Masih Hangat
memuat ...

Selasa, 17 Juni 2014

Share:

Cara Mengunduh/Download Aplikasi dari Windows Store di Windows 8.1

windows store di windows 8.1

Windows Store adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengunduh/download aplikasi untuk Windows 8 dan Windows 8.1. Pada Windows 8.1, Windows Store memiliki tampilan baru yang lebih memudahkan pengguna dan terlihat lebih modern. Dengan adanya Windows Store, maka pengguna PC dapat bermain dan bekerja dengan aplikasi yang umumnya hanya digunakan dalam ponsel pintar.

Semua orang di dunia pasti pernah merasa awam, termasuk dalam komputer yang bersistem operasi Windows 8.1 dan aplikasi metro sebagai isinya yang belum lama dirilis. Intinya, masih ada orang yang belum mengetahui cara menggunakan Windows Store di Windows 8.1 untuk mengunduh atau menginstal aplikasi Windows Store yang umumnya digunakan dalam ponsel pintar.

Cara Mengunduh Aplikasi dari Windows Store

Disarankan untuk membaca semua petunjuk dalam artikel ini sampai selesai, baru kemudian menerapkannya.

1. Membuka Windows Store

Pastikan bahwa user yang Anda gunakan ini telah terhubung dengan akun Microsoft. Hubungkan koneksi Internet Anda. Buka Start screen dan buka Windows Store.
membuka windows store

Artikel Terkait: Cara Menghubungkan User Lokal ke Akun Microsoft

Tunggu beberapa detik untuk memuat Windows Store (mungkin perlu beberapa menit, tergantung kecepatan koneksi Internet).

Setelah semua objek tampil, maka saatnya untuk menjelajah dan mencari aplikasi metro yang hendak diunduh. Baca cara mencari aplikasi di Windows Store Windows 8.1 di poin 2 berikut ini.
Perhatian! Petunjuk dan gambar tangkapan layar dalam tutorial Windows 8.1 ini sudah disesuaikan dengan Windows 8.1 Update 1. Pastikan bahwa Windows 8.1 yang digunakan telah diperbarui dengan Update 1 melalui Windows Update. Jika semua petunjuk dan gambar tangkapan layar di sini berbeda dengan Windows Store Anda, maka sesuaikan saja.

2. Mencari Beragam Aplikasi di Windows Store

Dalam berbagai tampilan dan fitur dalam Windows Store, Anda harus mengetahui fungsi dari masing-masing fitur baru. Karena beberapa fitur baru tersebut sangat memudahkan untuk mencari dan menjelajah aplikasi di Windows Store.

2.1. Kategori Aplikasi

Untuk mengetahui cara mencari aplikasi di Windows Store, maka hal utama yang harus diketahui adalah "Categories". Gulir Windows Store ke paling ujung. Ini adalah daftar kategori aplikasi yang beragam jenisnya. Anda dapat memilih salah satu kategori untuk mencari aplikasi. Dalam kategori "Games", di sana terdapat sub-kategori yang berupa kategori dari beragam permainan yang ada, misalnya: "Action" dan "Adventure".
cara download aplikasi metro di windows store

2.2. Tab yang Menampilkan Aplikasi dan/atau Koleksi Terbaru

Kini, pengguna bisa menjelajah aplikasi dengan tab utama. Tab ini sangat berguna jika Anda yang sedang mencari aplikasi populer yang baru diperbarui, aplikasi berkualitas yang baru dirilis, dan koleksi baru. Klik ikon/gambar dari masing-masing tab untuk melihat peringkat, nama, dan gambar dari aplikasi yang hendak diunduh.
cara unduh aplikasi windows store

2.3. Collections

Ini adalah grup suatu koleksi aplikasi yang berisi aplikasi berkualitas dan populer. Windows Store memiliki beberapa koleksi dalam grup "Collections". Masing-masing koleksi memiliki beragam aplikasi yang kebanyakan sejenis atau sama popularitasnya. Pada halaman utama Windows Store, "Collections" terlihat sedikit. Namun jika Anda mengklik "See All" atau mengklik "Collections" (pada menu navigasi, baca poin 2.5), maka kumpulan koleksi terlihat lebih banyak.
windows store

2.4. Top Charts

Ini adalah kumpulan grup yang masing-masing grup mirip dengan grup "Collections". Yang berbeda adalah "Collections" menampilkan kumpulan koleksi aplikasi sedangkan top charts adalah kumpulan grup yang hanya daftar aplikasi yang diurutkan berdasarkan popularitas, kualitas, dan gratis atau berbayar. Salah satu top charts adalah "Top Free". Mirip seperti "Collections", Anda dapat mengklik "See All" pada grup "Picks for you" untuk melihat semua aplikasi yang terdapat dalam grup tersebut. Sedangkan pada grup lain selain "Picks for you", Anda dapat mengklik "Games" atau "Apps" untuk melihat daftar permainan yang terdapat pada grup lain selain "Picks for you" atau melihat daftar aplikasi yang terdapat pada grup lain selain "Picks for you".
top charts windows store

2.5. Menu Navigasi

Menu navigasi pada Windows Store memiliki sub-menu. Menu dan sub-menu dalam Windows Store berupa "Collections" untuk membuka semua koleksi aplikasi; "Categories" untuk membuka kategori; "Top Charts" untuk melihat semua top chart; "Account" yang berupa sub-menu "My Apps" dan "My Account".
menu navigasi windows store

2.6. My Apps

Seperti yang ditulis di poin 2.5, "My Apps" adalah sub-menu dari menu "Account". Ketika Anda mengklik tombol "My Apps", maka Anda akan dialihkan ke daftar aplikasi yang pernah dimiliki. Hal ini sangat berguna untuk melihat daftar aplikasi yang pernah diinstal atau dibeli.

2.7. Mencari Aplikasi Melalui Kotak Pencarian

Kotak pencarian tentu dapat memudahkan pengguna untuk mencari aplikasi. Ketik kata kunci dan tekan tombol "Enter" atau tekan tombol ber-ikon Cari.
kotak pencarian windows store

3. Mengecek Aplikasi yang Hendak Diunduh

Sebelum memulai untuk mengunduh aplikasi, maka yang harus diketahui adalah ukuran aplikasi dan ulasan dari pengguna. Ulasan adalah tanggapan pengguna yang berupa komentar mengenai aplikasi yang dimilikinya. Ulasan dan ukuran aplikasi sangat penting untuk diketahui. Mengetahui ulasan berguna untuk melihat seberapa kualitas dari suatu aplikasi. Sedangkan mengetahui ukuran aplikasi dapat mengira kecepatan unduh/download.

Setelah mencari aplikasi yang hendak diunduh, maka klik aplikasi tersebut. Anda akan dialihkan ke halaman aplikasi yang hendak diunduh. Di sana terdapat ulasan dan ukuran aplikasi, termasuk gambar tangkapan layarnya (screenshot).
instal aplikasi windows store

4. Mengunduh dan Menginstal Aplikasi dari Windows Store

Jika aplikasi yang hendak diunduh itu gratis, maka klik Install untuk memulai mengunduh dan menginstal aplikasi. Jika aplikasi tersebut berbayar, maka klik Buy untuk membeli. Jika aplikasi tersebut "free trial", klik Try untuk mencoba versi trial atau klik Buy untuk langsung membeli. Trial adalah aplikasi yang fiturnya dibatasi dan/atau dengan fitur lengkap namun waktu penggunaan dibatasi (misal: 30 hari). Jika Anda hendak mengunduh aplikasi berbayar dan mengklik Buy, maka sebelumnya pastikan bahwa jumlah uang yang terdapat pada akun Anda cukup. Jika Anda hendak mengunduh aplikasi gratis dan mengklik Install, maka Anda akan dialihkan ke halaman instalasi, yakni "Installs".
cara download aplikasi dari windows store di windows 8.1



Tunggu proses pengunduhan. Kecepatan unduh bergantung pada kecepatan koneksi Internet yang dimiliki pengguna dan ukuran (size) aplikasi tersebut. Instalasi aplikasi berjalan secara otomatis setelah proses pengunduhan selesai.

Jika notifikasi Windows Store aktif, maka akan muncul notifikasi bahwa aplikasi yang diunduh telah selesai diinstal.
notifikasi windows store

Artikel Terkait: Cara Mengatur Notifikasi di Windows 8.1

5. Menjalankan Aplikasi yang Telah Diinstal

Buka Start screen, lalu klik tombol panah yang ada di bawah.

Cari aplikasi yang telah diunduh dan telah diinstal tersebut. Lalu klik pada aplikasi tersebut dan selamat mencoba aplikasi baru!

14 komentar:

  1. Gan klo download aplikasi android di pc/laptop gmn ya?tolong balas gan!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake blustack. di Windows 10 juga bisa kok gan. tunggu update-an dari Astoria Project. :D

      Hapus
  2. gan kok windows 10 ane gak bisa download aplikasi di windows store ya mau download asphalt klik gratis nya gak mau download2

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo muncul error pada saat download bursa nya gimana bang? dah gak bias di install muncul error pula.. -___-"

      Hapus
  3. ko windows 10 final di beberapa apps terdeteksi sebagai windows 8.1 itu kenapa gan

    BalasHapus
  4. Gan gimana caranya yaa kalo mau install game/aplikasi dari windows store agar bisa diinstall di Drive (D) bukan di Drive System (C), soalnya drive system nya udah low disk space gan..mohon petunjuk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa. tapi terlalu berisiko gan caranya.

      Hapus
    2. gimana caranya nih gan ??? sama drive c ane penuh,, mau apdet game ga bisa :(

      Hapus
    3. pake Windows 10 gan. di Windows 10 sekarang bisa instal universal apps di partisi lain gan. :D

      Hapus
  5. Balasan
    1. di windows store windows 10 versi PC belum ada bbm gan.
      bbm cuman ada di windows phone/mobile.
      so, kalo mau, agan bisa instal bluestack atau android app simulator lain, tapi aplikasinya berat.

      Hapus
    2. iya nih gan ane nyri nyri bbm di windows 10 ga ktemu temu

      Hapus

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.