Masih Hangat
memuat ...

Jumat, 04 Agustus 2017

Share:

Cara Membuat Huruf Tebal, Miring, Dicoret di WhatsApp pada Android, iPhone, atau WhatsApp Web di PC/Laptop

cara membuat huruf teks di whatsapp jadi tebal, miring, dicoret

WhatsApp yang merupakan aplikasi pengirim pesan dan telepon gratis yang sangat populer, menyajikan salah satu fitur yang sudah dirilis pada 2016 yang lalu.

Fitur WhatsApp ini dapat mengubah gaya atau tampilan teks menjadi huruf cetak tebal (bold), cetak miring (italic), dicoret (strikethrough), dan tampilan font “monospace” yang biasa terdapat pada game-game retro semacam Nintendo atau tampilan font jadul pada mesin ketik.

Sayangnya, WhatsApp tak menyajikan tombol atau menu khusus yang memungkinkan kita untuk menulis huruf tebal, miring, dicoret, atau tampilan font hasil mesin ketik monospace yang unik.

Kamu hanya bisa membuat huruf bold, italic, stikethrough, dan teks dengan bergaya monospace di WhatsApp secara manual dengan menambahkan kode-kode tertentu.

Tapi, apa kode-kode itu? Bagaimana caranya membuat pesan di WhatsApp dengan tampilan cetak tebal, miring, dicoret, atau monospace?

#1 Cara Menulis Huruf Tebal di Percakapan WhatsApp

Buka WhatsApp. Buka salah satu chat yang hendak kamu kirimi chat lagi dengan huruf tebal, miring, dicoret, atau monospace.

Pada kotak chat, ketik pesan seperti biasa. Untuk mengubah salah satu atau lebih kata menjadi huruf tebal, kamu tinggal menambahkan simbol atau tanda bintang (*) dari keyboard smartphone di antara teks, kata, atau kalimat yang ingin diubah menjadi cetak tebal.

whatsapp android huruf tebal

Contoh: *teks tebal*

Kemudian, WhatsApp akan secara otomatis mengubah tulisan dengan style biasa menjadi style bold atau cetak tebal. Pilih tombol Send untuk mengirim pesan.

menulis huruf tebal di whatsapp

Seketika itu, pesan WhatsApp yang telah diberi cetak tebal akan terkirim, dan si penerima pesan WhatsApp itu juga akan melihat tulisan kamu dengan style bold.

huruf tebal whatsapp

Cetak tebal ini akan membuat kata atau kalimat yang kamu ketik terkesan kuat, sulit dibantah, atau agar si pengguna WhatsApp lain sedikit lebih sadar dengan apa yang hendak kamu obrolkan.

#2 Cara Membuat Huruf di WhatsApp Jadi Miring

Untuk membuat huruf menjadi cetak miring di WhatsApp, kamu tinggal menambahkan simbol atau tanda garis bawah atau underscore (_) dari keyboard Android, iPhone, atau komputer kamu.

huruf miring whatsapp

Taruh tanda underscore di antara kata atau kalimat yang ingin diubah menjadi huruf miring. Maka nantinya WhatsApp akan mendeteksi tanda underscore dan mengubah teks tersebut menjadi huruf miring.

huruf miring whatsapp

Contoh: _teks miring_

Kirim pesan tersebut, maka pesan dengan cetak miring akan terkirim kepada teman, pacar, atau rekan kerja di WhatsApp.

membuat huruf miring di whatsapp

#3 Cara Menambah Huruf Terlihat Dicoret di WhatsApp

Sedikit berbeda untuk menambah huruf yang tampak dicoret. Kamu perlu menambah kode atau tanda tilde, yakni simbol pada keyboard yang menyerupai tanda strip namun melengkung dan agak zigzag.

huruf dicoret di whatsapp

Taruh simbol tilde (~) di antara awal dan akhir teks pesan WhatsApp yang hendak diberi tanda coret.

huruf dicoret di whatsapp

Contoh: ~teks dicoret~

Ketika terkirim, teks tetap akan tampil tercoret pada WhatsApp milik si penerima pesan.

membuat huruf jadi tercoret di whatsapp

#4 Cara Ubah Huruf Biasa Jadi Monospace di WhatsApp

Monospace tampak sangat unik. Font yang digunakan pada mesin ketik ini dapat kamu tampilkan pada pesan WhatsApp.

Tinggal tambahkan tiga kode atau tanda acute (```) di antara awal dan akhir teks atau kalimat yang hendak kamu ganti menjadi monospace. Tanda acute (```) ya, bukan tanda kutip biasa (‘’’).

huruf retro nintendo monospace di whatsapp

Contoh: ```teks menjadi monospace```

Ketika semua sudah tampil dalam monospace, jarak teks akan berjauhan dan tampil layaknya font pada mesin ketik.

huruf monospace di whatsapp android iphone

Tinggal kirim pesan WhatsApp itu, maka si penerima akan melihat tampilan teks chat dengan font monospace.

huruf monospace di whatsapp cara


Format teks di WhatsApp sangatlah berguna. Kamu bisa membuat huruf tebal (bold), miring (italic), dicoret (strikethrough), atau font jadul monospace di WhatsApp pada smartphone Android, iPhone, Windows 10 Mobile, juga termasuk WhatsApp Web di komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.