Masih Hangat
memuat ...

Selasa, 13 Juni 2017

Share:

Cara Mudah Buka Situs yang Diblokir ISP/Pemerintah

situs diblokir pemerintah isp

Sudah terlalu banyak situs web yang diblokir oleh ISP (Internet Service Provider). Semua pemblokiran biasanya diminta oleh Kominfo, dengan alasan pornografi/konten dewasa, judi, SARA, hingga situs-situs radikal.

ISP semisal XL, Smartfren, 3, Axis, IndiHome, First Media, dan lain-lain memblokir seluruh situs-situs yang dianggap negatif.

Mungkin sebagian ISP tak terlalu up-to-date soal daftar/database situs yang diblokirnya. Tapi pemblokiran situs kadang menyebalkan ketika yang diblokir sebenarnya adalah situs yang aman, Reddit misalnya.

Tanpa ribet, kamu bisa membuka situs-situs yang diblokir tersebut dengan cara yang sangat simpel dan mudah. Kamu bisa melakukannya di PC, laptop, atau komputer, termasuk smartphone Android atau iPhone/iPad kamu.

#1 Membuka Situs yang Diblokir dengan VPN

hotspot shield

VPN adalah alat enkripsi jaringan Wi-Fi yang sedang terhubung/terkoneksi ke PC atau smartphone kamu. VPN pada dasarnya bekerja untuk “menyembunyikan” traffic, sehingga apa saja yang kamu lakukan di internet dan history browser kamu tak akan tercium oleh ISP maupun pemerintah.

Bagusnya, VPN juga bisa berfungsi untuk membuat perangkat kamu seolah berada di tempat lain. Singkatnya, kamu bisa membuka situs yang diblokir di Indonesia, seolah kamu berada (misalnya) di USA dengan bantuan VPN.

Layanan VPN pun sudah sangat banyak. Salah satunya Hotspot Shield.

hotspot shield vpn untuk situs yang diblokir

Kamu bisa menggunakan Hotspot Shield untuk membuka situs yang diblokir. Gunakan ekstensinya di browser seperti Google Chrome, Firefox, Opera. Sehingga, kamu bisa menikmati situs yang diblokir dengan mudah di browser.

hotspot shield

Download Ekstensi Hotspot Shield untuk Google Chrome dan Opera

Download Ekstensi Hotspot Shield untuk Mozilla Firefox

Atau, download dan install aplikasinya di komputer atau laptop. Kamu juga bisa menggunakan aplikasinya di smartphone Android, iPhone/iPad, atau Windows 10 Mobile.

hotspot shield

Ketika software/app/ekstensi Hotspot Shield ter-install, kamu bisa mengaktifkannya untuk mengunjungi situs yang diblokir oleh ISP yang kamu gunakan.

Selain Hotspot Shield, kamu bisa menggunakan Turbo VPN atau Hola Free VPN Proxy di Android. Masih banyak layanan VPN gratis selain Hotspot Shield. Namun untuk saat ini, Hotspot Shield-lah yang paling terpercaya.

turbo vpn untuk membuka blokir

Buat kamu yang bosan menggunakan VPN untuk membuka situs yang diblokir, kamu bisa menggunakan cara yang lain.

#2 Buka Situs yang Diblokir dengan Situs Proxy

Proxy dan VPN memiliki satu kesamaan, yakni kedua-duanya bisa membuat device/perangkat yang kamu gunakan seolah berada di tempat lain.

Dan, sangat banyak layanan proxy gratis di internet. Kamu bisa menggunakan salah satunya Hide.me.

hide.me proxy situs yang diblokir

Tinggal masukkan URL situs tujuan yang hendak dikunjungi. Maka, URL yang sebelumnya diblokir tersebut, akan dapat sobat kunjungi dengan proxy ini.

Selain Hide.me, kamu juga bisa menggunakan Whoer.net.

Situs-situs proxy tersebut hanya merupakan layanan proxy biasa. Sebenarnya jauh lebih mudah jika menggunakan aplikasi VPN di PC atau smartphone semacam Hotspot Shield, ketimbang menggunakan situs proxy.

Malas menggunakan situs proxy atau aplikasi VPN untuk membuka situs yang diblokir?

#3 Gunakan Alamat IP ketimbang Domain Situs yang Diblokir

alamat ip website yang diblokir

Setiap situs web pasti memiliki alamat IP. Tapi tak semua situs web secara cuma-cuma menunjukkan alamat IP-nya. Alasannya tak lain adalah keamanan situs web.

Domain situs web (contoh: kompiwin.com) mungkin diblokir. Namun alamat IP-nya dapat kita akses dan buka secara bebas di browser.

Untuk mengetahui alamat IP dari sebuah situs web, buka CMD dan masukkan kode “ping www.contohdomain.com”. Tekan Enter, maka alamat IP akan muncul.

Tak semua website menampilkan alamat IP-nya. Jadi, akan lebih baik menggunakan aplikasi VPN, atau situs proxy, ketimbang menggunakan cara ini.

#4 Menggunakan Google Translate

Ini mungkin cara yang agak konyol. Tapi, Google Translate bisa kita manfaatkan sebagai situs proxy. Ia memiliki fitur penerjemah web yang mampu menerjemah setiap kata dalam suatu halaman web.

Buka Google Translate. Ketik URL target yang ingin dibuka blokir.


Masih ada banyak cara untuk membuka situs web yang diblokir. Namun keempat cara di atas tampaknya sudah cukup. Karena, paling-paling aplikasi VPN yang akan digunakan untuk membuka situs web yang diblokir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.