Cara Crop Di Adobe Illustrator

Cara Crop Di Adobe Illustrator 4
Cara Crop Di Adobe Illustrator

Memotong gambar dan menyesuaikan objek mungkin sudah jadi hal yang biasa di dalam dunia editing. Karena kembali lagi kepada user masing-masing, mereka sedang ingin membutuhkan konsep editing seperti apa, dan tujuannya untuk apa.

Kemarin kita sempat membahas tentang cara crop di Photoshop, dan ternyata kita lupa jika Adobe masih memiliki satu aplikasi yang bisa dibilang hampir mirip dengan Photoshop yakni Adobe Illustrator. Gak ada salahnya jika kamu juga harus tahu bagaimana cara crop di Adobe Illustrator.

Sebab selain aplikasi editing seperti Photoshop, Adobe Illustrator juga sama banyaknya memiliki pengguna setia entah itu user lama atau pengguna baru.

Bagi pengguna baru yang belum begitu mengenal dalam soal aplikasi ini, mereka banyak yang menemui kendala dalam melakukan teknik dasar seperti kegiatan cropping. Tenang saja, disini kita akan membuat pengguna baru perlahan mulai menguasai software Adobe Illustrator, termasuk mempelajari tools, efek, teknik dan banyak lainnya.

Cara Crop Di Adobe Illustrator

Dalam proses editing, kegiatan crop atau memotong objek gambar merupakan kegiatan yang lumrah terjadi, teknik selain cropping yang awam orang sebutkan adalah clipping mask.

Sekedar tambahan informasi, clipping mask sendiri merupakan kegiatan atau teknik memasukkan gambar kedalam gambar/objek lainnya. Misalnya kamu ingin memotong foto kamu dan menempelkan ke background baru, kegiatan ini juga bisa dibilang clipping mask.

Sedangkan untuk teknik cropping, dapat diartikan sebagai menyeleksi atau memotong bagian gambar dan membuat ukuran baru baik itu customizable atau sesuai dengan perbandingan rasio. Bisa disimpulkan kalau cropping merupakan kegiatan menghilangkan bagian yang tidak diinginkan dari dalam foto.

1. Teknik Clipping Mask Di Adobe Illustrator

Cara crop di Adobe Illustrator kita mulai dengan cara teknik clipping mask. Sebenarnya kamu bebas memilih objek yang akan kamu seleksi nantinya dan bentuk obyek tersebut seperti apa. kebetulan disini kita akan menggunakan objek gambar sebuah burung dan kita akan menghilangkan background tersebut menggunakan clipping mask.

  1. Silahkan buka aplikasi Adobe Illustrator.
  2. Buat project baru.
  3. Setelah itu masukkan gambar burung tersebut bisa menggunakan metode ketuk dan drag ke lembar Adobe Illustrator.
  4. Sesuaikan ukuran gambar dengan ukuran lembar project.Masukkan Gambar Yang Akan Di Crop
  5. Selanjutnya kita akan gunakan alat bernama Pen Tools untuk menyeleksi bagian burung didalam foto.Aktifkan Fitur Pen Tools
  6. Setting terlebih dahulu bagian warna dan ukuran stroke pen toolnya seperti dibawah ini.Atur Warna Stroke Pan dan Ukurannya
  7. Setelah itu gambar line pen tool mengikuti bagian dari objek burung yang akan diseleksi.Buat Shape Seleksi Melingkari Obyek
    Hasil Seleksi
  8. Bila sudah selesai, kamu bisa tekan menu Select โžค All.Klik Menu Select dan Tekan All
  9. Lalu tekan menu Object, buka bagian Clipping Mask โžค Make.Masuk Ke Menu Object, Tekan Clipping Mask, Tekan Make
  10. Secara otomatis obyek akan terpotong.Hasil Clipping Mask
  11. Selamat mencoba.
Mau edit efek kabut di Photoshop ? Simak selengkapnya di cara membuat efek fogging di Photoshop.

2. Teknik Cropping Di Adobe Illustrator

Selanjutnya kita akan masuk ke teknik crop yang bisa dibilang teknik paling basic di dalam Adobe Illustrator. Dengan fitur crop ini kamu bisa menyeleksi bagian mana yang penting dan bagian foto tidak dibutuhkan. Silahkan ikuti langkah dibawah ini untuk memulai.

  1. Buka Adobe Illustrator, atau jika ingin langsung kamu bisa klik kanan foto yang akan kamu crop dan pilih Open With โžคย Adobe Illustrator.
  2. Jika sudah terbuka di Illustrator, silahkan klik foto tersebut menggunakan Selection Tools.
  3. Masuk ke menu Properties yang ada di kanan atas, lalu tekan tombol Crop Image. Jika di Adobe Illustrator kamu belum ada menu Properties, bisa dimunculkan lewat menu View โžค centang Properties.Masukkan Foto Lalu Pilih Properties dan Tekan Crop
  4. Kalau muncul jendela konfirmasi, silahkan tekan OK.
  5. Selanjutnya kamu sudah bisa menggeser kotak crop di ujung-ujung foto, dan jika ingin mengikuti rasio tinggal tekan tombol Shift sambil geser ukuran cropnya.Tekan Crop Untuk Hasil
  6. Setelah itu klik tombol Apply.

Selain lewat tab Properties, ada cara yang lebih mudah lagi yaitu dengan klik kanan foto atau gambar, lalu pilih Crop Image. Geser ukuran crop, dan sesuaikan kebutuhan foto yang diinginkan.


Akhir Kata

Bagaimana cara crop di Adobe Illustrator sangat mudah bukan, mungkin metode ini bisa dibilang hampir sama seperti Photoshop, hanya saja tools serta langkah-langkahnya sedikit menyesuaikan dengan settingan masing-masing aplikasi. Sekarang tinggal kamu terapkan sendiri menggunakan objek gambar atau foto yang bakal kamu crop. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.