Masih Hangat
memuat ...

Rabu, 17 Oktober 2018

Share:

11 Cara Hemat Baterai iPhone yang Boros/Cepat Habis

cara hemat baterai iphone

Baterai iPhone boros dan cepat habis?

Pengguna yang baru membeli atau menggunakan iPhone untuk pertama kalinya, mungkin menyadari sebagian keganjilan yang terjadi pada iPhone-nya. Salah satunya adalah baterai cepat habis, atau boros.

Untuk menghemat baterai iPhone agar dapat digunakan lebih lama, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya mati sendiri karena baterai yang mudah habis di luar tebakan. Apalagi jika iPhone digunakan untuk bermain game berat seperti PUBG atau streaming video HD di YouTube.

Tutorial ini berlaku untuk pengguna: iPhone, iPhone 3G, iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 5C, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone SE, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus.

Cara Menghemat Baterai di iPhone

#1 Matikan Background Refresh dari Aplikasi yang Jarang Dibuka

Dari banyaknya aplikasi yang ter-install di smartphone, hanya sedikit yang sering kita gunakan, dan lebih banyak aplikasi iPhone yang jarang kita gunakan.

Buruknya, aplikasi iPhone yang tak digunakan ini juga secara otomatis me-refresh dirinya di background, sehingga akan membuat baterai iPhone menjadi boros.

Untuk menghemat baterai dengan mematikan background refresh, buka Settings.

cara membuat hp iphone awet baterai

Masuk ke General

baterai tahan lama

Lalu masuk ke Background App Refresh

Di sini, pilih aplikasi mana yang hendak diaktifkan/dimatikan background app refresh-nya. Pilih aplikasi yang tidak begitu sering digunakan, karena background app refresh berfungsi mengirimu notifikasi dan download/upload otomatis.

Atau, demi benar-benar membuat baterai iPhone lebih awet, kamu bisa mematikan sekalian Background App Refresh untuk semua aplikasi.

#2 Matikan Notifikasi

Dari seluruh aplikasi iPhone yang ter-install, tak semua notifikasinya kamu baca. Maka, mematikan notifikasi demi menghemat baterai iPhone adalah solusi yang tak begitu mengganggu. Semakin sedikit notifikasi yang muncul, semakin kecil pula distraksi ketika menggunakan iPhone.

Untuk mematikan notifikasi iPhone, buka Settings.

Pilih Notifications.

Lalu pilih aplikasi yang hendak dimatikan notifikasinya, misalnya Facebook.

iphone baterai cepat habis

Kamu bisa mengatur tampilan notifikasi iPhone, namun karena Facebook sedikit membuat baterai boros, mungkin lebih baik matikan saja sekalian.

Pilih Allow notifications dari On menjadi Off.

Maka, status pun berubah menjadi Off.

#3 Matikan Wi-Fi atau Data Selular atau Bluetooth jika Tak Perlu

Wi-Fi, data selular, atau bluetooth yang aktif dapat menguras baterai, membuat baterai iPhone terasa lebih boros dari biasanya. Semua smartphone sama – baterai akan lebih cepat habis jika wi-fi, data selular, atau bluetooth aktif.

Maka, jika sedang tidak menggunakan salah satu atau ketiganya, lebih baik matikan saja.

Untuk mematikan Wi-Fi, data selular, atau bluetooth di iPhone, kamu bisa swipe layar dari sisi bawah ke atas untuk menampilkan Control Center. Control Center adalah tempat di mana shortcut fungsi utama iPhone dapat kamu akses lebih cepat, termasuk Wi-Fi, data selular, atau bluetooth.

Untuk mengatur ketiga hal itu, tekan-tahan pada kotak yang berisi simbol Wi-Fi, Airplane Mode, Bluetooth, dan Cellular Data. Lalu pilih mana yang hendak dimatikan jika memang sedang tidak digunakan.

#4 Mengaktifkan Rotation Lock

iPhone memiliki gyroscope, yang berfungsi mendeteksi rotasi iPhone. Fungsi ini sangatlah berguna meski menguras sedikit baterai, sehingga membuatnya lebih boros. Jika memang baterai iPhone tersisa 10% namun tak ada charger atau kontak listrik yang tersedia, maka mengunci rotasi adalah solusinya.

Untuk mengunci rotasi iPhone, buka Control Center dengan swipe sisi bawah iPhone ke atas. Lalu pilih tombol dengan simbol seperti gambar di bawah:

aplikasi iphone

#5 Mengecilkan Kecerahan Layar iPhone

Jika baterai iPhone benar-benar tersisa sedikit sekali, maka tak ada cara lain dengan mengurangi kecerahan layar iPhone. Hal ini akan sangat menghemat baterai iPhone.

Untuk mengurangi kecerahan layar iPhone, buka Control Center dengan swipe dari sisi bawah iPhone ke atas.

Lalu pada tombol seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah, tarik dari atas ke bawah untuk mengurangi kecerahan layar iPhone.

Dengan begini, baterai iPhone pun menjadi lebih hemat.

#6 Mematikan Parallax Effect

Parallax Effect adalah efek layar Home yang dapat bergerak sesuai posisi rotasi iPhone. Efek ini mungkin membuat iPhone tampak lebih kece, namun jelas membuat baterai iPhone menjadi lebih boros.

Untuk mematikan efek ini, buka Settings > General.

Pilih Accessibility.

Pada Reduce motions, pilih dari Off menjadi On.

Maka, efek tersebut pun sudah dimatikan.

efek visual iphone

#7 Paksa Keluarkan Aplikasi pada App Switcher

Cara ini jelas membuat baterai iPhone lebih tahan lama dengan memaksa keluar aplikasi yang tidak digunakan. Aplikasi-aplikasi ini berada di App Switcher untuk membantumu mengaksesnya dengan lebih mudah, namun kamu bisa mengeluarkannya jika memang tidak digunakan.

Buka App Switcher dengan menekan dua kali tombol Home. Untuk pengguna iPhone X, swipe ke atas dari bawah hingga ke tengah layar dan tahan sebentar hingga muncul App Switcher.

Geser kiri-kanan untuk memilih aplikasi, lalu tarik ke atas untuk mengeluarkannya.

#8 Matikan GPS

Mematikan GPS juga tentu dapat membuat baterai iPhone tahan lebih lama.

Untuk mematikan GPS, buka Settings > Privacy > Location Services.

Di sini, kamu bisa memilih aplikasi mana yang diizinkan untuk memakai GPS. Atau, demi membuat baterai iPhone tahan lebih lama, kamu bisa mematikan GPS untuk semua aplikasi.

Pilih Location Services, dan pilih dari On menjadi Off untuk mematikan GPS secara total untuk semua aplikasi.

gps iphone

Atau, pilih aplikasi tertentu dan sesuaikan pemakaian GPS berdasarkan kebutuhanmu.

#9 Mengecek Update

ios 12

iOS selalu mendapat updates, dan yang terbaru (sejak artikel ini ditulis) adalah iOS 12.0.1. Secara personal, iOS 12.0.1 terasa lebih smooth dan baterai lebih awet di iPhone 6. Meski tak semua pengguna mendapat updates dengan efek yang sama setelah update, meng-update iOS untuk meningkatkan kinerja iPhone khususnya baterai sangatlah disarankan.

#10 Mengaktifkan Low Power Mode

IOS sudah memiliki fitur penghemat baterai sendiri, tanpa menonaktifkan fitur-fitur iPhone yang sering digunakan. Dengan mengaktifkan Low Power Mode, iPhone akan mematikan mail fetch, Hey Siri, background app refresh, download otomatis, dan sejumlah efek visual.

Untuk mengaktifkan Low Power Mode untuk membuat baterai iPhone menjadi lebih awet, swipe dari sisi bawah iPhone ke atas. Pilih tombol seperti yang terdapat pada gambar di bawah ini:

Dengan begitu, iPhone akan bekerja lebih ringan dan tak begitu memakan banyak baterai, sehingga menjadi lebih hemat.

#11 Baterai iPhone Masih Boros? Mungkin Perlu Ganti Baterai yang Baru

Sebagian pengguna mengalami baterai boros meski sudah melakukan sejumlah trik di atas. Hal ini memiliki banyak faktor, dan salah satunya adalah baterai iPhone yang rusak.

Kalau sudah begini, maka tak ada cara lain selain mengganti baterai iPhone. Biaya pun beragam, bisa mencapai satu jutaan. Tapi biaya tersebut tak begitu memberatkan bagi pengguna yang mampu membeli iPhone yang harganya jauh lebih mahal dari smartphone kebanyakan.


Itulah cara menghemat baterai iPhone yang boros. Sejumlah trik dapat dilakukan untuk membuat baterai iPhone jadi lebih awet dan tahan lama. Tapi jika masih boros, meski sudah melakukan tips di atas, alangkah baiknya kamu mengecek kesehatan baterai iPhone-mu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

*Any comment that's containing live link will be deleted. So, be wise and have a nice discussion!