Masih Hangat
memuat ...

Jumat, 30 Juni 2017

Share:

Cara Memfilter Sinar Biru di Smartphone Android/iPhone demi Tidur yang Lebih Nyenyak

cara filter blue light di android

Cahaya atau sinar biru adalah paparan cahaya yang dipancarkan dari layar gadget yang kita gunakan. Sinar biru bisa muncul dari laptop, PC, smartphone, tablet, atau televisi, atau gadget atau perangkat elektronik lain dengan layar digital.

Sinar biru yang muncul diciptakan untuk membantu produktivitas. Ketika kita merasa mengantuk, maka sinar biru yang muncul dari laptop/smartphone akan meningkatkan kesadaran dan menahan rasa kantuk kita.

Sinar biru juga muncul dari matahari. Cahaya mataharilah yang menyugesti kita untuk tetap bangun di siang hari . Tapi, sinar biru akan sangat berbahaya ketika muncul di malam hari, waktu kapan seharusnya kita tidur dan beristirahat.

Jika kita terpapar sinar biru di malam hari, maka jam tidur akan terganggu. Kita akan tetap bangun dan tidak bisa tidur meski mata sudah lelah. Tidur 8 jam sehari pun akan berkurang karena begadang untuk hal-hal yang tak penting.

Maka dari itu, gunakanlah aplikasi filter blue light di smartphone Android atau iPhone. Atau, gunakan mode gelap atau dark theme atau kurangi kecerahan layar sesedikit mungkin di malam hari.

#1 Menggunakan Aplikasi Filter Sinar Biru Twilight

twilight blue light filter app

Twilight adalah aplikasi blue light filter terbaik yang tersedia secara gratis di Google Play. Dengan aplikasi ini, kamu bisa memfilter pancaran sinar biru yang keluar dari layar smartphone Android kamu.

Kerennya, Twilight mampu mengurangi kecerahan layar smartphone sesedikit mungkin hingga settings-an yang kamu inginkan. Kecerahan layar diatur sesedikit mungkin agar sinar biru yang dipancarkan juga semakin berkurang.

blue light filter sinar biru

Kamu bisa mengatur temperatur warna kuning yang muncul tergantung tingkat kenyamanan yang kamu inginkan. Warna kuning ini akan memfilter sinar biru sehingga jam tidur tak lagi terganggu.

Install dan gunakan aplikasi ini di malam hari, ketika kamu membaca ebook, timeline media sosial Facebook, atau ber-chat dengan teman di WhatsApp tanpa membuat rasa kantuk kamu berkurang, sehingga tidur pun lebih nyenyak.

Lebih bagus lagi, aplikasi ini juga mampu mengatur kecerahan secara otomatis tergantung tingkat kegelapan/kecerahan situasi dan kondisi di mana kamu berada sekarang.

Download Twilight untuk Android

#2 Mengurangi Tingkat Kecerahan Layar dengan Lux

lux mengatur kecerahan layar

Sejumlah smartphone Android buatan sejumlah manufaktur memiliki kekurangan pada satu hal ini: tidak bisa mengatur tingkat kecerahan seminimal mungkin.

Ketika kamu menggeser tombol slider brightness ke paling kiri di panel Notifikasi pada Android, dan ternyata tingkat kecerahan bisa berkurang sekurang-kurangnya hingga sangat gelap, maka beruntunglah ternyata manufaktur smartphone yang kamu gunakan peduli dengan smartphone pabrikannya.

Sebaliknya, kalau ternyata kecerahan layar smartphone masih agak terang di ruangan gelap meski kamu telah mengaturya seminimal mungkin, maka kamu butuh aplikasi Lux.

lux

Lux mampu mengurangi kecerahan layar smartphone di bawah standar default minimal kecerahan layar smartphone, terlebih ketika kamu berada di ruangan gelap. Dengan begini, bukan hanya baterai smartphone yang dihemat, melainkan pula mata tak terlalu lelah dan badan pun dapat beristirahat.

Download Lux untuk Android

#3 Menggunakan Fitur Filter Sinar Biru Bawaan Smartphone

Sejumlah manufaktur smartphone memiliki fitur blue light filter sendiri. Misalnya Xiaomi dengan fitur reading mode-nya. Fitur ini akan menghangatkan warna layar menjadi kekuningan, sehingga tidur tak terganggu lagi karena layar smartphone.

Di Xiaomi, masuk ke Settings > Display > Reading Mode.

xiaomi reading mode blue light filter

Kamu bisa mengatur jadwal otomatis kapan filter sinar biru menyala.

#4 Mengurangi ‘Blue Light’ tanpa Pakai Aplikasi Filter

Tak ingin layar menjadi kekuningan karena pakai aplikasi filter seperti Twilight? Atau, tak mau layar terlalu gelap karena mengurangi kecerahan layar di bawah standar?

Kamu masih bisa mengurangi pancaran blue light dengan menggunakan mode gelap atau dark theme. Sejumlah aplikasi biasa memiliki tema gelapnya sendiri untuk membuat tampilan menjadi gelap.

blue light

Contohnya, aplikasi pembaca PDF Xodo atau Google Play Book. Ketika kamu membaca ebook atau buku favorit di sana, kamu tak perlu merasa silau karena membaca di ruangan gelap, karena kedua aplikasi tersebut punya tema gelap sendiri.

Cobalah untuk selalu mengaktifkan tema gelap atau dark mode pada aplikasi yang sedang digunakan. Terlebih ketika kamu menggunakannya di malam hari.


Blue light atau sinar biru yang dipaparkan layar smartphone memang sangat berbahaya. Bukan hanya memboroskan baterai smartphone, melainkan pula bikin susah tidur meski mata sudah sangat lelah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.