Cara Mengunci Folder di Mac OS

Cara Mengunci Folder Mac OS dengan Mudah

Mac memang belum setenar Windows namun saat ini peminat MacOS juga tidak sedikit. Mungkin diantara kita ada yang masih asing dengan cara kerja sistem operasi ini terlebih dalam hal penyimpanan file dalam folder yang sifatnya rahasia.

Mengunci folder memang salah satu cara untuk mencegah pencurian data  mengingat saat ini file – file dan data yang ada di dalamnya seringkali menjadi incaran para hacker.  Meskipun pencurian data adalah hal yang tidak bisa kita hindari, tapi kita tetap bisa mencegahnya.

Laptop Macbook Pro
Laptop Macbook Pro

Folder dalam Mac OS memang tidak bisa dienkripsi secara langsung, tetapi pengguna bisa menyiasatinya dengan meletakkan file dalam folder yang telah diberikan kata sandi. Ada dua pilihan cara  untuk mengunci folder di Mac yakni dengan menggunakan aplikasi bawaan Mac bernama Disk Utility dan aplikasi pihak ketiga disini kita akan menggunakan Encrypto.

Sebenarnya banyak sekali pengembang menciptakan aplikasi pihak ketiga untuk mengunci folder yang bisa kita dapatkan di Google. Namun, dalam artikel ini kami membahas satu aplikasi bernama Encrypto seperti yang akan dijelaskan di bawah ini!

#1 Cara mengunci Folder Mac OS dengan Disk Utility

Konten atau file yang tersimpan dalam folder dapat dilindungi dengan memberikan kata sandi pada folder dengan cara menyalinnya ke dalam disk image yang dilindungi kata sandi. Disk Utility adalah salah satu cara untuk membuat file berekstensi .DMG yang baru dan telah dilindungi dengan kata sandi sehingga folder tetap aman.

Namun cara ini tidak berpengaruh pada folder aslinya, jadi file DMG yang akan di buat adalah salinan dari folder yang ingin kita lindungi saja. Cara yang akan kita bahas di bawah ini adalah cara dengan menggunakan disk utility yang merupakan bawaan dari Mac OS itu sendiri. Langkah kerjanya sebagai berikut :

  1. Buka Disk Utility dari Spotlight atau bisa juga langsung ketik di Terminal atau Command Line dengan perintah “/Applications/Utilities/DiskUtility.app
  2. Setelah Disk Utility terbuka, pilih “File > New Image > New Image from Folder (NamaFolder)” dari menu bar.

    Langkah 1. Cara Mengunci Folder di Mac OS dengan Disk Utility
    Langkah 1. Cara Mengunci Folder di Mac OS dengan Disk Utility
  3. Kemudian pilih folder yang ingin diberikan kata sandi daru jendela pop up file.
  4. Dalam menu “Encryption” pilihlah “128-bit AES Encryption” atau “256-bit AES encryption“. Pada pilihan kedua tersebut memang lebih aman tetapi membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk mengenkripsikan folder. Namun, kedua pilihan tersebut sama – sama aman untuk melindungi data sehingga banyak pengguna yang memilih menggunakan pilihan “128-bit AES Encryption” karena membutuhkan waktu yang lebih cepat.

    Langkah 2. Cara Mengunci Folder di Mac OS dengan Disk Utility
    Langkah 2. Cara Mengunci Folder di Mac OS dengan Disk Utility
  5. Masukkan kata sandi baru pada kolom yang muncul. Kata sandi tersebut adalah kata sandi yang akan dimasukkan untuk membuka gambar disk. Saat tahap ini, usahakan kata sandi yang dibuat tidak sama dengan kata sandi saat akan login ke dalam Mac. Pastikan juga kata yang dituliskan cukup sulit untuk ditebak.
  6. Dalam menu “Format Image” pilih “read/write” yang memungkinkan pengguna menambahkan file pada gambar disk.

    Langkah 3. Cara Mengunci Folder di Mac OS dengan Disk Utility
    Langkah 3. Cara Mengunci Folder di Mac OS dengan Disk Utility
  7. Jika sudah, klik tombol “Save” untuk membuat gambar disk yang telah terenkripsi. Selanjutnya, Disk Utility akan memproses perintah yang telah dibuat dan kemudian pada layar akan ada notifikasi jika proses pembuatan disk dari folder sudah selesai.

    Langkah 4. Cara Mengunci Folder di Mac OS dengan Disk Utility
    Langkah 4. Cara Mengunci Folder di Mac OS dengan Disk Utility
  8. Selesai. Kamu sudah mengunci folder di laptop Macbookmu.

File DMG yang telah dibuat tersebut tidak sama dengan folder yang dipilih namun file DMG tersebut merupakan salinan konten dalam folder yang disimpan dalam format gambar disk. Gambar disk tersebut telah dilindungi oleh kata sandi.

Untuk membukanya dan membaca folder, pengguna harus memasukkan kata sandi terlebih dahulu. Bagaimana dengan folder yang asli? Folder asli sama sekali tidak dienkripsi karena yang dienkripsikan adalah salinannya saja.

Agar file tetap aman dan mengantisipasi dari pencurian data, sebaiknya folder yang asli dihapus sehingga yang tersisa hanya file DMG yang terenkripsi.

#2 Cara mengunci Folder Mac OS dengan Encrypto

Cara kedua untuk mengunci folder Mac adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama Encrypto. Aplikasi pengunci folder Mac ini bisa ditemukan dan diunduh pada Mac App Store.

Aplikasi ini dapat mengenkripsikan folder dengan menambahkan enkripsi AES-256 ke dalam folder sehingga file tetap aman.  Cara ini dirasakan lebih mudah dan simpel jika dibandingkan dengan cara menggunakan Disk Utility. Langkah kerjanya adalah sebagai berikut :

  1. Unduh dan install Encrypto dari Mac App Store
  2. Buka Encrypto yang telah diinstal dan drag folder yang ingin di enkripsikan ke jendela Encrypto.

    Langkah 1. Cara Mengunci Folder di Mac OS dengan Encrypto
    Langkah 1. Cara Mengunci Folder di Mac OS dengan Encrypto
  3. Masukkan kata sandi yang digunakan untuk melindungi folder. Disini, Anda juga bisa memberikan petunjuk opsional jika takut lupa pada kata sandi yang di buat. Contoh petunjuk opsional seperti Siapa nama ayah? Atau Siapa nama Ibu?

    Langkah 2. Cara Mengunci Folder di Mac OS dengan Encrypto
    Langkah 2. Cara Mengunci Folder di Mac OS dengan Encrypto
  4. Setelah memasukkan kata sandi yang cukup kompleks dan sulit ditebak, lalu klik “Encrypt: untuk mengenkripsi folder dalam arsip Encrypto.
  5. Ketika proses enkripsi telah selesai, lakukan drag arsip Encrypto yang telah dibuat ke lokasi yang cukup aman. Disini, Anda juga bisa memilih opsi “Share File > Save As..” untuk menyimpan arsip Encrypto ke lokasi yang lainnya. Pengguna juga bisa mengirim file melalui e-mail, AirDrop, Dropbox ke alamat yang diinginkan.

    Langkah 3. Cara Mengunci Folder di Mac OS dengan Encrypto
    Langkah 3. Cara Mengunci Folder di Mac OS dengan Encrypto
  6. Untuk membuka file yang telah dienkripsikan, klik dua kali pada arsip Encrypto dan masukkan kata sandi yang telah dibuat.
  7. Klik “Decrypt” untuk membuka folder yang terkunci.

    Langkah 4. Cara Mengunci Folder di Mac OS dengan Encrypto
    Langkah 4. Cara Mengunci Folder di Mac OS dengan Encrypto
  8. Drag kembali folder yang telah dibuka dan pindahkan ke lokasi penyimpanan yang aman tentunya.
  9. Selesai.

Dua cara di atas adalah cara yang paling mudah untuk mengunci folder di Mac.Dari kedua metode yang telah dijelaskan, pada metode Disk Utility folder yang telah dikunci akan berfungsi dan bisa dibuka pada seluruh versi Mac, namun caranya memang sedikit lebih rumit.

Sebaliknya, Encrypto memang jauh lebih mudah digunakan tetapi mungkin arsip Encrypto tidak selamanya dapat dibuka karena mungkin saja bisa terjadi kerusakan pada file atau arsip Encrypto hanya bisa dibuka pada versi Mac yang terbatas.

Tetapi semua tergantung pada kebutuhan kita, apakah file akan disimpan selamanya atau akan disimpan dalam waktu tertentu saja? Sekedar saran, pilihlah metode yang sesuai dengan kebutuhan dan keamanan, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *