Cara Membuat Hyperlink Di Excel

Cara Membuat Hyperlink Di Excel 1
Cara Membuat Hyperlink Di Excel

Dalam memodifikasi isi tampilan atau fungsi data memang berbagai macam caranya. Bisa itu menambahkan shape seperti bentuk-bentuk tertentu, memasukkan grafik, menghias dengan bingkai margin dan yang terakhir bisa menambahkan fungsi seperti hyperlink.

Bagi sebagian orang tentu pasti sudah tahu fungsi hyperlink ini. Mereka sangat akrab dengan nama hyperlink dari sebutan yang sering dilontarkan dalam dunia internet. Biasanya fungsi hyperlink tidak jauh dari yang namanya alamat website atau email.

Namun, ternyata istilah hyperlink tidak hanya berlaku untuk dunia internet saja, fungsi ini juga dapat kamu sematkan ke dalam lembar kerja Excel.

Cara membuat hyperlink di Excel terkadang memang sangat penting untuk kamu ketahui, karena dengan memberikan fungsi ini dapat memudahkan jangkauan akses dengan cepat entah itu masuk ke dalam alamat cell, file, alamat website atau email.

Hyperlink dalam Excel juga bisa digunakan untuk navigasi agar lebih mudah dalam menjangkau sebuah data.

Namun, sebelum membuat hyperlink ini, kamu perlu memperhatikan jumlah sheetnya, karena dengan ini fungsi hyperlink akan lebih berguna atau efektif diaplikasikan ke dalam Excel yang memiliki sheet dalam jumlah besar.

Bisa dibilang hyperlink dapat menjadi pengganti tombol sheet agar lebih mudah menjangkau informasi data yang melompat dari sheet satu ke yang lainnya.

Sebelum kita masuk ke cara membuat hyperlink di Excel, ketahuilah ada beberapa jenis fungsi yang bisa kamu manfaatkan sesuai tipe dan ruang lingkupnya. Berikut beberapa jenis hyperlink di Excel :

1. Existing file or Web Page

Hyperlink ini bisa kamu gunakan untuk mengakses suatu file di dalam hardisk atau website dengan menuliskan alamat link pada kotak kolom address. Jadi kamu bisa mengutip jurnal atau artikel untuk mengisi dokumen kamu agar terkemas lebih informatif dan simpel.

2. Place in this Document

Kemudian jenis hyperlink ini cocok digunakan untuk membuat akses cepat ke dalam sebuah workbook, sehingga kamu bisa melakukan navigasi ke dalam sheet satu melompat ke sheet lainnya.

3. Create Document

Hyperlink ini cocok digunakan untuk membuat suatu file excel baru, dan kamu bisa mengisi nama yang akan dimasukkan ke dalam hyperlink dokumen baru tersebut. Dan Excel telah menyediakan pilihan kapan untuk mengedit dokumen tersebut.

4. Email Address

Sesuai dengan namanya, hyperlink berikut memiliki fungsi untuk menghubungkan ke dalam alamat email. Silahkan masukkan alamat email di kolom yang sudah disediakan.

Mau menghitung berapa umur data pegawai ? Ikuti tutorial cara menghitung umur di Excel.

Membuat hyperlink di Excel ini sangat bermanfaat ketika jenis dokumen yang kamu buat itu terdiri dari beberapa baris sheet. Biasanya jenis file seperti ini sering digunakan dalam membuat file laporan.

Untuk memudahkan akses, silahkan buat hyperlink seperti dibawah ini :

  1. Buka file Excel, pastikan kamu sudah menyiapkan isi file tersebut, dan sebisa mungkin jenis file yang akan di hyperlink memiliki jumlah sheet banyak, karena akan lebih efektif.
  2. Kemudian masuk ke dalam sheet yang salah satu cell ingin kamu buatkan link. Misalnya Sheet 2 cell B8.Klik Sel Yang Akan Dibikin Hyperlink
  3. Lalu klik tombol Insert dan tekan fitur Hyperlink.Klik Satu Sel, Masuk Ke Insert dan Tekan Hyperlink
  4. Setelah jendela hyperlink muncul, kamu bisa pilih Place in This Document.Klik Tab Place In Tab Document, Lalu Klik Sheet
  5. Pilih salah satu sheet yang ingin dijadikan navigasi, terakhir tekan Ok.
  6. Tulisan secara otomatis akan berubah warna dan muncul garis bawah.Hasil Tampilan Teks Hyperlink

Jika kamu ingin lebih spesifik membuat hyperlink langsung menuju ke target, seperti contoh Sheet 1 di kolom D4, silahkan atur terlebih dahulu Define Name cell yang akan dituju.

  1. Pilih salah satu cell yang akan dituju oleh hyperlink.
  2. Klik kanan cell tersebut lalu tekan Define Name.Klik Kanan Sel Yang Akan Dituju, Lalu Pilih Define Name
  3. Biarkan settingan masih tetap pada settingan default. Dan terakhir tekan Ok.Biarkan Settingan Default dan Tekan OK
  4. Selanjutnya kamu lakukan proses pembuatan link dengan menekan satu cell yang akan dibuatkan hyperlink.Klik Sel Yang Akan Dibikin Hyperlink
  5. Jika sudah masuk ke menu Insert lalu tekan fitur Hyperlink.Klik Satu Sel, Masuk Ke Insert dan Tekan Hyperlink
  6. Pilih Place in This Document, kemudian pilih submenu Defined Name dan tekan nama yang kamu buat tadi.Pilih Tab Place In Document dan Ketuk Define Name
  7. Terakhir tekan Ok.
Mau menghitung operasi akar menggunakan Excel ? Selengkapnya di cara menghitung akar di Excel.

Akhir Kata

Membuat Hyperlink tidak cukup sampai disitu saja, kamu bisa memilih Existing file or Web untuk memasukkan file dari hardisk dan alamat link di website, kemudian pilih tab Email Address untuk memasukan link email.

Kemudian Create document untuk membuat dokumen baru. Semoga cara membuat hyperlink di Excel kali ini dapat bermanfaat.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *