Cara Memperbaiki ERROR atikmpag.sys BSOD di Windows 10 1

Cara Memperbaiki ERROR atikmpag.sys BSOD di Windows 10

Impian setiap orang dalam merawat sebuah perangkat PC tentu selalu mengharapkan supaya tidak akan terjadi masalah apa-apa. Baik itu masalah yang ditimbulkan dari sistem maupun perangkat kerasnya. Meskipun kita sudah sangat berhati-hati dan sudah berusaha menghindari jenis malware apapun yang berusaha untuk merusak perangkat kita, terkadang masih saja masalah baru muncul secara tiba-tiba.

Salah satu mimpi terburuk mereka ketika PC-nya mulai bermasalah adalah bertemu dengan peringatan bertuliskan BSOD alias Blue Screen of Death. Program dari OS sebenarnya sudah mengantisipasi hal ini dengan selalu memberikan update software ke versi yang lebih baru.

Apalagi bagi pengguna Windows 10, mereka selalu mendapatkan notifikasi update yang bisa dibilang rutin ketika menekan tombol Power baik perintahnya di dalam menu shutdown atau restart.

Pesan Error atikmpag.sys
Pesan Error atikmpag.sys

Kebanyakan kasus Error berikut disebabkan oleh atikmpag.sys yang gagal merespon ketika pengguna melakukan update Operating System dari Windows 7/8 menjadi Windows 10. Pengguna akan dihadapkan dengan kondisi layar berlatar belakang biru dan sistem tidak mengizinkan program melakukan booting bahkan juga tidak bisa direstart.

Faktor utama yang membuat masalah BSOD (Blue Screen on Death)muncul sebenarnya diakibatkan dari driver kartu grafis eksternal yang gagal berfungsi akibat konflik dengan perangkat keras lainnya.

Biasanya error sering terjadi bagi pengguna grafis AMD ketika mereka mencoba upgrade ke Windows 10. Dan lagi-lagi, dibalik semua ini sistem yang bertanggung jawab penuh adalah file sistem bernama atikmpag.sys sampai menyebabkan PC Crash.

Cara Memperbaiki ERROR atikmpag.sys BSOD di Windows 10

Meskipun error yang disebabkan oleh atikmpag.sys BSOD di Windows 10 ini merupakan mimpi buruk bagi sebagian pengguna PC, tetapi masih ada solusi untuk memperbaiki agar Windows kembali normal seperti yang diinginkan.

1. Jalankan Startup Repair

Untuk cara pertama ini, kita akan mencoba menjalankan Startup Repair milik Windows 10. Silahkan kamu bisa lakukan sendiri dengan mengikuti cara dibawah ini :

  1. Ketika PC dalam posisi booting safe mode, kamu bisa tekan tombol F8 berulang kali sampai muncul menu opsi.
  2. Kemudian silahkan pilih menu Troubleshoot.
    Klik Troubleshoot
  3. Berikutnya tekan opsi Advanced Options.
    Klik Advanced options
  4. Disini sediakan banyak menu dan kamu bisa pilih Startup Repair.
    Pilih Startup Repair
  5. Tunggu sampai proses berhasil.

Untuk cara kedua dan ketiga, jika kamu ingin sudah terkena Blue Screen sebelum masuk ke Desktop. Kami sarankan untuk membuka Device Manager pada safe mode Windows 10.

2. Update Driver VGA

Cara diatas merupakan cara mengatasi PC ketika dalam kondisi BSOD. Nah, karena masalah ini disebabkan oleh driver grafis-nya, dengan itu kamu bisa melakukan tahap-tahap berikut untuk melakukan update dari drivernya tersebut :

  1. Buka Device Manager.
    Buka Device Manager
  2. Tekan bagian Display Adapters.
  3. Klik kanan VGA yang terinstall di sana, kemudian pilih bagian Update Driver.
    Klik Kanan dan Pilih Update driver
  4. Pencet pilihan “search automatically for updated driver software”.
  5. Ikuti langkahnya dan tunggu sampai proses update selesai.

3. Hapus dan Uninstall Driver VGA

Selain meng-update drivernya, kamu juga bisa melakukan cara menghapus dan menginstall ulang VGA untuk mengantisipasi ERROR atikmpag.sys BSOD Di Windows 10. Caranya kurang lebih sama, ikuti saja langkah dibawah :

  1. Buka Device Manager.
    Buka Device Manager
  2. Pilih bagian Display Adapters.
  3. Klik kanan driver yang terinstall di sana, kemudian kamu pilih Uninstall.
    Klik Kanan dan Pilih Uninstall driver
  4. Ikuti langkahnya sampai selesai.
  5. Jika sudah klik sub menu Display Adapters, tekan “Scan for hardware change”.
    Klik Kanan dan Pilih Scan for hardware changes
  6. Pilih secara automatically.
  7. Selesai, disini berarti untuk VGA tidak digunakan dan hanya mengandalkan Display bawaan.
Keyboard kamu terasa lambat saat digunakan di Windows 10 ? Ikuti cara mengatasi keyboard LAG di Windows 10.

Akhir Kata

Sekarang cara mengatasi ERROR atikmpag.sys BSOD Di Windows 10 sekaligus cara mencegahnya sudah bisa kamu lakukan. Semoga masalah ini tidak menimpa device kamu dan bagi yang sudah pernah mengalami jangan sampai terulang kembali. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *