Masih Hangat
memuat ...

Minggu, 26 Maret 2017

Share:

Cara Buat Status Facebook agar Hanya Dibaca Orang Tertentu

status facebook dibaca orang-orang tertentu

Facebook sebagai media sosial terbesar menyajikan segudang fiturnya untuk memudahkan hidup kita semua, khususnya untuk dunia komunikasi dan informasi. Dari Facebook, kita bisa mengobrol dan berbagi apa pun kepada orang lain yang jauh di sana.

Tapi, luasnya fitur Facebook akan sia-sia jika pengguna tak tahu cara menggunakan Facebook secara maksimal. Karena ada banyak fitur Facebook yang mampu membuat informasi, status, cerita, foto, atau hal lainnya tersebar secara maksimal – dan dibaca oleh orang yang tepat.

Facebook punya fitur khusus yakni friend list yang merupakan list-list dari semua teman Facebook kita, yang kita kelompokkan dalam beberapa kategori teman. Misalnya teman sekelas, teman sesekolah, teman sehobi, dan sebagainya.

Dari list ini, kita bisa men-share status atau postingan Facebook kepada orang-orang tertentu, tanpa dapat dibaca oleh orang-orang lainnya, oleh orang-orang dalam kelompok/kategori teman lainnya.

Ini pastinya akan sangat berguna. Tapi, bagaimana cara melakukannya?

#1 Friend Lists di Facebook

Sebelum memposting status Facebook untuk orang-orang tertentu, sobat perlu membuat sebuah friend list yang tak lain adalah sebuah kelompok/kategori teman Facebook. Buka Facebook lewat PC/laptop saja, agar lebih mudah.

Setelah loading Facebook selesai, lihat sidebar sebelah kiri. Sobat akan melihat tulisan “Friend Lists” di sana. Klik tombol itu.

friend lists di facebook

Setelah itu, muncul beberapa friend lists yang sudah dibuat secara default oleh Facebook. Friend lists ini biasanya dibuat berdasarkan kota tempat tinggal atau sekolah atau tempat kerja sobat, juga fanpage yang sobat atur (jika punya).

kategori teman facebook

Selain kota, sekolah, tempat kerja, atau fanpage yang sobat atur, Facebook juga menyajikan tiga friend lists default lain, yakni: Close Friends, Acquaintances, and Restricted.

Close Friends berisi daftar teman dekat sobat, yang jika pemberitahuannya diaktifkan, sobat akan menerima pemberitahuan status Facebook terbaru dari mereka.

[Related Tutorial: Cara Dapatkan Pemberitahuan Status Baru dari Teman Facebook]

Acquaintances berisi daftar teman yang tak terlalu sobat kenal begitu dekat. Jadi, jika sobat memasukkan seorang teman ke list ini, sobat tak akan melihat postingan/status Facebook-nya terlalu sering di news feed (beranda) Facebook.

Restricted berisi daftar teman yang tak akan bisa melihat postingan/status sobat, kecuali jika sobat men-share status tersebut secara publik (bisa dilihat semua orang) atau sobat men-tag mereka di dalam status Facebook sobat.

Semua friend list buatan Facebook tersebut mungkin berguna. Namun jika sobat ingin membuat sebuah friend list atau kategori teman baru, sobat dapat melakukannya dengan sangat-sangat mudah.

#2 Cara Buat Friend List Baru

Friend lists baru dapat kita buat dengan mudah. Masih di Friend Lists, klik tombol “+ Create List”.

Kemudian muncul kotak dialog “Create New List”. Di sana, buatlah nama daftar teman atau kategori teman pada “List name”, dan tulis nama anggota untuk friend list yang ingin sobat buat.

agar status facebook tak dibaca orang lain

Jika sudah, klik Create.

Setelah itu, Facebook akan membawa sobat menuju halaman friend list yang telah sobat buat barusan. Lengkap dengan nama, anggota, dan jumlah anggota friend list, serta postingan/status Facebook mereka terkumpul dalam satu halaman.

cara posting dibaca orang tertentu

Sobat dapat membaca tulisan dari status/postingan mereka di sini. Sekaligus.

Jika sobat membuat list yang anggotanya seorang programer, blogger, youtuber, atau hal-hal spesifik lainnya, yang akan sobat lihat adalah postingan mereka dalam satu topik yang sama – atau setidaknya dari orang dengan profesi yang sama.

Jika dilihat sekilas, sistem friend list di Facebook mirip dengan sistem group di Facebook. Bedanya, anggota di dalam friend list tak tahu bahwa mereka ditambahkan ke dalam list yang sobat buat. Mereka tak sadar bahwa sobat membaca postingan mereka bersamaan dengan postingan teman lain yang profesinya sama.

#3 Cara Buat Postingan/Status untuk Orang Tertentu (dalam Friend List)

Dan, ketika sobat membuat sebuah status/postingan Facebook, sobat dapat memilih salah satu friend list untuk dijadikan target pembaca.

Target pembaca ini adalah orang-orang yang nantinya dapat membaca postingan Facebook yang sobat buat. Orang lain yang tak masuk ke dalam friend list tersebut tak akan bisa melihat apalagi membacanya.

Pada kotak postingan yang hendak dibuat, pilih tombol yang letaknya di sebalah kiri tombol “Post” atau “Kirim”. Lalu pilih “More”, dan pilih lagi “See All”, dan terakhir pilih nama friend list yang ingin dijadikan target pembaca.

status facebook

Tulis postingan atau status Facebook yang ingin dibuat. Lalu klik “Post” untuk mempublikasikan.

facebook dibaca orang lain

Dan, BOOM! Hanya orang-orang tertentulah (dalam friend list) yang hanya dapat membaca, like, dan komentar pada status Facebook yang sobat buat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.