Masih Hangat
memuat ...

Sabtu, 03 Mei 2014

Share:

6 Cara Membuka PC Settings di Windows 8.1

icon pc settings di windows 8.1

Karena Anda membaca artikel ini, maka Anda pasti tahu apa itu PC Settings di Windows 8.1. PC Settings adalah aplikasi metro yang berguna untuk mengatur Windows 8.1 — yang seperti Control Panel dalam mode desktop. PC Settings atau bisa juga disebut sebagai Modern Control Panel itu dibentuk sebagai aplikasi metro, dan ini sangat memudahkan pengguna layar sentuh. PC Settings memiliki beberapa pengaturan yang tidak tersedia dalam Control Panel Windows 8.1 yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Hampir di dalam blog Tips Trik Windows 8.1 ini selalu menggunakan PC Settings. Biasanya saya berikan petunjuk untuk membuka PC Settings dengan cara pertama ini.

Cara Membuka PC Settings di Windows 8.1

Cara 1: Melalui Settings Charm

Cara ini adalah cara yang biasa dan agak repot untuk dilakukan. Tombol "Change PC settings" adalah fungsi untuk membuka PC Settings. Arahkan kursor mouse ke sudut kanan bawah, arahkan sedikit kursor ke atas, klik Settings, dan klik Change PC Settings.
change pc settings

Cara 2: Melalui Start Screen

Cara kedua ini adalah cara yang paling memudahkan jika Anda sering berinteraksi dengan aplikasi metro, dan tidak mengaktifkan untuk boot langsung ke desktop. Secara default setelah menginstal Windows 8.1, maka tile PC Settings sudah tersedia, dan Anda hanya tinggal klik tile PC Settings untuk langsung membukanya.
klik tile pc settings

Akan tetapi jika tile PC Settings tidak tersedia, atau Anda pernah menghilangkannya dari Start screen, maka ikuti tutorial Windows 8.1 ini. Masuk ke Apps View. Jika Anda telah membuka Start screen, maka klik tombol Panah yang berada di bawah untuk membuka Apps View.

Lalu klik kanan pada tile PC Settings > Pin to Start. Dengan begini, Anda dapat membuka PC Settings melalui Start screen.
pin pc settings to start screen

Cara 3: Melalui Apps View

Jika Anda sudah membaca cara kedua untuk mengetahui cara membuka PC Settings, maka Anda sudah tahu bagaimana cara membuka Apps View. Masuk ke Apps View dan klik PC Settings.

Cara 4: Melalui Taskbar

Nah, cara ini adalah cara yang sangat memudahkan jika Anda sering menggunakan desktop ketimbang aplikasi metro. Buka Apps View, klik kanan pada PC Settings > Pin to Taskbar. Jika ingin menghilangkan icon PC Settings dari Taskbar, maka klik Unpin from Taskbar. Lihat gambar/screenshot pada cara kedua.

Untuk membuka PC Settings melalui Taskbar, masuk ke mode desktop, dan klik icon PC Setting pada Taskbar.
pc settings di taskbar

Cara 5: Melalui Search Charm dengan Mencari PC Settings

Cara ini akan memudahkan Anda untuk membuka PC Settings saat menggunakan aplikasi metro. Arahkan kursor mouse ke sudut kanan bawah, arahkan kursor ke atas, klik Search. Atau tekan  + Q pada keyboard untuk membuka Search charm. Setelah masuk ke Search charm, ketik pc settings, dan klik PC Settings pada hasil pencarian.
mencari pc settings di search charm

Tips: Anda juga dapat membuka Search charm dengan langsung mengetik pc settings atau kata kunci lain di Start screen. Misalnya Anda ingin mencari aplikasi Mail di Search charm. Jika Anda sudah membuka Start screen, maka Anda tidak perlu repot-repot membuka Search charm lagi, Anda dapat membuka Search charm dengan langsung mengetik mail di Start screen.

Cara 6: Melalui Apps View dengan Mencari PC Settings

Cara terakhir ini agak merepotkan. Buka Apps View, langsung ketik pc settings, dan klik PC Settings pada hasil pencarian.
mencari pc settings di apps view

Akhir Kata

Itulah keenam cara untuk membuka PC Settings di Windows 8.1. Jika ada tambahan mengenai tutorial Windows 8.1 ini, maka Anda dapat memberitahu saya melalui kotak komentar. Ikuti terus tutorial Windows 8.1 di blog ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.