Masih Hangat
memuat ...

Minggu, 20 Agustus 2017

Share:

Cara Membuat System Restore Point di Windows 10, 7, dan 8.1

cara membuat system restore point di windows 10 windows 7 windows 8.1

System Restore adalah salah satu fitur bawaan komputer atau laptop bersistem operasi Windows yang berguna untuk mengembalikan keadaan atau states suatu PC atau laptop yang rusak, error, atau mengalami gangguan ke keadaan sebelumnya yang lebih baik.

Fitur System Restore sangatlah berguna ketika sewaktu-waktu laptop atau komputer error, mengalami BSOD, salah install software/aplikasi/driver, atau hal-hal lainnya yang tidak inginkan.

Microsoft masih menanamkan fitur System Restore ke Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10 sekarang.

Untuk menggunakan System Restore, kamu perlu system restore point, yang biasa dibuat secara otomatis ketika kamu meng-install driver atau software besar tertentu. Tapi, kalau kamu ingin cara manual, kamu bisa membuat system restore point sendiri dengan mudah di PC/laptop.

Kamu bisa membuat system restore point di Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, hingga Windows 10. Di artikel ini, saya menggunakan Windows 10 untuk membuat system restore point. Bagi pengguna Windows 7, 8, atau 8.1, silakan sesuaikan saja.

Cara Membuat System Restore Point di PC/Laptop

Di Windows 10, ketik System restore di Cortana, dan pilih Create a restore point. Di Windows 7, buka Start menu dan ketik System restore. Di Windows 8 atau 8.1, tekan Logo Windows + S dan ketik System restore.

membuat system restore point di pc laptop komputer

Kemudian, muncullah kotak dialog baru yang menampilkan sedikit informasi di tab System Protection. Lihat pada drive C atau drive system, pastikan status Protection-nya On. Jika ya, berarti drive C siap untuk diaktifkan atau diberi system restore point.

Pilih Create untuk langsung membuat system restore point.

bikin system restore point

Kemudian muncullah kotak kecil yang meminta kamu untuk memberi nama system restore point yang akan kamu buat. Jika sudah, pilih Create.

membuat system restore point di pc

Lalu gambar progress bar muncul yang menandakan bahwa system restore point sedang dalam proses pembuatan.

cara membuat system restore point

Terakhir, muncullah pesan The restore point was created successfully. Pilih Close. Ini menandakan kamu telah berhasil membuat system restore point di Windows 10, 7, 8.1.

system restore

Untuk mengecek apakah system restore telah berhasil kamu buat atau tidak, kamu bisa mengeceknya melalui aplikasi System Restore.

Masih di tab System Protection, pilih System Restore.

mengecek system restore yang telah kita buat

Pilih Next.

membuat system restore point

Kemudian di sana muncullah nama-nama system restore point yang telah kamu buat. Kamu bisa menggunakan system restore point tersebut jika sewaktu-waktu PC atau laptop mengalami kerusakan atau hal-hal yang tak diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.