Masih Hangat
memuat ...

Sabtu, 10 Desember 2016

Share:

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis dan Rapi di Microsoft Word

Daftar isi adalah salah satu hal terpenting dalam makalah, skripsi, atau buku yang sedang dibuat. Daftar isi sangat penting keberadaannya untuk mengetahui secara pasti keberadaan topik di halaman yang jumlahnya sangat-sangat banyak.

Kebanyakan orang akan membuat daftar isi dengan cara manual. Cara manual yang melelahkan. Yang membuat orang mata merah dan pusing kepala. Yang membuat sobat untuk mencari nomor halaman dan mengetiknya di halaman daftar isi yang tidak rapi.

Microsoft Word tentunya punya fitur otomatisnya. Fitur otomatis yang membuat sobat mampu membuat daftar isi secara otomatis tanpa bikin pusing kepala, dan dengan rapi. Cara ini mudah karena hanya memerlukan beberapa klik saja.

RELATED: Cara Membuat Page Number

Lalu bagaimana cara membuat daftar isi?

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word

Membuat Heading

Secara umum, orang akan menggunakan heading sebagai judul dan subjudul dokumen. Heading berguna untuk mengelompokkan beragam topik yang jumlahnya sangat banyak. Heading juga berguna untuk membuat daftar isi secara otomatis di Microsoft Word.

Untuk menggunakan heading, cukup blok suatu teks sebagai judul atau subjudul dengan Heading 1, Heading 2, dan seterusnya. Semakin turun heading, semakin lemah level judul tersebut.

Jika sobat tak suka dengan tampilan dari heading tersebut, tinggal klik-kanan pada Styles, pilih Modify.

Nantinya heading yang sobat terapkan akan menentukan pembuatan daftar isi otomatis.

Membuat Daftar Isi Otomatis

Jika semua bagian makalah, buku, jurnal, atau skripsi telah diketik, maka kini tinggal membuat daftar isi otomatis. Daftar isi otomatis ini mengandung judul dan subjudul yang dibungkus dengan heading yang sudah sobat buat tadi.

Buka tab References. Pilih Table of Contents.

membuat daftar isi otomatis

Di sini terdapat beberapa daftar isi yang bisa sobat pilih. Di antaranya terdapat daftar isi yang otomatis, dan di bawahnya terdapat daftar isi yang manual. Pilih daftar isi yang otomatis saja.

daftar isi

Setelah sobat memilih, daftar isi akan muncul dengan sendirinya, dan menuliskan judul dan subjudul dalam heading secara otomatis. Daftar isi otomatis tersebut juga memuat titik-titik dan nomor halamannya secara akurat.

Daftar isi ini bersifat otomatis, sehingga heading yang sobat edit akan memengaruhi daftar isi otomatis ini, ketika sobat mengklik Update table.

membuat daftar isi

Dan itulah cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.