Cara Memperbaiki Error ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR

Cara Memperbaiki Error ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR 10
Cara Memperbaiki Error ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR

Permasalahan komputer tidak selalu melulu tentang error aplikasi, file sistem crash dan sejenisnya. Tetapi pengguna juga dapat berpotensi menemui masalah ketika mereka mengakses sebuah browser.

Pembahasan tersebut akan kita kupas detail dalam cara memperbaiki error ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR saat sedang mengakses sebuah web.

Selain solusi pemecahan masalah, di bawah juga kita sediakan penyebab error ini bisa terjadi. Untuk lebih lanjut silahkan simak terus ulasan dibawah :

Penyebab Error ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR

Pada dasarnya permasalahan ini dipicu karena protokol SSL menghalangi akses pengguna dalam menjangkau sebuah website.

Tujuannya baik, yakni sistem meminta browser agar membatasi pengguna dari akses website yang tidak aman. Namun terkadang konfigurasi pengaturan ini suka memunculkan gejala tidak beres, bahkan website yang semestinya aman dan sering kita jangkau, seketika error akibat protokol SSL tersebut.

Browser yang sering jadi langganan masalah seperti ini adalah Google Chrome, jadi buat pengguna browser tersebut silahkan cek poin-poin penyebab permasalahan tersebut di bawah ini:

  1. SSL telah usang, poin pertama ini bisa terjadi karena versi SSL yang ada di browsermu sudah kadaluarsa. Jadi perlu diperhatikan rutin status aktivasi sertifikat SSL browsermu.
  2. Konfigurasi tanggal dan waktu yang salah ternyata dapat memicu error. Hal ini berkaitan dengan status aktivasi SSL mu, jika tanggal yang tersetting melebihi batas aktivasi maka secara otomatis browser akan mengindikasikan sertifikasi SSL kadaluarsa.
  3. IP Address telah diblokir oleh antivirus. Pemasangan antivirus memang bertujuan baik yakni mencegah perangkat terinfeksi oleh file berbahaya. Tak jarang aplikasi antivirus ini suka memblokir situs yang diduga tidak aman, lebih baik matikan perizinan akses tersebut.
  4. Versi browser tidak kompatibel. Penting ternyata selalu mengupdate versi browser karena aktivitas komunikasi aplikasi dengan jaringan itu membutuhkan program yang selalu update.

Cara Memperbaiki Error ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR

Setelah sedikit tahu soal penyebab kerusakan diatas, selanjutnya kita masuk ke pembahasan cara memperbaiki error ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR.

Sebenarnya permasalahan ini bukan termasuk perkara yang serius, banyak jalan keluar yang sanggup memperbaiki error dengan mudah. Dan berikut list opsi yang bisa kalian terapkan :

Cara 1 : Aktifkan Semua SSL

Ternyata dengan mengaktifkan semua versi SSL, perintah tersebut mampu memulihkan error akibat protokol SSL yang membatasi akses kita. Caranya bisa dilihat dibawah ini :

  1. Silahkan buka Google Chrome.
  2. Klik icon titik tiga di pojok kanan atas.
  3. Lalu pilih menu Settings.Klik Icon Titik Tiga Dan Buka Settings
  4. Setelah keluar tampilan Settings, agar lebih singkat ketikan “Security” di kotak pencarian.
  5. Kemudian pencet menu Security di bagian Privacy and Security.Ketik Security Dan Buka Securty Yang Ada Di Pricavy And Security
  6. Scroll kebawah dan tap bagian Manage Certificates.Klik Bagian Manage Certificates
  7. Klik kotak Advanced yang ada di sisi kanan bawah.Pencet Tombol Advance
  8. Lalu centang semua judul yang ada di sana, jika sudah klik OK.Centang Semua Lalu Pencet OK
  9. Selesai.

Cara 2 : Bersihkan SSL State

Biasanya browser menyimpan file cache guna membantu mempercepat koneksi. Namun, terkadang file SSL yang disimpan tersebut merupakan versi lama, alhasil memicu konfigurasi yang tidak sinkron. Berikut cara membersihkan SSL State.

  1. Buka browser Google Chrome.
  2. Kemudian klik icon titik tiga, dan pencet tombol Settings.Klik Icon Titik Tiga Dan Buka Settings
  3. Ketik di kotak pencarian “Proxy Settings” agar lebih cepat.
  4. Setelah muncul kamu bisa pencet tulisan Open your computer proxy settings.
  5. Kamu bakal diarahkan ke jendela Settings komputer, berikutnya ketik “Internet Properties” di kotak pencarian.Ketik Internet Properties
  6. Klik Internet Options.Pencet Internet Options
  7. Arahkan ke menu tab Content, kemudian pencet tombol Clear SSL State.Arahkan Ke Content Dan Klik Clear SSL Scale
  8. Bila sudah berhasil pencet OK.

Cara 3 : Bersihkan Cache Dan Cookies Browser

Cara memperbaiki error ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR yang berikutnya adalah membersihkan cache dan cookies. Terkadang berbagai masalah yang suka muncul di browser dapat diselesaikan dengan opsi berikut. Ikuti langkah dibawah :

  1. Buka Google Chrome.
  2. Klik icon titik tiga di pojok kanan atas.
  3. Arahkan ke menu More Tools. Dan pilih Clear Browsing Data.Arahkan Ke More Tools Dan Pencet Clear Browsing Data
  4. Disini akan disediakan dua pilihan antara Basic dan Advance, kita rekomendasikan pakai menu Basic, dan atur Time Range data yang ingin dihapus.Tersedia Dua Opsi Basic Dan Advanced Pilih Range Time Dan Clear Data
  5. Terakhir tinggal pencet Clear Data.

Cara 4 : Perbarui Versi Browser

Terakhir kita berikan opsi untuk memperbarui versi browser. Tujuan memperbarui browser adalah mengupdate sistem agar kompatibel dan memperbaiki bug.

  1. Buka browser Chrome.
  2. Klik icon titik tiga di pojok kanan atas.
  3. Arahkan ke menu Help, lalu pilih About Google Chrome.Arahkan Ke Help Dan Klik About Google Chrome
  4. Tunggu browser melakukan pengecekan versi, jika browsermu kadaluarsa Chrome akan otomatis melakukan pembaruan.Tunggu Update Browser
Baca Juga:

Ingin download Google Chrome Offline Installer ? Kamu bisa unduk melalui link ini.


Akhir Kata

Seperti itulah cara memperbaiki error ERR_SSL_PROTOCOL_ERROR, masih ada opsi lain seperti mengatur tanggal dan waktu komputernya, lalu mematikan antivirus sementara. Sebarkan artikel ini ke teman-temanmu agar bermanfaat bagi banyak orang. Stay Safe.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.