Masih Hangat
memuat ...

Senin, 15 Desember 2014

Share:

3 Cara Memonitor Aktvitas Internet di Windows

cara melihat aktivitas internet di windows

Keamanan untuk jaringan komputer memang sangat diperlukan. Selain menggunakan sebuah internet security, memonitor aktivitas internet atau jaringan lain adalah hal yang juga diperlukan. Pengguna dapat memonitor aktivitas jaringannya secara real-time melalui beberapa fitur dan alat bawaan Windows, atau mungkin perlu menggunakan sebuah perangkat lunak pihak ketiga.

Task Manager

Secara umum, Task Manager adalah alat untuk memonitor aktivitas sistem. Bersamaan dengan itu, pengguna juga dapat memonitor aktivitas jaringannya agar dapat melihat proses apa saja yang memakai jaringan tersebut.

Sayangnya, dalam hal memonitor aktivitas jaringan, Task Manager hanya dapat mendeteksi aktivitas Wi-Fi dan Ethernet. Jika Anda adalah pengguna Dial-up (biasanya modem), maka Anda tidak dapat monitor Internet melalui Task Manager.

'Network' charm

Pada Network charm, bisa dilihat adanya jumlah kuota Internet yang telah digunakan pada koneksi yang sama. Pengguna dapat memonitor jumlah kuota yang telah digunakan melalui Network charm. Sayangnya, cara ini hanya dapat memonitor jumlah kuota, dan hanya mendukung Wi-Fi. Tapi cara ini sepertinya lebih bermanfaat karena pengguna dapat membuka Network charm dengan sangat sederhana, dan jumlah kuota yang tercatat dapat disimpan dengan waktu yang dapat ditentukan.

Fitur ini hanya tersedia pada Windows 8 dan Windows 8.1.

Perangkat lunak pihak ketiga

Lagi-lagi kita memerlukan sebuah perangkat lunak pihak ketiga sebagai alat tambahan yang fungsinya tidak terdapat pada alat bawaan Windows. Dalam hal memonitor aktivitas Internet atau jaringan lainnya, GlassWire adalah program dengan tampilan terbaik yang mudah dipahami. Selain memonitor jaringan, Anda juga dapat melihat aktivitas Firewall. Sangat cocok digunakan untuk pengguna rumahan.

Selain GlassWire, masih ada beberapa perangkat lunak yang memiliki fungsi yang sama, seperti NetBalancer, NetTraffic, dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.