Cara Mematikan Suara Keyboard Ketika Mengetik di iPhone

Apple merilis iPhone dengan desain yang autentik. Keyboard layar sentuh pada iPhone juga tampil sederhana, telah mengubah industri smartphone dalam sejarah – semua manufaktur ikut menambahkan keyboard layar sentuh pada LED-nya.

Suara pada keyboard iPhone pun ditambahkan. Ketika mengetik, kamu akan mendengar suara “klik” setiap kali sebuah karakter atau tombol keyboard disentuh. Hal ini membuat keyboard iPhone terasa seperti keyboard komputer, karena suaranya.

Tapi bagi sebagian orang, suara “tek-tek-tek” saat mengetik ini sangatlah mengganggu privasi. Suara atau bunyi tersebut membuat orang di sekitar akan mengetahui bahwa kita sedang mengetik di iPhone. Untung saja, iPhone menyajikan cara mudah mematikan suara tersebut ketika mengetik – sehingga privasi terjaga.

#1 Cara Mematikan Suara Ketika Mengetik di iPhone dengan Keyboard Default iPhone

Bagi pengguna iPhone dengan keyboard bawaan, kamu bisa mematikan suara ketika mengetik dengan aplikasi Settings.

Buka Settings. Masuk ke Sounds.

mengetik berbunyi matikan di iphone

Scroll layar ke bawah, hingga menemukan opsi Keyboard click. Lalu matikan dengan menekan tombol tersebut dari On menjadi Off.

mengetik di iphone bersuara

Sekarang, suara klik ketika mengetik di iPhone telah dimatikan.

#2 Cara Mematikan Suara Ketikan dengan Tombol Fisik Silent

iPhone punya tombol fisik di bagian kiri, yang ketika ditarik ke bawah, maka nada dering/tombol/notifikasi akan di-silent, termasuk suara ketikan keyboard. Hal ini sangat berguna jika kamu ingin mematikan suara agar orang-orang di sekitarmu tak terganggu dengan suara iPhone-mu.

iphone silent

Tinggal tarik slider tersebut ke bawah, maka iPhone menjadi silent. Untuk mengaktifkan kembali, tinggal tarik slider ke atas.

#3 Cara Mematikan Suara Ketika Mengetik dengan Swiftkey

Swiftkey Keyboard adalah aplikasi keyboard yang kini diakuisisi oleh Microsoft. Aplikasi ini memiliki fitur yang lebih lengkap dari keyboard default iPhone. Sama seperti keyboard default, aplikasi ini menimbulkan suara ketikan.

Untuk mematikan suara tersebut, buka aplikasi Swiftkey. Masuk ke Settings.

swiftkey mematikan suara ketikan

Pada Key Click Sounds, ganti opsi menjadi Off.

ketikan

Maka Swiftkey tak akan lagi membuat keyboard berbunyi ketika kamu mengetik di iPhone.


Itulah cara mematikan suara ketika mengetik di iPhone. Suara ketikan, apabila berada di tempat yang diharuskan sunyi seperti perpustakaan, akan mengganggu orang-orang di sekitarnya. Mematikan suara tersebut adalah solusi yang tepat.

You May Also Like

7 Perbedaan iPhone X, iPhone XS, iPhone XR, iPhone XS Max

5 Cara Mengatasi CPU Usage 100% yang Bikin Laptop Panas

Cara CEPAT Menambah Follower di Instagram Tanpa Beli (Gratis 100%)

7 Kelebihan & Perbedaan iPhone 8 dengan iPhone 8 Plus

Leave a Reply

avatar
180
  Subscribe  
Notify of