Masih Hangat
memuat ...

Kamis, 03 Juli 2014

Share:

12 Fitur Task Manager Windows 8.1 yang Mungkin Belum Anda Ketahui

task manager di windows 8.1

Ternyata ada beberapa fitur Task Manager di Windows 8.1 yang sangat berguna. Microsoft membuat Task Manager menjadi lebih berguna. Dan mungkin Anda belum mengetahui 10 fitur Task Manager di Windows 8.1 tersebut. Langsung saja berikut trik Task Manager di Windows 8.1 yang tersembunyi.

Fitur Task Manager yang Mungkin Belum Anda Ketahui

1. 8 Cara Membuka Task Manager

Banyak cara membuka Task Manager di Windows 8.1. Ketika Anda berada di mana pun, Anda bisa membuka Task Manager secara langsung. Baca artikel "8 Cara Membuka Task Manager di Windows 8.1".

2. Mengganti "Resource Value" dari Persen ke Ukuran atau Sebaliknya

Masuk ke tab "Processes". Lalu klik kanan proses apa pun, pilih Resource values > (pilih salah satu) > pilih Values untuk menggantinya ke ukuran pemakaian/kecepatan atau pilih Percents untuk menggantinya ke dalam persen.

3. Restart Windows Explorer

Pada tab "Processes", klik kanan Windows Explorer dan klik Restart.
restart windows explorer

4. Menampilkan Lokasi Proses

Pada tab "Processes", klik kanan judul kolom apa pun dan cek Command Line. Ini akan menampilkan lokasi proses.

5. Mencari secara Daring (Online) Proses

Apakah Anda tidak yakin atau ragu dengan proses yang bekerja pada komputer Anda? Cari proses tersebut secara daring melalui peramban web default dengan mesin pencari yang telah ditetapkan sebagai default pula.

6. Tampilan Penuh Grafik CPU

Masuk ke tab "Performance", lalu klik ganda pada grafik CPU. Nah, grafik tersebut langsung berubah menjadi tampilan penuh.

7. Mengubah Tampilan Grafik CPU

Klik kanan pada grafik CPU, pilih Change graph to > Logical processors atau yang lain.

8. Mengetahui Slot RAM

Masuk ke tab "Performance", pilih Memory. Lalu lihat gambar ini:

9. Menyalin (Copy) Informasi Kinerja

Pada tab "Performance", klik kanan CPU atau yang lain, lalu pilih Copy. Paste informasi tersebut ke dalam Notepad atau apa pun yang Anda mau.

10. Menampilkan History untuk Semua Proses

Masuk ke tab "App History". Klik menu Option > Show all history for all processes. Maka history yang tampil adalah semua proses.

11. Menampilkan Informasi Lain pada Tab "Startup"

Masuk ke tab "Startup". Klik kanan salah satu judul kolom, lalu cek informasi yang ingin ditampilkan. Maka muncullah kolom baru.

12. Diagnosis Proses

Masuk ke tab "Details". Klik kanan proses yang menurut Anda sedang not responsing atau sebagainya. Lalu pilih Analyze wait chain. Ini berguna untuk melihat penyebab suatu proses menjadi tidak merespon. Jika Anda melihatnya, maka Anda dapat mengklik End Process untuk menghentikan proses yang dipilih. Tapi jika itu adalah proses yang berkaitan dengan sistem, maka bisa saja jika dihentikan akan membuat sistem rusak atau crash. Jadi, Anda harus lebih mengerti lagi jika ada proses seperti itu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.