Masih Hangat
memuat ...

Sabtu, 05 Agustus 2017

Share:

Cara Tambah Kontak/Nomor WhatsApp di Android/iPhone (Dalam/Luar Negeri)

whatsapp message

WhatsApp punya keunikan yang tak dimiliki oleh pengguna aplikasi chatting lainnya. WhatsApp adalah aplikasi berbagi pesan yang paling sederhana, ringan, namun penuh dengan fitur yang berguna.

Hampir sama seperti aplikasi telepon gratis lainnya, WhatsApp juga memiliki sistem kontak atau akun berdasarkan nomor telepon. Tanpa nomor telepon, kamu tak bisa memiliki akun WhatsApp. Tanpa nomor telepon, kamu juga tak bisa menghubungi teman-teman kamu di WhatsApp.

Ketika kamu pertama kali mendaftar WhatsApp, ia akan secara otomatis mendeteksi dan memasukkan seluruh kontak di buku telepon sebagai kontak WhatsApp.

Tapi, bagi kamu yang belum menyimpan nomor telepon di buku telepon, namun ingin menambahkan kontak WhatsApp tersebut secara manual, kamu bisa melakukannya dengan mudah.

#1 Cara Mudah Menambah Kontak/Nomor WhatsApp

Karena kontak WhatsApp hanya bisa ditambahkan dari buku telepon, kita perlu menyimpan nomor telepon tersebut ke dalam buku telepon secara manual. Tapi sekarang, kita bisa melakukannya bersamaan langsung dari WhatsApp, dan tak perlu membuka buku telepon bawaan.

Tutorial ini menggunakan contoh aplikasi WhatsApp di Android, tepatnya di Xiaomi. Untuk pengguna iPhone atau Windows 10 Mobile, mohon sesuaikan saja.

Buka aplikasi WhatsApp.

Lalu pilih tombol Chat Baru di pojok kanan bawah layar. Pilih tombol yang berada di sebelah kanan tombol Search.

menambah kontak whatsapp

Muncullah aplikasi buku telepon bawaan di Android. Isi nama nomor telepon yang kamu inginkan, dan isi pula nomor teleponnya. Pilih OK kalau selesai, maka nomor telepon pun telah berhasil ditambahkan.

cara tambah nomor wa

Jika nomor telepon tersebut memiliki akun WhatsApp, maka dalam aplikasi buku telepon di Android biasanya akan menampilkan langsung tombol WhatsApp di bawah nomor telepon. Pilih tombol WhatsApp tersebut.

Kalau ternyata tidak ada tombol WhatsApp tersedia di bawah nomor telepon yang baru ditambahkan, itu artinya nomor telepon tersebut tidak memiliki akun WhatsApp yang terdaftar.

Setelah memilih tombol WhatsApp, kamu bisa memilih untuk mengirimi pesan, membuat panggilan telepon gratis (lewat internet), atau membuat video call dengan mudah di sana.

menambah kontak nomor baru whatsapp

Pilih Message (nomor telepon) untuk langsung mengirim pesan WhatsApp.

whatsapp message

Sampai sini, kamu sudah bisa menambah kontak WhatsApp.

Tapi, bagaimana jika nomor telepon yang ditambahkan sebagai kontak WhatsApp adalah nomor telepon luar negeri?

#2 Cara Tambah Kontak/Nomor WhatsApp dari Luar Negeri

Solusi dari masalah ini mudah saja. Tinggal gunakan format nomor telepon internasional dengan menggunakan kode negara masing-masing asal nomor telepon.

Contohnya, +62 adalah kode nomor telepon Indonesia. Ketika nomor telepon tersebut memiliki awalan nol (0), maka hilangkan angka nol tersebut dan ganti dengan angka +62.

Begitu pula untuk nomor telepon dari negara lainnya. Ubah angka nol menjadi kode nomor telepon asal negaranya. Misalnya Singapura dengan +65, atau Malaysia dengan +60.


Kamu telah berhasil menambah kontak WhatsApp dengan nomor telepon baik lokal maupun luar negeri. Kontak WhatsApp yang berdasarkan nomor telepon kadang sedikit membingungkan, terutama bagi pengguna yang baru menggunakan WhatsApp.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.