Masih Hangat
memuat ...

Rabu, 21 Januari 2015

Share:

3 Cara Mengakses 'Advanced Boot Option Menu' di Windows 8 dan Windows 8.1

advanced boot option menu startup option

Di Windows 8 dan versi Windows selanjutnya, semua opsi boot disatukan dalam boot menu khusus yang muncul dengan beberapa cara yang lebih aman ketimbang menekan F8 saat sebelum booting. Mungkin karena keamanan atau Microsoft ingin mempercepat proses booting, fungsi F8 untuk mengakses boot menu dihilangkan di Windows 8 dan Windows 8.1. Tapi tenang saja, ada cara lain untuk mengakses boot menu ini.

Advanced boot option menu adalah menu yang berguna untuk melakukan sesuatu yang berkaitan dengan booting. Misalnya safe mode, System Restore, System Image Recovery, dan lainnya yang dapat diakses melalui boot menu ini. Semua cara di bawah ini berlaku untuk Windows 8 dan Windows 8.1.

Cara mengakses boot menu

1. Menekan Shift dan tombol Power secara bersamaan

Ini adalah cara yang paling sederhanana. Jika PC Anda dapat booting hingga login screen, maka untuk mengakses boot menu ini, Anda hanya perlu menekan Shift lalu mengklik tombol "Restart" secara bersamaan. Setelah itu, PC Anda akan me-restart dan mengalihkan Anda ke boot menu.
login screen

Tombol Power mana pun akan tetap bekerja untuk mengakses boot menu. Misalnya tombol "Power" yang berada di Settings charm. Ini sederhana sekali.
power option

2. Mengakses boot menu melalui Command Prompt

Ini benar-benar berhasil dilakukan. Untuk membuka CMD (Command Prompt), klik-kanan tombol Start, pilih "Command Prompt (Admin)". Jika Anda tidak memiliki akses administrator, pilih "Command Prompt".
start menu

Lalu masukkan perintah ini:
shutdown.exe /r /o
cmd

Lalu tekan Enter. Kemudian muncul pesan ini yang menandakan bahwa Anda akan sign-out dan PC Anda akan me-restart dengan sendirinya untuk mengakses boot menu setelahnya.

3. Melalui PC Settings

Cara ini lebih merepotkan. Buka PC Settings, pilih Update and Recovery. Lalu klik Recovery. Pilih "Restart now" pada grup "Advanced startup".

Setelah itu, PC akan me-restart dengan sendirinya dan menampilkan boot menu.
Sebenarnya, Windows 8 dan Windows 8.1 memiliki fitur automatic restart after failur yang berguna untuk menampilkan boot menu secara otomatis saat Windows tidak booting sepenuhnya.

Tingkat lanjut

Setelah melakukan salah satu dari ketiga cara di atas, maka boot menu akan muncul. Klik "Troubleshot".

Di sini, Anda dapat me-refresh atau me-reset Windows melalui kedua opsi ini. Klik "Advanced option" untuk mengakses advanced boot option menu.

Di sini terdapat opsi yang lebih dalam. Anda dapat menggunakan System Restore, System Image Recovery, Startup Repair, dan lainnya. Pilih salah satu opsi yang hendak digunakan. Tapi di sini, kita akan menjelajahi opsi tingkat lanjut. Klik "Startup Settings".

Melalui ini, pengguna dapat melakukan sesuatu yang lebih dalam lagi, salah satunya adalah mengakses safe mode . Klik "Restart" untuk mengakses salah satu dari mereka.

Setelah itu PC akan booting kembali dan menampilkan pilihan ini:

Klik salah satu fungsi F1 sampai F9, sesuai dengan perintah yang Anda inginkan. Atau tekan F10 untuk melihat opsi yang lebih dalam. Tekan Enter untuk booting yang normal.

Itulah cara mengakses boot menu di Windows 8 dan Windows 8.1. Mungkin cara melalui CMD juga berlaku untuk Windows 7 saat tidak bisa menggunakan F8 untuk mengakses boot menu. Semua cara berhasil saya coba di Windows 8.1, tetapi saya belum pernah mencobanya di Windows 8. Jika ada yang kurang atau ada yang salah, mohon beri tahu saya melalui kotak komentar. :)

2 komentar:

  1. Bagaimana cara membuka window yang terkunci tak bisa login.Di layar monitor ada tulisan to unlock press ctrl+alt+delete.Tapi walau mengikuti tulisan di layar tetap tak bisa dibuka/tak bisa login.Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tekan Ctrl+alt+delete. Lalu ikuti petunjuk selanjutnya. Kalau bisa bahasa inggris, pasti ngerti.

      Hapus

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.