Masih Hangat
memuat ...

Selasa, 17 Januari 2017

Share:

Cara Membuat Guest Account di Windows 10

Windows 10 sebagai sistem operasi komputer yang paling populer, membawa banyak perubahan. Mulai dari fitur dan tampilannya, hingga keamanan dan kinerjanya yang jauh lebih baik. Windows 10 juga memiliki perubahan dalam pengelolaan users.

Guest account di Windows 10 kini agak sulit diakses dan diubah. Guest account adalah user yang khusus bagi tamu atau orang luar yang tak punya akun khusus mereka masing-masing. Jadi, bagi user yang hanya ingin pakai sebentar di PC/laptop yang juga digunakan orang lain, maka guest account adalah solusinya.

Guest account membuat privasi sobat jadi lebih aman. Tamu atau orang asing atau siapa pun yang hendak meminjam PC/laptop sobat, tak perlu ikut-ikutan login/sign in dengan akun personal sobat. Dengan guest account, tamu atau orang luar ini bisa dengan mudah menggunakan PC secara penuh tanpa mampu mengakses hal-hal yang berkaitan dengan akun personal sobat, seperti browsing history, saved password, Cortana, tampilan Windows, dan sebagainya.

Maka, membuat guest account di laptop atau PC yang digunakan banyak user adalah pilihan yang tepat.

Cara Membuat Guest Account di Windows 10

Untuk mulai membuat guest account, kita gunakan CMD alias Command Prompt (Administrator). Untuk membuka CMD, klik-kanan tombol Start dan pilih Command Prompt (Admin).

*Karena admin, sobat tentu perlu sign in ke PC dengan akun Microsoft admin atau akun lokal admin terlebih dahulu.

cara membuat guest account di windows 10

Jika UAC muncul, klik Yes.

cara membuat guest account mudah

Ketika CMD telah terbuka, kita mulai membuat guest account di Windows 10.

Sebagai contoh, saya membuat guest account dengan nama “Siapapun”. Pastikan sobat membuat nama guest account selain nama “Guest”. Jadi, gunakanlah nama-nama yang mudah dan umum, namun jangan “Guest”.

Masukkan kode berikut:

net user Siapapun /add /active:yes

cara bikin guest account di windows 10

Sobat telah berhasil membuat guest account. Namun ini hanya masih soal namanya saja. Karena guest account memang dibatasi aksesnya, maka tampaknya akan lebih baik untuk tidak menggunakan password sama sekali untuk guest account.

Jadi, masukkan kode ini:

net user Siapapun *

cara buat guest account

Sobat kemudian ditanya soal password. Tekan Enter saja. Sobat lalu ditanya kembali soal mengetik ulang password. Maka tekan Enter lagi saja. Tekan Enter tanpa mengetik apa pun, karena guest account lebih baik tanpa password.

Nah, kita masuk ke level selanjutnya. Kini guest account yang sobat buat adalah standart account seperti biasanya. Maka, kita perlu membuatnya jadi lebih terbatas. Membuatnya jadi lebih terbatas agar benar-benar guest account.

Caranya dengan menghapus guest account ini dari users group, lalu memindahkan guest account ini ke grup yang tak lain adalah guest group agar sepenuhnya terbatas.

Jadi, masukkan kode ini untuk menghapus guest account dari users group:

net localgroup users Siapapun /delete

buat guest account mudah cepat

Lalu masukkan kode ini untuk memindahkannya ke guests group:

net localgroup guests Siapapun /add

buat guest account

Tutup CMD. Karena sobat sudah selesai membuat guest account di Windows 10 lewat CMD. Sobat kini sudah bisa login ke guest account yang telah sobat buat.

cara buat guest account

Itulah cara membuat guest account di Windows 10. Guest account di Windows 10 terbilang sangatlah berguna. Berguna ketika ada orang luar yang tiba-tiba minta pinjam laptop atau PC sobat tanpa merasa cemas privasi terganggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.