Masih Hangat
memuat ...

Rabu, 28 Juni 2017

Share:

Selain YouTube, Ini 8 Situs Video Alternatif yang Terkenal di Dunia

Mungkin kamu berpikir bahwa YouTube yang menjadi situs berbagi video terbaik dan paling populer. Kamu salah.

Tapi, kalau kamu sudah agak bosan dengan YouTube, sudah agak muak dengan video-video YouTube, atau bahkan YouTube diblokir di sekolah atau jaringan internet yang kamu gunakan, kamu boleh mencoba situs berbagi video yang lain.

Kamu mungkin belum pernah tahu tentang keberadaan 8 situs berbagi video yang mungkin lebih baik, lebih populer, atau mungkin terbaik, selain YouTube, yang akan menjadi alternatif ketika kamu sudah bosan dengan YouTube.

#1 Vimeo

vimeo alternatif youtube

Vimeo adalah situs berbagi video yang memiliki keunikan tersendiri. Hampir sama dengan YouTube, Vimeo juga menyajikan video-video yang di-upload oleh user-user-nya.

Dalam sudut pandang pengunjung biasa, Vimeo tampak basi dan membosankan. Tapi kenyataannya, Vimeo menyajikan pilihan-pilihan video yang dianggap menarik dan berkualitas (unik).

vimeo youtube

Karena itu, filter konten dewasa di Vimeo sangatlah lemah. Di Vimeo, kamu bisa menonton video apa pun tanpa perlu memikirkan rating dewasa atau semacamnya. Mungkin itu sebabnya Vimeo diblokir di Indonesia.

Tapi, ketika sedang bosannya, kamu bisa membuka situs Vimeo dengan bantuan VPN. Kamu masih bisa membuka situs Vimeo yang diblokir dengan aplikasi VPN di smartphone atau PC/laptop kamu. Tapi jangan kalau usia kamu masih di bawah umur ya.

Bagusnya, Vimeo tak memiliki iklan. Ia juga menyajikan serial drama TV yang bisa kamu tonton di sana. Tentunya, serial TV yang disajikan tidak gratis, dan harus berlangganan.

#2 Dailymotion

situs selain youtube

Ini mungkin situs yang paling mirip dengan YouTube. Situs ini menyajikan video-video yang di-upload dan dibagikan oleh penggunanya yang juga bisa kamu tonton secara gratis.

dailymotion

Biasanya, video-video yang tak bisa ditonton di YouTube, karena masalah hak cipta atau usia di bawah 18 tahun, dapat kamu tonton di Dailymotion. Mungkin Dailymotion yang menjadi situs alternatif terbaik selain YouTube.

#3 Veoh

veoh situs video

Veoh adalah perusahaan internet TV yang berkantor di California, yang kini telah diakuisisi oleh Qlipso. Veoh hampir sama seperti YouTube. Ia menyajikan video-video yang di-upload oleh penggunanya.

Bedanya, Veoh menyajikan banyak video-video klip dari televisi luar. Video-video yang di-upload oleh users-nya juga kebanyakan amatir dan kurang berkualitas. Tapi, Veoh juga bisa menjadi alternatif YouTube ketika kamu sudah terlalu bosan dengan situs video lainnya.

#4 The Open Video Project

open video project

Website ini dibuat di Universitas North Carolina Chapel Hill’s School of Information and Library Science tepatnya di Interaction Design Laboratory. Webste ini juga dibuat bertujuan untuk menyimpan arsip dan dokumentasi ilmiah dalam bentuk video.

video sejarah

Makanya, semua konten atau video dalam The Open Video Project bersifat edukasi. Kamu bisa menonton video dokumentasi yang bersejarah dari NASA dan film-film edukasi tahun 1950-an di sini.

#5 Internet Archive

internet archive

Internet Archive adalah perpustakaan non-profit berbasis online yang menyajikan buku, software, film, gambar, dan musik secara gratis. Tentu saja, semua konten di dalamnya dapat dilihat oleh siapa pun, termasuk video.

Di Internet Archive, kamu bisa menonton video, film, serial TV jadul secara gratis. Mulai dari video seni abstrak, klip footage untuk bahan membuat film, sampai film-film Charlie Chaplin.

youtube

Internet Archive tampaknya bukan hanya menjadi situs video alternatif selain YouTube, melainkan pula penyedia semua jenis konten seperti video, musik, lagu, gambar, software, buku, dan konten web lainnya – secara gratis.

#6 9GAG.tv

9gag video

9GAG sudah terkenal sebagai situs meme, foto, GIF, atau video lucu yang menghibur di dalamnya. Situs populer ini bukan hanya menyajikan konten dalam bentuk foto, melainkan pula video dalam 9GAG.tv.

youtube

Berbagai jenis video disajikan di sana. Tak cuma menyajkan video lucu, kadang di sana juga terdapat video unik yang NSFW, fakta yang menarik dan tak biasa, review film yang unik, hingga video gaming.

#7 MySpace

myspace lagu musik movie

MySpace dulunya adalah sebuah jejaring sosial yang popularitasnya kalah oleh Facebook. Sekarang, MySpace tetaplah sebuah media sosial, namun berfokus untuk menyajikan musik dan video yang di-upload oleh users-nya.

Di MySpace, kamu bisa mendengarkan lagu dari penyanyi-penyanyi terkenal, dan menonton video-video eksklusif dari MySpace atau yang di-upload oleh pengguna lain.

#8 Metacafe

metacafe video

Situs berbagi video yang cukup populer ini punya keunikan tersendiri. Kamu akan melihat video-video yang durasinya hanya beberapa menit. Serta, tampilannya dan fiturnya yang sederhana memudahkan kamu untuk mencari video. Seperti “Latest”, “Popular”, dan “Trending”.

Di Metacafe, kamu bisa menonton video tutorial menggambar, review produk, atau sekedar video yang diambil secara amatir. Mungkin secara kualitas, YouTube masih lebih baik. Tapi Metacafe cukup bagus untuk menonton video klip yang tak terlalu serius dan menguras otak.


Sebagian situs berbagi video memiliki keunikan tersendiri. Sebagian yang lain hampir mirip dan berfungsi sama layaknya YouTube. Setiap situs video bisa menjadi alternatif ketika kamu sudah bosan dengan apa yang ada di YouTube.

Apa situs alternatif YouTube pilihan kamu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.