6 Perintah CMD Yang Sering Digunakan Dan Jarang Diketahui

6 Perintah CMD Yang Sering Digunakan Dan Jarang Diketahui

Bagi yang sering otak atik program PC pasti sudah sangat akrab dengan yang namanya perintah CMD atau command prompt. Mungkin bagi sebagian orang awam masih sangat tabu mendengar atau melihat program CMD ini. Hal itu sangat wajar, karena mungkin alasan yang sering mereka katakan adalah mereka tidak begitu mementingkan program CMD ini, selanjutnya banyak yang menilai jika perintah command prompt itu terlihat sangat membosankan dan membingungkan.

Gak ada salahnya juga, kalau program command prompt itu sangat membosankan, tampilannya cuma berupa jendela berlatar belakang hitam, kemudian pengoperasiannya hanya bisa menggunakan kalimat perintah tertentu dengan jenis font sangat yang kaku.

Tetapi jika mereka beranggapan CMD ini tidak ada fungsinya, tentu kalian salah besar. Justru melalui perintah ini, komputer dapat melakukan segala kegiatan secara offline maupun online, bahkan dalam menyelesaikan persoalan atau problem di dalam PC, beberapa bisa diselesaikan menggunakan program perintah CMD.

Untuk memunculkan CMD atau command prompt ini bisa menggunakan beberapa cara, pertama bisa dengan mencari di kotak pencarian menu start, dan cara lain pengguna dapat mengkombinasikan shortcut keyboard Win+R kemudian ketik CMD.

Nah, supaya kalian lebih dekat dengan program CMD ini, mari kita ketahui beberapa potensi atau kemampuan perintah yang dapat dilakukan oleh CMD serta orang sering gunakan dan jarang diketahui.

6 Perintah CMD Yang Sering Digunakan Dan Jarang Diketahui

1. Perintah Untuk Menyembunyikan Folder

Bagi yang suka menyembunyikan folder dengan alasan privasi, menggunakan perintah CMD kali ini akan sangat membantu kamu. Berbeda dengan cara menyembunyikan melalui tombol menu View di folder, penyembunyian ini dinilai jauh lebih aman.

Perintah Untuk Menyembunyikan Folder

Caranya yakni buka CMD dengan Run as administrator, selanjutnya ketik perintah attrib +h +s +r namafolder. Untuk memunculkannya lagi silahkan ketik perintah attrib -h -s -r namafolder.

2. Perintah Untuk Melakukan Backup Otomatis

Berkembangnya fitur dan software seperti sekarang ini, sebenarnya kamu bisa memanfaatkan bantuan perangkat lunak ketiga untuk melakukan backup secara otomatis. Tetapi ada cara yang lebih cepat dan mudah untuk melakukan backup yakni melalui perintah CMD.

Perintah Untuk Melakukan Backup Otomatis

Langsung saja buka CMD, kemudian ketik format file yang ingin di backup dan file lokasi tujuan backup. Contohnya c:\users\radit\file kuliah d:\databackup\file kuliah /copyall /e /r:0 /dcopy:t /mir. Kamu hanya fokus di bagian data file yang ingin di backup (c:\users\radit\file kuliah) dan lokasi backup (d:\databackup\file kuliah), sedangkan format dibelakangnya masih tetap. NB : perhatikan spasi yang sama kita berikan diatas.

3. Nonton Film Di Command Prompt

Nonton Film Di Command Prompt

Siapa bilang nonton film hanya bisa dilakukan di bioskop atau video player saja? tetapi perintah CMD bisa menampilkan film bagi mereka yang memasukan perintah telnet towel.blinkenlights.nl .

Pencarian Tombol Start Windows Features
Mengaktifkan Fitur Telnet Client

Jika gagal, artinya kamu harus mengaktifkan terlebih dahulu Telnet, untuk mengaktifkannya silahkan ketik menu pencarian di tombol Start Windows Features, buka dan centang bagian Telnet.

4. Periksa Status PC Lemot

Jika PC kamu lemot dan bingung masalah ini ditimbulkan dari mana, langkah yang tepat untuk mengeceknya yakin menggunakan perintah di CMD. Perintah ini akan mengecek status hardware PC kamu, selain itu pemerintah juga akan membantu untuk membetulkan hard drive yang error karena bad sector.

Silahkan ketik perintah chkdsk d: /r .

Periksa Status PC Lemot

5. Melihat Username Dan Password Di PC

Ada salah satu perintah yang bisa untuk menunjukkan username dan password yang digunakan untuk login ke PC. Perintah ini juga bisa membuat dan menghapus username. Jika kamu ingin melihat username dan password yang ada di PC, silahkan ketik perintah cmdkey /list Sedangkan untuk membuat user baru, bisa masukkan format seperti dibawah berikut cmdkey /add:server01 /user:admin22 /pass:uu993bt , ingat perhatikan spasi sesuai format yang kita tulis.

6. Memperbaiki Masalah Di PC

Perintah Memperbaiki Masalah Di PC

Kamu gak perlu bingung lagi memperbaiki masalah PC yang rusak, karena ada satu perintah CDM yang sering digunakan dalam mengatasi problem tersebut. Perintah tersebut adalah sfc /scannow , windows akan mengecek apakah ada file yang rusak atau tidak, jika pun ada tool system file checker akan memperbaikinya.


Akhir Kata

Beberapa yang kita sajikan diatas merupakan perintah CMD yang sering digunakan dan jarang diketahui beberapa orang. Sekarang kamu bisa gunakan sesuai dengan fungsi dan perintah kebutuhan kamu, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *