutoFit

Sebenarnya metode yang terakhir ini adalah untuk merapikan hasil paste biasa atau bahkan mengacu dari metode cara pertama diatas.

Gunanya adalah, jika tabel memiliki ukuran terlalu besar atau lebar, dengan mengaktifkan fitur AutoFit maka hasilnya akan lebih rapi.

  1. Silahkan lihat hasil paste tabel yang melebihi ukuran, misalnya terlalu lebar atau kurang praktis. Silahkan kamu blok semua tabel tersebut.Silahkan Blok Tabel Yang Ada Di Word
  2. Klik kanan tabelnya.
  3. Lalu pilih AutoFit.Klik Autofit Dan Pilih Salah Satu
  4. Disana disediakan 3 pilihan, silahkan atur sesuai fungsinya.Hasil Autofit
  5. Selamat mencoba.
Gimana cara membuat link di Excel ? Begini panduan cara membuat hyperlink di Excel dengan mudah.

Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah cara memindahkan Excel ke Word, silahkan ikuti cara diatas agar hasil laporan data yang kamu buat jadi terlihat lebih rapi. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.