Masih Hangat
memuat ...

Sabtu, 13 Mei 2017

Share:

5 Aplikasi Text To Speech dalam Bahasa Indonesia Gratis di PC dan Smartphone

cara download text to speech bahasa indonesia

Siapa yang tidak tahu “text to speech”?

Dengan sebuah aplikasi atau software text to speech, kamu bisa mengetik sejumlah kalimat dan meminta komputer atau smartphone untuk membacakannya, seperti layaknya orang berbicara.

Biasanya, teks to speech digunakan karena kebutuhan masyarakat dalam proses pembuatan video tutorial (sebagai narasinya), juga video presentasi biasa. Dengan text to speech, kamu juga bisa belajar bahasa Inggris atau asing lainnya dengan mudah.

Text to speech yang kini sudah ditanamkan dalam smartphone dan komputer, masih belum menyajikan bahasa Indonesia ke dalam salah satu bahasa text to speech.

Namun, dengan 5 aplikasi ini, kamu bisa menyuruh komputer atau smartphone kamu menyebutkan kata-kata yang kamu inginkan dalam bahasa Indonesia.

Apa sajakah aplikasi atau software itu?

#1 Text To Speech Milik Google Translate

cara download text to speech bahasa indonesia

Google Translate yang kita tahu adalah aplikasi penerjemah bahasa yang paling populer. Beragam bahasa dapat diterjemahkan, termasuk bahasa Indonesia. Bagusnya, Google Translate menambahkan text to speech sebagai fitur tambahannya.

Fitur text to speech dari Google Translate menyajikan beragam bahasa untuk diucapkan, dari kata-kata yang sobat terjemahkan di sana. Bahasa Indonesia pun tak ketinggalan. Kamu bisa menyuruh Google Translate untuk menyebutkan kata-kata dalam bahasa Indonesia.

Bagusnya, Google Translate juga tersedia sebagai aplikasi di Android dan IOS. Itu artinya, kamu bisa menggunakan fitur text to speech di smartphone menggunakan Google Translate.

Download Google Translate untuk Android

Download Google Translate untuk iPhone atau iPad (iOS)

Fitur text to speech dalam Google Translate mampu membacakan teks dengan intonasi suara yang tak terlalu datar, serta lebih halus dibandingkan yang lainnya.

#2 Aplikasi Google Text-To-Speech di Android

text to speech di android download

Berbeda dengan fitur text to speech kepunyaan Google Translate, aplikasi Google Text-To-Speech di Android justru bekerja sebagai “engine” atau mesin text to speech yang bisa digunakan dalam aplikasi apa pun di Android.

Contohnya adalah Pocket. Jika kamu menggunakan Pocket, kamu bisa membacakan artikel yang kamu simpan di Pocket dengan menggunakan Google Text-To-Speech.

Intonasi dan artikulasi suara vokal bahasa Indonesia yang diucapkan oleh Google Text-To-Speech hampir menyerupai suara manusia. Seperti pembaca acara berita di TV.

Meski begitu, fitur text to speech-nya sangatlah berguna, terlebih jika kamu malas membaca artikel di Pocket, dan hanya ingin mendengarkan saja.

Download Google Text-To-Speech untuk Android

#3 Aplikasi Web ResponsiveVoice

text to speech di pc laptop gratis

Jika kamu malas menguras kuota untuk men-download aplikasi, kamu dapat menggunakan aplikasi web ResponsiveVoice.

ResponsiveVoice menyajikan text to speech dengan intonasi dan artikulasi suara wanita dalam bahasa Indonesia yang mirip aslinya. Setiap kata, kalimat, paragraf yang dibacakannya enak didengar.

Meski pembacaannya yang terlalu cepat, ResponsiveVoice tak perlu di-download. Kamu dapat menggunakannya langsung di browser seperti Chrome, Firefox, Edge, Safari, dan browser di smartphone.

Tentu saja, tak ada aplikasi yang sempurna. ResponsiveVoice masih agak datar dalam sejumlah kata-kata dalam bahasa Indonesia.

Kunjungi ResponsiveVoice

#4 Aplikasi Web Oddcast

text to speech bahasa indonesia

Sama seperti ResponsiveVoice, Oddcast adalah aplikasi text to speech berbasis web. Intonasi dan artikulasi suara bahasa Indonesianya lebih datar dari ResponsiveVoice. Buruknya lagi, Oddcast hanya mampu membacakan kata-kata dalam jumlah yang sedikit.

Meski begitu, Oddcast memungkinkan kita untuk memodifikasi level dan efek dari suara yang membaca. Suara untuk text to speech bahasa Indonesia juga tak ketinggalan.

Kunjungi Oddcast

#5 IndoTTS

text to speech indonesia software http://indotts.software.informer.com/0.9/

gambar: indotts.software.informer.com/0.9/

Jika kamu menggunakan komputer, kamu dapat menggunakan IndoTSS sebagai software text to speech untuk bahasa Indonesia.

Software ini dibuat oleh seorang dosen ITB Arry Akhmad Arman di Belgia pada tahun 2000.

Software text to speech ini mampu membacakan kata-kata yang kamu ketik dengan intonasi dan artikulasi yang menyerupai suara orang Indonesia pada umumnya.

Selain itu, kamu juga bisa mengontrol kecepatan suaranya di sana. Aplikasi text to speech berbahasa Indonesia ini gratis untuk di-download.

IndoTTS adalah aplikasi text to speech pertama dalam bahasa Indonesia, dan telah meraih berbagai penghargaan. Sayangnya, setelah belasan tahun lamanya, aplikasi ini tidak dikembangkan.

Download Indo TTS


Pada akhirnya, beragam aplikasi dan software text to speech tak menyajikan suara-suara dengan intonasi dan artikulasi yang sepenuhnya tepat. Tidak sempurnanya aplikasi text to speech tak perlu membatasi karya yang kita buat.

Jika sobat sedang membuat video, dan memerlukan narasi, maka lebih baik gunakan suara manusia asli saja. Datarnya suara aplikasi text to speech membuat video yang dibuat tampak kurang enak ditonton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.