Cara Mengambil Data Berdasarkan Nilai atau Record yang Sama di Excel

Cara Mengambil Data Berdasarkan Nilai atau Record yang Sama di Excel 10
Cara Ambil Data Berdasarkan Nilai Atau Record Yang Sama Di Excel

Dalam membuat suatu laporan, penting untuk kita mengerti dan mempelajari sejenis aplikasi seperti Microsoft Excel guna membantu dalam proses inputing data jadi lebih mudah.

Salah satu kegiatan yang mungkin sangat awam dalam dunia Excel yaitu mengambil data dari suatu referensi tabel berdasarkan dengan nilai tertentu. Di dalam pemecahan fungsi Excel, kasus tersebut dapat diselesaikan dengan rumus bernama VLOOKUP.

Bagi yang belum tahu, VLOOKUP sendiri merupakan kepanjangan dari vertical lookup, yang artinya mencari data dari referensi tabel secara vertikal.

Ada beberapa jenis kasus yang sesuai dengan fungsi VLOOKUP ini, dan di dalam pembahasan kali ini yaitu cara ambil data berdasarkan nilai atau record yang sama di Excel, kita akan sedikit perdalam dan perjelas secara rinci.

Cara Mengambil Data Berdasarkan Nilai atau Record yang Sama di Excel

Sebelum kita masuk ke pembahasan inti, dalam fungsi VLOOKUP ini terdiri dari 4 jenis bagian, yakni Value, Tabel, Kolom, dan Range.

Secara sederhana kurang lebih kita dapat jelaskan seperti pengertian diatas, namun untuk lebih detailnya 4 bagian fungsi diatas memiliki pengertian spesifik seperti dibawah ini :

  1. Lookup_value : yaitu nilai referensi yang ada di tabel hitungan kamu, biasanya nilai referensi ini digunakan untuk alasan mencari nilai sebuah data.
  2. Table_array : merupakan tabel data utama yang akan dijadikan sebagai acuan hitung dalam rumus VLOOKUP ini, dalam rumus nantinya tabel acuan atau tabel utama akan diblok untuk mendapatkan formula.
  3. Col/row_index_num : merupakan posisi nilai yang akan diambil pada urutan kolom ke berapa atau lokasi kolom tempat di dalam tabel utama.
  4. Range_lookup : akan selalu diisi dengan rumus FALSE untuk mencari nilai yang sama dengan tabel utama.
Tips Excel :

Mau menampilkan angka 0 didepan ?  Tutorial dan panduan menampilkan angka 0 di depan pada Microsoft Excel ini akan membantumu.


Contoh Kasus Fungsi VLOOKUP

Data Tabel Sebagai Acuan Utama

Cara ambil data berdasarkan nilai yang sama di Excel itu memang beragam jenisnya, disini kita akan berikan contoh kasus yang paling sederhana, yakni mengambil data dari tabel utama yang berjudul Jadwal UAS Kelas 12 IPS.

Disini kita buat dua tabel, yang pertama tabel untuk referensi data utama, yang berisi tentang keterangan informasi, dan yang kedua adalah tabel untuk mengambil hasil data yang akan kita hitung nanti.

Rumus Hitungan Rumus VLOOKUP

Berbekal dengan keterangan diatas, fungsi VLOOKUP memiliki 4 jenis bagian, jika dituliskan dalam bentuk rumus akan membentuk =VLOOKUP(lookup_value,table_array,col/row_index_num,range_lookup).

Bagi yang bingung kita akan tampilan visual dari kasus hitungan berikut. Nantinya rumus formula penuh hasil akhir hitungan diatas akan membentuk seperti ini =VLOOKUP(E9,$J$8:$L$13,2,FALSE).

Pertanyaannya adalah, bagaimana bisa mendapatkan formula seperti itu? Mari kita bedah.

Nilai Yang Akan Kita Hitung

Mengacu pada rumus =VLOOKUP(E9,$J$8:$L$13,2,FALSE) dapat dijelaskan sebagai berikut:

E9 : adalah lookup_value-nya, kenapa? Dalam kasus disini kita akan mengetahui baris tabel Pukul untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, kamu bisa lihat jika mapel Bahasa Indonesia ini ada di hari Senin jam ke 1, dan kita akan mulai menghitung baris Pukul dengan memasukkan rumus =VLOOKUP.

Formula Hasil Blok Data Utama

Input terlebih dahulu =VLOOKUP(E9, kenapa sel E9…karena kita ingin mengetahui jam ke 1 itu berada pada pukul berapa sesuai isi tabel referensi untama.

Hitung Posisi Nilai Berada Di Kolom Berapa

J$8:$L$13 : adalah formula hasil blok tabel data utama, setelah kamu memasukkan =VLOOKUP(E9,J8:L13. Berdasarkan acuan kasus diatas, jika kita blok tabel utama yang dijadikan referensi utama memiliki formula J8:L13. Tidak sampai situ saja, setelah kamu blok, kamu perlu menekan tombol f4 pada keyboard untuk memunculkan fungsi dollar.

Terakhir Isi Rumus False

Angka 2 : merupakan kolom ke berapa data yang kita cari itu ada di dalam tabel utamanya, untuk menghitungkan kita mulai dari kolom paling kiri yang berjudul Jam Ke yang berada di kolom 1, dan Pukul yang berada di kolom 2. Oleh itu kita isikan dengan 2. Karena kita butuh mengambil nilai dari judul kolom Pukul, maka masukkan 2.

False : untuk mengambil data berdasarkan nilai yang sama, maka dari itu kamu harus selalu gunakan fungsi FALSE ini.

Setelah itu Enter, maka secara otomatis nilai yang kamu butuhkan akan muncul. Kemudian untuk mengisi hitungan dibawahnya, kamu tinggal drag hasil VLOOKUP yang pertama sampai baris terakhir.

Tarik Kebawah Untuk Mengisi Tabel

Sistem secara otomatis akan memasukkan hasil yang sesuai dengan nilai referensi tabel utama.

Tutorial Excel :

Ingin mengetahui nama hari dari data tanggal di Excel ? Ikuti selengkapnya di tutorial ini.


Akhir Kata

Meski cara ambil data berdasarkan nilai atau record yang sama di Excel terdengar rumit.

Tetapi jika kamu ikuti secara perlahan dari langkah-langkah diatas, dan mulai mencoba dari data sederhana…meningkat kamu akan mulai paham dan mengerti soal rumus VLOOKUP ini.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.