Cara Translate Aksara Bali Secara Online / Dengan Android

Tips, 7 Cara Mempercepat Kinerja Windows 11 (100% Berhasil) 7
Cara Translate Aksara Bali

Indonesia memiliki ragam budaya yang sangat berlimpah. Kita harus bangga menjadi salah satu warga negara Indonesia, karena setiap bagian masyarakat berkesempatan dalam melestarikan budayanya masing-masing.

Dan warga Indonesia harus bangga, kekayaan budaya seperti inilah yang tidak dimiliki oleh negara lain. Sehingga tanggung jawab kita untuk melestarikan dan menjaga sistem warisan leluhur agar tetap bisa dinikmati oleh cucu hingga generasi penerus kita.

Selain bangga karena kita memiliki kekayaan budaya, yang kedua kita juga turut senang jika ada orang asing yang mempelajari budaya tersebut. Salah satu bagian dari budaya yakni aksara atau tulisan khas setiap suku dari masing-masing daerah.

Misalnya orang Jawa khususnya Jawa Tengah hingga Jawa Timur memiliki tulisan kuno bernama Aksara Jawa.

Kemudian orang bali punya juga Aksara Bali, dan peninggalan seperti inilah yang kita turut bangga kalau ada orang ikut belajar mempelajarinya.

Untuk itu kita Tim Kompiwin akan mengulas tutorial tentang cara translate aksara Bali dengan sangat mudah.

Disini kami juga sudah membuat aplikasi Translator Aksara Bali Online untuk memudahkan orang dalam mentranslasi dari tulisan latin ke Aksara Bali, dan sebaliknya baik ke aksara bali ke tulisan latin.

Selain situs translator untuk aksara Bali, kita juga sudah ada aplikasi Translator Aksara Jawa. Sebuah kesempatan besar kalian dapat belajar dua tulisan sekaligus.

Cara Translate Aksara Bali Dengan Mudah dan Cepat

Terdapat 2 pilihan untk melakukan translate Aksara Bali ke latin atau sebaliknya (Latih ke Aksara Jawa).

Yang pertama melalui aplikasi Translator Aksara Bali Online seperti yang Kompiwin miliki, kemudian gunakan aplikasi Android sebagai alat translate di HP kalian.

Tergantung kalian ingin pakai yang mana, kalau menurut Admin lebih praktis menggunakan Translator Online karena tinggal membuka situs Translator Aksara Bali, dan ketikkan saja kalimat atau kata yang ingin kamu ketahui hasilnya.

1. Menggunakan Situs Translator

Seperti yang sudah kita sebutkan diatas, cara translate aksara bali lebih praktis jika lewat situs seperti Kompiwin Aksara Bali seperti ini. Tinggal hubungkan saja perangkat dengan internet, kemudian masuk ke dalam situs Kompiwin, pilih tombol Aksara Bali, dan setelah itu kamu tentukan ingin latin ke aksara atau sebaliknya.

a. Translator Aksara Bali dari Kompiwin

Kita menyediakan situs translate Aksara Bali dan juga Aksara Jawa, akses ke dalam situs ini sangat mudah, tinggal masuk ke dalam website Kompiwin dan klik menu aksara dibawah tampilan website.

Kita mengemas website translator aksara bali dengan tampilan yang sederhana, sehingga kalian bisa dengan mudah mengaplikasikannya dengan sangat praktis.

Untuk lebih lengkap silahkan simak translator aksara bali kompiwin di bawah ini.

  1. Pertama-tama, silahkan buka aplikasi Translator Aksara Bali Online.
  2. Setelah masuk silahkan scroll kebawah dan lihat kotak teks yang disediakan.Buka Website Kompiwin
  3. Di atas kotak tersebut tersedia opsi bahasa, silahkan tentukan Latin atau Aksara Bali.
    Jika kamu memilih Latin maka translator otomatis menyesuaikan Latin -> Aksara Bali, sedangkan kamu memilih opsi Aksara Bali maka translator otomatis berubah mode menjadi Aksara Bali -> Latin.Ubah Bahasa Diatas
  4. Kita contohkan mode Latin ➤ Aksara Bali, jadi langsung saja ketikkan kalimat di kotak pertama.
  5. Setelah teks diketik, klik tombol Translate Sekarang.Ketikan Kalimat Kemudian Tap TranslateHasil Translate Berada Di Bawah
  6. Begitupun sebaliknya. Jika kalian mengubah mode menjadi Aksara Bali dengan mengetik aksara bali di kotak kolom pertama, maka hasil translate latin akan muncul dibawahnya.
  7. Gunakan tombol Copy untuk menyalin teks tersebut.Gunakan Tombol Copy Untuk Salin
  8. Selamat mencoba.

b. Translator Aksara Bali dari Komangputra

Kurang lebih hampir sama seperti fungsi situs translator bali Kompiwin diatas, bedanya pada situs ini kalian akan mendapatkan literasi tentang penjelasan Aksara Bali.

  1. Pertama-tama silahkan buka aplikasi Translator Aksara Bali Komanputra di alamat di https://www.komangputra.com/aksara-bali
  2. Kemudian pilih opsi Latin ➤ Aksara Bali atau Aksara Bali ➤ Latin diatas.Buka Website Dan Pilih Model Translate
  3. Ketik kalimat yang ingin di translate di kotak bawah.
  4. Hasil secara otomatis akan muncul dibawahnya.Ketikkan Dan Hasil Muncul Dibawah
  5. Gunakan tombol Salin untuk copy aksara tersebut.Gunakan Tombol Salin Untuk Copy
  6. Selamat mencoba.

2. Menggunakan Aplikasi Android

Untuk melakukan translasi aksara Bali, kita berikan satu opsi dengan menggunakan aplikasi HP. Kita disini akan menggunakan aplikasi Nulis Aksara Bali dari Djalak Putih.

Kalian bisa mencari aplikasi seperti ini tersedia bebas di dalam Playstore, silahkan akses dan install di dalam HP masing-masing.

  1. Download dan install aplikasi Nulis Aksara Bali.
    Nulis Aksara Bali
    Nulis Aksara Bali
    Developer: Djalak Putih
    Price: Free

    Install Aplikasi Nulis Aksara Bali
  2. Setelah terpasang, silahkan jalankan aplikasinya.
  3. Klik menu Beranda.Masuk Ke Dalam Beranda
  4. Kemudian langsung saja Ketik kalimat di kotak yang sudah disediakan.Ketik Kalimat Di Aplikasi
  5. Hasilnya akan muncul dibawah, dan kamu juga bisa mengatur besar font, background warna, jenis font dan menggunakan huruf sambung.
  6. Pakai tombol Salin untuk copy aksara tersebut.
  7. Selamat mencoba.

Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara untuk translasi dari Aksara Bali ke Latih atau sebaliknya. Ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih, mulai dari aplikasi translator online atau menggunakan aplikasi Android. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.