Cara Ubah Ukuran inchi ke cm di Microsoft Word 2010

Cara Ubah Ukuran Inchi ke Cm di Microsoft Word 2010

Measurement atau alat ukur pada Microsoft Word sangat berguna dalam menentukan ukuran seperti margin, kertas, spasi dan paragraf lainnya. Aplikasi ini menggunakan standar satuan default inchi, hampir di semua produk aplikasi Microsoft Office.

Sedang kita sebagai pengguna yang terbiasa dengan hitungan sentimeter cukup sulit membiasakan ketika memasukkan angka dalam format berbeda.

Misalnya ketika kita diminta untuk mengerjakan karya tulis dengan ukuran kertas 10.5 x 14.8 cm sedangkan satuan yang tersimpan dalam Microsoft Word masih dalam bentuk inchi.

Bukankah repot kalau selalu mengandalkan konversi hitungan manual untuk mengetahui cm ke inchi ?

Opsi tersebut bukan solusi utama pada kasus menu pengaturan Word 2010. Disini kita akan berikan kalian cara ubah ukuran inchi ke cm di Microsoft Word 2010 tanpa perlu lagi konversi manual seperti diatas.

Beruntung Word telah memberikan akses menu settings yang sangat lengkap, bahkan bukan hanya satuan inchi dan cm saja, tetapi disana juga terdapat pilihan menu mm, points, dan picas.

Cara Ubah Ukuran inchi ke cm di Microsoft Word 2010

Saat diminta membuat karya tulis tertentu seperti skripsi, karya ilmiah, makalah dan sebagainya, kita selalu ditugaskan untuk mengatur format kertas dan ukuran margin sesuai ketentuan yang diberikan.

Satuan Microsoft Word sangat berguna ketika menginsert ukuran seperti ini, terkadang perintah menyebutkan dalam satuan cm ataupun mm sedangkan tampilan menu Word kita masih dalam bentuk inchi. Cukup membingungkan kalau satuan tersebut belum kita ubah.

Maka dari itu silahkan ikuti langkah-langkah dalam mengubah ukuran inchi ke cm di Microsoft Word 2010 lengkap dibawah ini.

  1. Silahkan kalian buka Microsoft Word 2010.
  2. Kemudian pencet menu File yang ada di pojok kiri atas.1 Pencet Tombol File - Cara Ubah Ukuran Inchi ke Cm di Microsoft Word 2010
  3. Setelah itu pergi ke menu Options.2 Tap Options - Cara Ubah Ukuran Inchi ke Cm di Microsoft Word 2010
  4. Nanti akan muncul jendela Options secara terpisah.
  5. Disini kita klik bagian Advanced.3 Klik Advanced - Cara Ubah Ukuran Inchi ke Cm di Microsoft Word 2010
  6. Scroll kebawah kemudian cari sub menu Display.
  7. Lihat menu Show Measurements in unit of, disampingnya kamu bisa ubah kolom satuan sesuai keinginan. Kalau ingin mengubah menjadi CM tinggal pilih Centimeters.4 Ubah Inches - Cara Ubah Ukuran Inchi ke Cm di Microsoft Word 20105 Ganti Centimeter - Cara Ubah Ukuran Inchi ke Cm di Microsoft Word 2010
  8. Terakhir pencet OK
  9. Maka settingan baru akan tersimpan di Word kalain.
  10. Selesai.

Baca Juga :

Microsoft Office 2010 belum teraktivasi ? Selengkapnya silahkan ikuti cara aktivasi Microsoft Office 2010 secara lengkap.


Akhir Kata

Sekian pembahasan cara ubah ukuran inchi ke cm di Microsoft Word 2010. Sangat mudah bukan ? Cara ini bisa kalian lakukan hampir di semua versi Office baik untuk 2013, 2016, sampai versi terbaru 2019. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar