Masih Hangat
memuat ...

Kamis, 27 Juli 2017

Share:

Cara Screenshot Halaman Web Full Page di PC/Laptop pada Semua Browser

cara mengambil screenshot halaman web full

Mengambil screenshot adalah sesuatu yang sudah biasa dilakukan bagi seorang yang bekerja di depan PC/laptop. Terlebih jika yang diambil adalah screenshot halaman web, yang biasa dilakukan oleh para desainer web.

Screenshot adalah gambar tangkapan layar (yang dalam hal ini) dari suatu website. Jika bagi seorang blogger teknologi mengambil screenshot layar PC/laptop atau komputer, seorang desainer web akan membuat screenshot dari seluruh halaman website hasil karyanya.

Baca Juga: Cara Mengambil Screenshot di Android

Bagi para desainer web, kabar baiknya kamu bisa mengambil screenshot website dengan cara yang sangat mudah dan cepat. Membuat screenshot dari satu halaman web bukanlah sebuah hal yang sulit dilakukan bagi seorang desainer, terlebih karena memang kamu memerlukannya.

Tapi, bagaimana caranya mengambil screenshot halaman website, secara keseluruhan dalam satu halaman, dan memanjang ke bawah secara vertikal?

cara mengambil screenshot halaman web full

Di atas hanyalah contoh dari screenshot website yang diambil seluruhnya. Kamu juga bisa membuat screenshot dari satu halaman web dengan mudah.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat screenshot website: 1) menggunakan aplikasi/software screenshot; 2) menggunakan plugin, ekstensi, atau add-on browser; 3) mengambil screenshot website secara online.

#1 Cara Ambil Screenshot Website Satu Halaman Full dengan PicPick

PicPick adalah aplikasi screenshot terbaik dengan fitur yang lengkap. Dengan PicPick, kamu bukan hanya bisa mengambil screenshot untuk sebagian layar saja, melainkan pula mengambil screenshot halaman web dengan cara scroll otomatis.

Download PicPick di sini. Disarankan untuk men-download versi portabel saja, agar tak perlu repot-repot install.

Pertama, buka dulu situs web target yang hendak diambil screenshot-nya di browser (Chrome/Firefox/Microsoft Edge/Opera). Tunggu loading website tersebut sampai selesai.

Buka aplikasi PicPick. Atau buka Hidden icons yang berada di Taskbar, dan klik-kanan icon PicPick. Lalu pilih Screen Capture > Scrolling Window.

aplikasi screenshot website

PicPick kemudian akan menampilkan garis kotak merah yang mengelilingi halaman situs web yang akan di-scroll sambil diambil screenshot-nya.

screenshot web page full

Klik langsung, maka PicPick akan melakukan scroll dan membuat screenshot seluruh bagian website dari atas ke bawah.

Biarkan saja dan jangan buka apa-apa lagi ketika PicPick melakukan scroll dan membuat screenshot. Tunggu sampai selesai.

Maka, nanti hasilnya akan muncul seperti ini:

contoh screenshot halaman web dari atas ke bawah

PicPick bukan hanya mampu mengambil screenshot satu halaman web secara penuh, melainkan pula mampu mengambil screenshot dari panel atau elemen apa pun yang dapat di-scroll, misalnya dokumen Microsoft Word.

#2 Mengambil Screenshot Website Full dengan Ekstensi/Add-on Browser

ambil screenshot website full dengan ekstensi chrome firefox

Di dunia ini, ada satu ekstensi/add-on/plugin browser bernama Nimbus Screenshot. Nimbus Screenshot mampu mengambil screenshot dengan berbagai jenis, salah satunya screenshot web page secara full.

Download Nimbus Screenshot untuk Chrome/Firefox di sini.

Install sampai selesai.

Untuk mengambil screenshot halaman web dari atas ke bawah, tinggal pilih Entire page.

Menggunakan ekstensi browser akan sangat memudahkan jika kamu hanya melakukan screenshot sesekali dan tak terlalu sering. Nimbus juga dapat merekam layar PC/laptop.

#3 Cara Screenshot Satu Halaman Full Web dengan Situs Online

screenshot webpage full

Ada pula situs online yang dapat mengambil screenshot. Salah satunya adalah Web-capture.net. Screenshot halaman web yang diambil adalah screenshot full web page, dari atas ke bawah.

Cara ini sangatlah mudah dan singkat, serta tanpa perlu men-download aplikasi apa pun.

Tinggal masukkan URL situs, dan klik Capture web page.

Itulah cara mengambil screenshot halaman web secara full, dari atas ke bawah. Pengambilan screenshot website sangatlah diperlukan terutama bagi desainer atau programmer web yang membutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.