Masih Hangat
memuat ...

Minggu, 18 Juni 2017

Share:

5 Aplikasi Terbaik untuk Mengirim File/Data Besar Jarak Jauh dengan Cepat di PC/Smartphone

send anywhere aplikasi untuk mengirim file besar jarak jauh android

Dunia teknologi semakin canggih. Salah satunya dalam komunikasi.

Proses pengiriman data/file kini dilakukan dengan sangat cepat, dengan cara yang sangat mudah. Kamu tinggal menggunakan smartphone Android, iPhone, atau Windows 10 PC untuk mengirim file/data besar ke perangkat lain yang jaraknya sangat jauh.

Ketika hendak mengirim tugas, misalnya dokumen Word atau presentasi PowerPoint, biasanya prosesnya menggunakan email. Tapi, kadang proses pengiriman menggunakan email sangat dibatasi, dan sangat lambat.

Nah, dengan aplikasi ini, kamu bisa mengirim file apa pun ke mana pun dengan perangkat apa pun (Windows 10 PC/laptop, Android, iOS iPhone/iPad, dan macOS).

#1 Send Anywhere (Windows, macOS, WP, Android, iOS)

send anywhere aplikasi untuk mengirim file besar jarak jauh android

Send Anywhere adalah aplikasi terbaik yang mampu mengirim file/data besar jarak jauh. Proses pengiriman dapat dilakukan tanpa melalui cloud. Tapi menumpang melalui layanan dan server Send Anywhere. Jadi, kamu mengirim dan menerima file besar tanpa perlu download maupun upload.

Tak seperti email atau cloud service yang membuat kamu harus daftar (sign up/sign in). Satu-satunya yang kamu perlukan adalah dengan membuat PIN yang kemudian harus dimasukkan oleh si penerima file.

Bagusnya lagi, Send Anywhere menggunakan sertifikat SSL, yang membuat proses pengiriman menjadi lebih aman dan terenkripsi. Kamu nggak perlu takut disadap atau dimata-matai ketika mengirim file besar jarak jauh ke tempat mana pun.

Untuk mendapat aplikasi Send Anywhere, kamu bisa men-download-nya langsung untuk Android, iOS (iPhone/iPad), Windows 7/8/8.1/10, macOS, ekstensi Google Chrome, Amazon Kindle, Linux, dan add-in Microsoft Outlook.

Download Send Anywhere

#2 Sunshine (Aplikasi Media Streamer – Windows, macOS, iPhone, Android)

sushine aplikasi mengirim file besar

Aplikasi Sunshine memiliki keunikan yang tak dimiliki oleh kebanyakan aplikasi lainnya. Sunshine adalah sebuah aplikasi media streamer yang memungkinkan kita untuk melakukan streaming video, musik, foto/gambar, dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Misalnya, file video atau film drama Korea atau anime kamu berada di PC/laptop. Tapi kamu ingin menonton film tersebut di smartphone tanpa perlu copy-paste dan menyimpan file film di smartphone, yang tentunya bisa menghabiskan kapasitas memori atau kartu SD karena file yang besar.

Dengan Sunshine, kamu bisa streaming langsung dari PC ke smartphone dan sebaliknya, atau dari smartphone ke smartphone lainnya. Tanpa repot copy-paste dengan kabel data dan membuat kapasitas kartu memori cepat penuh.

Sebagai fitur tambahan, kamu bisa mengirim file besar dan menerimanya di perangkat lain dengan jarak jauh serta sangat cepat dan mudah. Tanpa download dan upload. Meski pun teman atau guru yang menerima tugas/file kamu letaknya sangat jauh dari rumah.

Kamu juga bisa mem-backup file pribadi kamu dengan aplikasi ini ke PC/laptop.

Kamu bisa men-download aplikasi ini langsung untuk Android, Windows, iPhone, dan macOS.

Download Sunshine

#3 WeTransfer (Berbasis Cloud – Web, Android, macOS, iPhone)

wetransfer mengirim file besar tanpa kuota internet

WeTransfer memiliki perbedaan dengan Sunshine dan Send Anywhere. Sunshine dan Send Anywhere mampu mengirim file besar dengan sangat cepat dan mudah melalui P2P (direct transfer) antar device. WeTransfer, sayangnya, mengirim file melalui sistem cloud.

Memang agak lambat karena menggunakan koneksi internet (dan kuota) secara langsung, dan perlu tindakan upload dan download.

Namun aplikasi ini lebih mudah ketimbang mengirim file melalui email, karena kamu nggak perlu registrasi atau sign up dengan akun. Yang perlu kamu tahu adalah alamat email si penerima.

Sayangnya, aplikasi ini memiliki batasan transfer file hingga 10GB saja.

Download WeTransfer

#4 SHAREit (Windows, macOS, iPhone, Android)

shareit mengirim file besar tanpa kuota data

Siapa yang tak tahu aplikasi ini?

SHAREit adalah aplikasi untuk mengirim dan menerima file besar yang tanpa menghabiskan kuota internet. SHAREit menggunakan hotspot WiFi yang dibuatnya untuk mengirim file dengan sangat cepat. Hingga 10MBps.

Tentu saja, SHAREit tak mampu mengirim file dalam jarak yang jauh. Hanya mampu mengirim file dalam jangkauan hotspot WiFi saja.

Download SHAREit

Baca Juga: Cara Mengirim File dengan SHAREit

#5 SuperBeam (Windows, macOS, iPhone, Android)

superbeam tanpa bluetooth internet mengirim cepat

SuperBeam sama halnya dengan SHAREit. Ia mengirim file besar hanya jangkauan jarak dekat, tak mampu jarak jauh. Hanya dengan hitungan detik, kamu bisa mengirim file dengan size file besar tanpa perlu repot.

Download SuperBeam

Itulah sejumlah aplikasi untuk mengirim file besar dengan cepat. Sebagian aplikasi mampu mengirim dalam jarak jauh. Sebagian bisa menguras habis kuota internet. Sebagian yang lain hanya mampu jarak dekat, dan perlu download untuk menerimanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.