Masih Hangat
memuat ...

Minggu, 01 Oktober 2017

Share:

Cara Menyembunyikan Aplikasi, Foto, Video, atau File Apa Pun di Android (dengan/tanpa Aplikasi)

file hide expert cara hidden file

Android, sistem operasi mobile besutan Google ini memiliki banyak fitur yang mudah digunakan. Jutaan aplikasi dan games dapat di-download dan digunakan secara gratis maupun berbayar. Salah satunya, aplikasi untuk menyembunyikan aplikasi, foto, video, file atau folder rahasia di Android.

Sebagai sistem operasi, Android tidak menyajikan fitur Hide files atau fitur untuk menyembunyikan file atau folder. Tapi, sebagian pengguna yang menggunakan smartphone Android dari sejumlah manufaktur yang membawa fitur Hide file, dapat menggunakannya.

Sebut saja Xiaomi, Oppo, ASUS, Samsung, dan sejumlah brand HP Android lainnya membawa fitur Hide file, yang pastinya lebih sederhana dan lebih mudah digunakan, tanpa perlu men-download aplikasi tambahan dari Play Store.

Namun, apabila ternyata smartphone Android yang kamu gunakan tidak memiliki fitur Hide files bawaan, kamu bisa menyembunyikan folder dengan mengubah namanya.

#1 Cara Hide File dengan Me-rename Folder di Android

Buka File Manager. Lalu masuk ke folder target di mana salah satu folder tersebut berisi file-file rahasia yang ingin kamu sembunyikan.

Tekan-tahan pada folder tersebut, dan pilih Rename untuk mengubah namanya.

rename folder yang hendak disembunyikan

Ubah nama folder tersebut dengan menambahkan “.” di depan nama foldernya. Pilih OK.

Maka, folder dan isinya, baik video, musik, foto, dokumen, tidak akan lagi muncul di video player, music player, reader, dan gallery.

Perubahan nama ini terinspirasi dari nama folder sistem Android yang isinya tak akan terdeteksi di gallery, reader, atau media player – hanya dengan menambahkan “.” di depannya saja.

Sayangnya, folder dan isinya tetap akan muncul apabila kamu membukanya di File Manager secara manual, dan bukan melalui gallery atau media player. Trik ini bisa dibongkar dengan mudahnya, terlebih bagi pengguna yang cukup mahir menggunakan Android.

#2 Menyembunyikan File dengan Memakai Fitur Bawaan

Sejumlah manufaktur seperti Xiaomi, Oppo, ASUS, dan lainnya membawa fitur “Hide file” secara default. Dalam tutorial ini, saya hanya menyajikan caranya langsung di Xiaomi.

Buka Explorer di Xiaomi. Masuk ke folder target.

Tekan-tahan pada folder atau file itu, dan pilih Hide.

menyembunyikan file

Lalu pilih Hide untuk menyembunyikan.

file hidden

Setelah itu, Xiaomi mengenkripsi folder atau file yang hendak kamu sembunyikan.

mengenkrispi folder file

Maka, file atau folder pun telah disembunyikan.

file telah disembunyikan

Tapi, bagaimana cara melihat file yang disembunyikan?

Kamu bisa melakukannya dengan menekan-tahan Explorer bagian atasnya, sedikit ke bawah. Seperti ini:

menyembunyikan

Bagi pengguna yang smartphone Android-nya tak punya fitur Hide files atau ingin fitur lebih, gunakan aplikasi-aplikasi terbaik berikut untuk menyembunyikan file atau folder, gambar atau video, hingga aplikasi Android.

#3 File Hide Expert, Menyembunyikan File dengan Cara Sederhana

file hide expert

Android mungkin secara default tidak membawa langsung fitur untuk menyembunyikan file atau folder. Ada satu aplikasi Android yang tampaknya terbaik untuk menyembunyikan foto, video, gambar, hingga aplikasi.

Aplikasi hide files ini sangatlah simpel dan sederhana, meski tampilannya kurang enak dilihat. Tapi tampilan aplikasi tidaklah terlalu penting, yang paling penting adalah fungsi dan gratisnya, kan?

File Hide Expert bekerja dengan sistem password. Ia dapat menyembunyikan segala jenis file dan folder di Android, termasuk foto, video, lagu, dokumen, dan lainnya. Tampilannya yang sederhana membuat File Hide Expert mudah digunakan.

Download File Hide Expert di Google Play

#4 Keepsafe Photo Vault, Aplikasi Terbaik Android untuk Menyembunyikan Foto

cara hide file folder foto video di android

Keepsafe Photo Vault agak jauh berbeda dari File Hide Expert. Aplikasi ini mampu menyembunyikan foto dengan tampilan aplikasi yang lebih enak dipandang. Keepsafe bekerja dengan sistem PIN untuk menyembunyikan foto.

Keepsafe Photo Vault bukan hanya mampu menyembunyikan foto dari Gallery atau File Manager di Android, melainkan pula mem-backup foto ke layanan cloud-nya. Ini berguna ketika HP Android hilang, kamu tak akan kehilangan foto-foto di dalamnya.

Download Keepsafe Photo Vault untuk Android

#5 AppLock, Solusi bagi Pengguna yang Ingin Mengunci Aplikasi

menyembunyikan file

Ketimbang menyembunyikan file, folder, foto, video, dokumen, atau apa pun di smartphone Android, mungkin akan lebih baik untuk mengunci aplikasi di mana foto, video, atau file rahasia lain berada.

Ini sangat berguna ketika teman hendak meminjam smartphone-mu tanpa perlu takut file-file rahasia kamu diakses olehnya. Foto, video, dokumen, dan aplikasi yang tidak boleh dilihat oleh orang lain, akhirnya aman.

Download AppLock


Itulah cara menyembunyikan file, folder, foto, video, dan aplikasi dengan mudah. Dengan begini, maka file atau folder rahasia pun akan tetap terjaga, meski smartphone Android-mu sering dipinjam-pinjam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.