Masih Hangat
memuat ...

Sabtu, 08 April 2017

Share:

Cara Membatasi Kecepatan Internet agar Kuota Lebih Awet

cara membatasi kecepatan internet

Internet sudah membantu hidup manusia secara keseluruhan. Kita tahu itu.

Sayangnya, kecepatan internet di Indonesia masih kalah kencang (lambat) dibanding negara tetangga lainnya. ISP di Indonesia sendiri sudah menyuguhkan jaringan internet 4G yang dianggap lebih kencang.

Internet yang lebih kencang mungkin sangat dibutuhkan dan sangat membantu. Namun para ISP yang “licik” kerap membuat paket kuota internet semakin mahal, dan membatasi kuota yang disediakannya – sesedikit mungkin.

Unlimited pun dibeli. Namun ternyata paket unlimited yang lebih murah dan “pasti” kini dibatasi dengan kuota FUP – yang membuat kecepatan internet jadi lebih lambat. Ini konyol memang, tapi begitulah kenyataannya.

Bagi sobat yang memiliki dilema semacam ini, tentunya akan berusaha menghemat kuota sehemat dan seawet mungkin. Ini pun demi kondisi finansial (agar tak boros duit). Di sini, rasa takut kuota cepat habis terasa sangat mencekik.

Tapi, jangan khawatir soal kuota lagi. Sobat kini dapat menggunakan satu aplikasi yang dapat membatasi kecepatan internet di Windows. Aplikasi ini mampu membatasi jaringan internet, proses upload dan download dari berbagai program/software yang sedang berjalan.

Ketika kecepatan internet dibatasi, kuota akan lebih hemat. Jauh lebih hemat.

# Membatasi Kecepatan Internet dengan NetLimiter

NetLimiter mungkin menjadi software terbaik untuk membatasi kecepatan internet. Sobat dapat men-download software ini secara gratis di sini.

Ketika sudah menginstall, jalankan aplikasi tersebut. Sobat akan melihat daftar aplikasi/software yang sedang berjalan – dalam bentuk proccess.

batasi kecepatan internet agar lebih hemat

Setiap proccess melibatkan jaringan internet yang terhubung – yang mungkin bisa menguras kuota internet sobat. Jika ada aplikasi yang memakai jaringan internet dengan kecepatan yang terlalu kencang, batasi kecepatannya.

Caranya adalah dengan memberi centang pada DL Limit (Download Limit) dan UL Limit (Upload Limit) pada aplikasi target. Ketika dicentang, aplikasi akan memakai internet sesuai batasan yang diberlakukan.

cara membatasi kecepatan wifi

Secara default, batasan kecepatan internet yang diberlakukan adalah 5KB/s. Untuk mengubah batasan 5KB/s ini, klik pada “KB/s”-nya – pada DL Limit atau UL Limit – sesuai yang sobat inginkan.

Kemudian muncul “RuleEditor”. Lalu ubah angka pada “Value” > “Limit”. Sobat juga dapat mengubah batasan kecepatan internet menjadi B/s, MB/s, GB/s, dan sebagainya.

membatasi kecepatan jaringan komputer

Jika sudah mengatur berapa KB/s sebagai batasan kecepatan internet, klik Save.

Lalu cobalah membuka aplikasi yang ditargetkan. Misalnya Firefox, Chrome, Internet Download Manager, atau Skype, atau aplikasi/software apa pun yang pemakaian internetnya dibatasi – agar sesuai dengan kecepatan yang sobat tentukan.

Sobat akan merasakan sedikit kelambatan di sana. Itulah efek utama ketika sobat membatasi kecepatan internet. Tapi inilah yang sobat inginkan, karena dengan internet lebih lambat, kuota internet jadi lebih hemat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.